Donald Trump Pecat Menlu AS Lewat Cuitan Twitter

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 14 Maret 2018 13:01
Pengganti Menlu AS dikenal memiliki kebijakan dan pandangan internasional yang sama dengan Trump.

Dream - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson melalui Twitter. Dalam cuitan itu, Trump juga mengumumkan penggati Tillerson.

“ Mike Pompeo, Pimpinan CIA, akan menjadi Menteri Luar Negeri kita yang baru. Dia akan melakukan kerja yang bagus! Terima kasih Rex Tillerson untuk jasa-jasa Anda!” ucap Trump, Selasa, 13 Maret 2018.

Meski telah merekomendasikan sosok Mike Pompeo, Trump harus menunggu persetujuan dari Senat.

Dilaporkan Anadolu Agency, untuk mengisi posisi kekosongan Pimpinan CIA, Trump menunjuk Wakil Pimpinan CIA Gina Haspel. Haspel akan menjadi wanita pertama yang memegang kendali utama agensi mata-mata AS dalam sejarah

Belum jelas kapan Senat akan meloloskan nominasi Trump ini.

Sejak lama, Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri AS memiliki riwayat perselisihan yang panjang. Trump dan Tillerson juga tak sejalan dalam beberapa isu penting semisal perubahan iklim dan Perjanjian Paris, juga tentang kesepakatan nuklir dengan Iran, yang juga disinggung Trump dalam pengumumannya melalui Twitter.

“ Kami tidak sepakat dalam banyak hal,” kata Trump berujar kepada media sebelum meninggalkan Gedung Putih menuju California.

“ Ketika Anda melihat tentang kesepakatan dengan Iran, saya merasa kesepakatan ini buruk, sementara dia merasa tidak ada masalah. Saya ingin memutus perjanjian itu, namun dia tidak.

 Presiden AS Donald Trump

Tillerson mengaku tidak tahu alasan pemecatannya kata Wakil Menteri Luar Negeri untuk urusan Diplomasi Publik Steve Goldstein melalui pernyataan.

“ Dia menjalin dan menjaga hubungan dengan sejawat-sejawatnya. Dia akan merindukan rekan-rekannya di Departemen Luar Negeri dan menikmati bekerja bersama Departemen Pertahanan dalam hubungan yang erat,” kata Goldstein.

Seperti Tillerson, Goldstein juga kemudian dipecat setelah mengeluarkan pernyataan yang tak sejalan dengan narasi yang dirilis oleh Gedung Putih tersebut.

Dalam reshuffle yang bertubi-tubi itu, juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert kemudian dinominasikan sebagai pengganti sementara Goldstein oleh Trump.

Pompeo merupakan anggota Kongres selama kurang lebih satu dekade sebelum memimpin CIA. Dia banyak menerapkan kebijakan-kebijakan Trump dan bersikeras untuk mengembalikan program pengumpulan data massal untuk National Security Agency (NSA).

Seperti Trump, Pompeo juga tak percaya dengan perubahan iklim.

(Sah)

 

Beri Komentar
#MovieTalk Liam & Laila - Nirina Zubir & Kampung Halaman