Ekspresi Bahagia Wanita Saudi di Hari Perempuan Sedunia

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 9 Maret 2018 19:01
Ekspresi Bahagia Wanita Saudi di Hari Perempuan Sedunia
Kaum hawa berlari dengan pakaian tradisional yang dimodifikasi untuk berolahraga.

Dream - Sekelompok perempuan di Jeddah, Arab Saudi, merayakan Hari Wanita Internasional dengan berlari. Meski tampak sederhana, berlari di muka publik merupakan kebebasan yang baru mereka dapatkan.

Tahun ini, perempuan Arab Saudi memiliki momentum merayakan kebebasan itu setelah Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman mengurangi aturan yang selama ini banyak membatasi hak perempuan.

Kini, perempuan Saudi diizinkan menonton pertandingan sepakbola di stadion, ikut serta dalam pertandingan olahraga, dan diizinkan mengendarai mobil.

Arab News melaporkan dalam kegiatan lari bersama itu, senyum merekah dari bibir ppara perempuan Saudi. Beberapa perempuan menggunakan pakaian tradisional berupa jubah panjang yang dimodifikasi untuk berolahraga.

Beberapa pelari perempuan bahkan melewati gang-gang sempit yang membuat para pemilik toko bingung.

Sejak tahun lalu, Pemerintah Saudi memperkenalkan pendidikan jasmani untuk anak-anak perempuan. Saudi juga mulai memberikan lisensi pada klub olahraga perempuan.

" Ini baru permulaan revolusi bagi perempuan di Arab Saudi. Dalam pekerjaan, dalam kehidupan kita, di masyarakat, semuanya akan berubah untuk wanita Saudi," kata Sama Kinsara, salah satu pelari.

Anggota kelompok Bliss Runners Yasmine Hassan yang mengorganisir event lari bersama ini mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan untuk memberdayakan perempuan.

" Ini adalah pesan yang ingin kami kirim dan katakan, 'Ayo, Anda tidak sendiri, kita akan melakukan ini bersama dan waktu sekarang'."

" Mudah-mudahan pada tahun depan akan ada lebih banyak hak yang diberikan kepada wanita Saudi, yang pantas kita dapatkan," kata Yasmine.

(Beq/Sah)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie