Senyum Sumringah Kim Jong Un Saat Bertemu Delegasi Korsel

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 7 Maret 2018 16:00
Senyum Sumringah Kim Jong Un Saat Bertemu Delegasi Korsel
Korea Utara menawarkan denuklirisasi.

Dream - Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, dikenal dengan keras kepalanya. Terutama, menyangkut kebijakan seterunya, Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Tetapi, baru-baru ini beredar foto Kim yang tersenyum saat bertemu utusan khusus Korea Selatan untuk Korea Utara, Chung Eui-yong. Acara makan malam pada 5 Maret 2018 itu berjalan selama empat jam.

" Pertemuan dan makan malam berlangsung dari jam 6 sore sampai 10:12 pm, dengan total empat jam dan 12 menit," kata juru bicara Blue House, Kim Eui-gyum, Selasa 6 Maret 2018.

" Pertemuan dan makan malam berlangsung di Aula Azalea, di markas Partai Pekerja Korea (KWP). Ini adalah pertama kalinya pejabat Korea Selatan mengunjungi markas partai," tambah dia.

Kim Jong Un tersenyum© HanYoReh

Dilaporkan laman Korsel, Hanyoreh, selain banyak hal perdana yang dilakukan, perjamuan makan malam itu juga menjadi kali pertama, Ri Sol-ju, istri Kim Jong-un, bertemu dengan pejabat negara tetangganya itu.

" Saya diberi tahu bahwa ada yang keluar darinya dan ini tidak mengecewakan," kata seorang pejabat Blue House saat ditanya tentang hasil pertemuan delegasi khusus dan makan malam dengan Kim Jong-un.

Senyum Kim Jong Un© HanYoReh

Dari hasil pertemuan itu, Korut menawarkan penghentian uji coba nuklir dan rudal sehubungan dengan proses denuklirisasi.

Kantor berita pemerintah Korut, KCNA, melaporkan Kim Jong-un, " telah mendapat saran dan opini dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang menghasilkan sebuah kesepakatan yang memuaskan dan diikuti instruksi kuat untuk langkah-langkah praktis yang harus diambil dengan cepat."

Setelah pertemuan yang berlangsung, Chung Eui-yong akan mengunjungi AS untuk menginformasikan hasil pertemuan dengan Korea Utara.

Beri Komentar