Hafal 5 Juz Alquran, Santri Bisa Dapat Beasiswa Pilot

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 12 Maret 2018 18:00
Santri berprestasi serta dari kalangan keluarga kurang mampu dapat mendaftar beasiswa ini.

Dream - Kementerian Perhubungan membuka seleksi beasiswa calon taruna pilot pogram non diploma penerbang untuk para santri. Untuk sementara, pendaftaran dan pendidikan dilaksanakan di Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi.

Kepala BP2 Penerbang Banyuwangi, Afen Sena, mengatakan, beasiswa ini diberikan sebagai apresiasi kepada dunia pesantren. Selama ini, pesantren dikenal banyak berperan terhadap pembangunan bangsa.

" Untuk proses perekrutan dilakukan tetap mengacu pada standar yang telah ditentukan. Tidak ada perlakuan khusus dan proses seleksi berlangsung mulai 6 Maret 2018," ujar Afen, dikutip dari Kabarbanyuwangi.info, Senin 12 Maret 2018.

Afen mengatakan pihaknya telah menggelar sosialisasi ke sejumlah pesantren. Dia mengatakan pemberian beasiswa ini merupakan permintaan langsung dari Presiden Joko Widodo, berharap ada lulusan sekolah penerbang di bawah Kemenhub berasal dari pesantren.

" Beasiswa ini lebih mengutamakan bagi santri berprestasi, tapi berasal dari kalangan keluarga tidak mampu," kata Afen.

Selanjutnya, Afen menerangkan para santri diwajibkan memenuhi syarat yang ditetapkan BP2 Penerbang Banyuwangi. " Selain standar ketentuan penerbang, calon taruna pilot dari santri wajib hafiz Alquran minimal 5 juz," kata dia.

Lebih lanjut, Afen mengatakan lulusan pesantren banyak menduduki posisi penting baik di pemerintahan maupun perusahaan swasta. Dia juga menerangkan banyak lulusan pesantren yang memberikan inspirasi.

" Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan lulusan terbaik pesantren bisa mewarnai keberadaan pilot Indonesia, yakni pilot bermental santri," ucap dia.

Bagi santri yang berminat, bisa mendaftar lewat laman sipencatar.lp3b.ac.id. Pendaftaran bisa juga dilakukan dengan mendatangi langsung kampus BP2 Penerbang Banyuwangi.

Beri Komentar
Sonia Wibisino & Reisa Broto Asmoro Bagi Tips Jaga Kesehatan Anak