Warganya Marah, Bendera Malaysia Disebut Mirip ISIS

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 21 Maret 2018 11:00
Warganya Marah, Bendera Malaysia Disebut Mirip ISIS
Warga Malaysia mengalami pelecehan agama dan rasial.

Dream - Organisasi American Civil Liberties Union (ACLU) cabang Kansas mengajukan gugatan mewakili insinyur Malaysia, Munir Zainal. Munir mengalami kasus pelecehan rasial oleh beberapa anggota Serikat Pekerja Boeing (SBEA) dengan menuduhnya mengibarkan bendera ISIS.

" Tindakan melecehkan ras itu berlebihan dan terjadi diskriminasi agama yang mencolok," tulis ACLU, dikutip Dream dari The Star, Selasa, 20 Maret 2018.

Bendera yang dimaksud adalah Bendera Malaysia. Si Jalur Gemilang dikibarkan Munir saat perayaan Idul Adha di danau rekreasi milik SBEA di Wichita, Kansas, pada September 2017.

“ Pada 2 September 2017, Munir menyelenggarakan pesta untuk merayakan Idul Adha,” kata ACLU dalam gugatannya.
 
" Setelah pesta tersebut, SBEA melaporkan Munir ke Spirit Aerosystems karena khawatir berafiliasi dengan terorisme radikal dan menuduh bahwa dia telah menggunakan danau SBEA untuk mengadakan pertemuan ISIS."

" SBEA menuduh Munir dan tamunya memiliki bendera Amerika yang telah 'diubah menjadi lambang ISIS' dan mengenakan baju Muslim," kata keterangan tertulis itu.
 
Perusahaan tempat Munir bekerja, Spirit Aerosystems, kemudian mengajukan keluhan kepada Biro Investigasi Federal (FBI). Investigasi tersebut dijalankan pada Oktober 2017.

ACLU mengatakan gugatan kepada SBEA itu dilayangkan karena tindakan rasial dan diskriminasi agama terhadap Munir. Sebab, kata ACLU ancaman itu telah membuat Munir tertekan.

" Dia prihatin bahwa penyelidikan dapat mempengaruhi status penduduk tetapnya yang sah dan merasa tertekan dan penghinaan berdasarkan etnis, ras dan agama," tulis ACLU.

Munir telah tinggal bersama istri dan dua anaknya di Wichita sejak 2011.  Munir memperoleh gelar master di bidang Aerospace Engineering dari Wichita State University dan menyelesaikan program studi kerja di National Institute for Aviation Research.

(Beq)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida