CONNECT WITH US!

UIN Yogyakarta Batalkan Larangan Mahasiswi Bercadar

Reporter : Ahmad Baiquni | Selasa, 13 Maret 2018 13:00
Pencabutan larangan ini dijalankan menyusul banyaknya desakan.

Dream - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta membatalkan larangan penggunaan cadar untuk mahasiswi. Rektorat UIN Suka membatalkan larangan itu melalui surat yang ditandatangani Rektor Yudian Wahyudi tertanggal 10 Maret 2018.

Surat tersebut menyatakan berdasarkan Rapat Koordinasi Universitas (RKU) yang digelar pada Sabtu pekan lalu, diambil keputusan Surat Rektor Nomor B-1301/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang Pembinaan Mahasiswi Bercadar dicabut dengan alasan menjaga iklim akademik.

" Benar ada surat pembatalan supaya situasi terkendali," ujar Kepala Humas UIN Suka, Khabib, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 13 Maret 2018.

Tetapi, Khabib tidak berkenan memberikan penjelasan lebih lanjut tentang kondisi yang terjadi di UIN SUKA. Dia malah menyarankan perkembangan situasi selanjutnya ditanyakan kepada Pembantu Rektor III UIN SUKA.

Pencabutan larangan ini disambut baik oleh beberapa pihak, salah satunya oleh Dewan Mahasiswa UIN Suka. Presiden DEMA UIN Suka, Moh Romli, mengakui adanya larangan penggunaan cadar membuat situasi di kampus menjadi tidak kondusif.

" Pro kontra kebijakan itu sudah jadi isu nasional, jadi mungkin memang lebih baik seperti sekarang," kata Romli.

Dia juga tidak menyanggah adanya banyak tekanan ketika larangan tersebut diberlakukan. Bahkan, kata Romli, ada sejumlah ormas yang sampai mendatangi rektorat untuk meminta klarifikasi atas larangan itu.

Sumber: Liputan6.com/ Switzy Sabandar.

Prediksi Piala Dunia 2018