Santunan Crane Belum Juga Dibayar, Ini Kata Dubes Saudi

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 23 Mei 2018 11:01
Santunan Crane Belum Juga Dibayar, Ini Kata Dubes Saudi
Osama mengaku tidak lagi berwenang terkait santunan tersebut.

Dream - Santunan kepada korban jatuhnya crane di Masjidil Haram hingga saat ini belum juga dibayarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Padahal, tragedi itu sudah berlangsung tiga tahun lalu.

Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi tidak bisa memberikan keterangan terkait hal itu.

Menurut dia, persoalan penyaluran santunan itu telah dilimpahkan ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Saudi.

" (Saya) tidak punya otoritas (menjawab), karena sudah dilimpahkan ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi. Untuk menggali lebih dalamnya ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi," ujar Osama seperti diterjemahkan oleh Ahmad Suryana di Rumah Dinas Dubes Arab Saudi, Jakarta, Selasa 22 Mei 2018.

 Jemaah Korban Tragedi Mekah Dapat `Layanan Istimewa`© MEN

Tragedi jatuhnya crane itu menyebabkan 107 jemaah haji seluruh dunia meninggal dunia dan 283 jemaah haji lainnya luka-luka. Sebagian korban baik meninggal maupun luka berasal dari Indonesia.

Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud pernah memberikan pernyataan terkait insiden ini. Kala itu, Raja Salman memberikan santunan sebesar 1 juta riyal, setara Rp3,5 miliar, kepada korban meninggal dan 500 ribu riyal, setara Rp1,7 miliar kepada korban luka. (ism) 

Beri Komentar