Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

RSD Wisma Atlet Siagakan 4 Tower Tambahan untuk Pasien Covid-19 Bergejala

RSD Wisma Atlet Siagakan 4 Tower Tambahan untuk Pasien Covid-19 Bergejala Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran (Liputan6.com)

Dream - Kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya dalam sepekan terakhir, mengalami penambahan di level-level tertinggi. Kondisi ini berpengaruh pada tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit.

Koordinator Rumah Sakti Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayor Jenderal Tugas Ratmono, mengatakan per 25 Januari 2021, hunian RSD Wisma Atlet mencapai 77,63 persen. Dari 5.994 tempat tidur yang disiapkan telah diisi oleh 4.653 pasien.

Tugas mengatakan, pasien ini banyak dikirimkan dari puskesmas atau rumah sakit rujukan ke RSD Wisma Atlet. Sementara, lalu lintas pasien masuk dan keluar masih sangat fluktuatif.

"Fluktuasi pada Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet antara yang masuk dan keluar masih hampir sama, rata-rata 390-400 pasien per hari," ujar Tugas, disiarkan Channel YouTube BNPB.

Pada beberapa pekan ini, kata tugas, fluktuasi masih sangat dinamis. Sehingga tetap harus waspada.

"Bagaimana mengantisipasi untuk melakukan penanganan dengan baik dan bagaimana mencegah pasien gejala ringan menjadi berat," kata Tugas.

 

Selanjutnya, Tugas menjelaskan pasien yang masuk RSD Wisma Atlet mulai banyak yang bergejala baik ringan, sedang maupun berat. Menggeser dominasi pasien yang tidak bergejala.

"Dengan keadaan ini kita harus lakukan suatu sikap atau antisipasi, dengan 4 tower Wisma Atlet yang ada dijadikan tempat untuk yang bergejala, untuk yang tanpa gejala dialihkan ke tower 8 dan 9 di Pademangan," kata Tugas.

Tugas menilai perlu ada strategi jitu untuk mencegah agar tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan DKI Jakarta tidak mencapai 80 persen. Selain itu, pelayanan diberikan dengan baik dan tenaga kesehatan tidak terbebani dengan angka keterpakaian tempat RS yang tinggi.

 

Strategi tersebut seperti pengadaan tempat-tempat isolasi bagi pasien tanpa seperti di hotel atau tempat yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta. Strategi ini mendukung upaya pengaturan rumah sakit rujukan

"Khusus di Wisma Atlet kami mengoptimalkan adanya ICU transisi pada ICU, HCU dan ICCU, ini betul adalah sirkulasi pelayanan mulai dari ringan, sedang, berat yang kita persiapkan untuk rujukan ke rumah sakit. Bila tidak bisa, kita lakukan tingkat standar pelayanan ICU yang disiapkan untuk ICU transisi," ucap Tugas.

Sehingga, kata Tugas, pasien dengan gejala berat yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit untuk sementara dapat ditangani di ICU, HCU, ICCU Wisma Atlet sebagai transisi. Setelah itu pasien dapat dirujuk ke rumah sakit.

Laporan: Josephine Widya

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Detik-detik Kronologi Anggota Basarnas Meninggal Usai Jatuh Saat Evakuasi Warga Coba Bunuh Diri

Detik-detik Kronologi Anggota Basarnas Meninggal Usai Jatuh Saat Evakuasi Warga Coba Bunuh Diri

Seorang anggota Basarnas meninggal dunia usai terjatuh saat mengevakuasi warga di atas tower.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

PT KAI juga mengingatkan penumpang untuk menjaga kebersihan

Baca Selengkapnya
Waspada Penularan Flu Singapura Pada Anak Cenderung Meluas Saat Mudik

Waspada Penularan Flu Singapura Pada Anak Cenderung Meluas Saat Mudik

Gejala khas dari flu singapura yaitu demam dan ada bintik merah di kulit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Fakta-fakta  Vaksinasi Covid-19 yang Mulai Berbayar di 2024

Fakta-fakta Vaksinasi Covid-19 yang Mulai Berbayar di 2024

Sempat gratis, vaksin keempat Covid-19 akan ditawarkan secara berbayar di tahun depan, kecuali untuk kelompok rentan.

Baca Selengkapnya
Merinding! Saat Akad Nikah Pengantin Wanita Lemas, Muntah dan Pingsan Usai Muncul Cairan Mirip Darah Turun dari Plafon Kamar

Merinding! Saat Akad Nikah Pengantin Wanita Lemas, Muntah dan Pingsan Usai Muncul Cairan Mirip Darah Turun dari Plafon Kamar

Air kental berwarna merah mirip darah itu mengalir turun di sepanjang dinding kamar warna oranye itu.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Gak Enakan

NOTED KAK! Gak Enakan

Sahabat Dream pernah nggak sih punya perasaan gak enak minta bantuan atau kasih komentar tapi malah jadi makan hati sendiri?

Baca Selengkapnya