CONNECT WITH US!

Area Sumur Zamzam Direnovasi, Begini Penampakannya

Reporter : Maulana Kautsar | Rabu, 14 Maret 2018 09:01
Satu juta jam telah dilalui para pekerja proyek renovasi.

Dream -  Emir wilayah Mekkah Arab Saudi Pangeran Abdullah bin Bandar menggelar inspeksi proses renovasi sumur air Zamzam pada Senin, 12 Maret 2018.

Dilaporkan Saudi Gazette, sekitar 90 persen proses pengerjaan dinyatakan Abdullah telah selesai. Perkembangan itu lebih cepat dari rencana tujuh bulan proyek renovasi yang diperkirakan baru selesai pada pertengahan April 2018.

Abdullah mengatakan renovasi diperlukan untuk membantu meningkatkan kapasistas pompa untuk mengeluarkan air dari sumur.

Sebanyak 250 insinyur, teknisi, dan buruh bekerja selama 24 jam untuk membangun lima penampungan air Zamzam di kompleks Masjidil Haram.

 Pangeran Abdullah bin Bandar

Emir Wilayah Mekkah Pangeran Abdullah bin Bandar (tengah) (Foto: Saudi Gazette)

Jam kerja tersebut dimulai sejak Oktober 2017. Sekitar satu juta jam kerja telah dijalani para pekerja.

Sekitar 96 persen insinyur supervisi pada proyek renovasi ini merupakan warga lokal. Sementara itu, 693 siswa dari 16 universitas di Arab Saudi bekerja di proyek tersebut usai mendapat pelatihan khusus.

Renovasi sumur Zamzam terdiri dari dua bagian. Bagian pertama yaitu bangunan lima saluran dari sisi timur mataf. Sedangkan bagian kedua, terdiri dari sterilisasi air dan menghilangkan material partikel beton dan besi dari daerah sekitar sumur.

Proyek renovasi melibatkan peningkatan sistem untuk menyimpan, memompa dan mendistribusikan air Zamzam dengan cara memastikan kebersihan dan keamanannya.

Dilaporkan, proyek ini juga termasuk mengembangkan kerikil khusus dengan permeabilitas air yang tinggi, yang memungkinkan menghasilkan aliran air Zamzam lebih baik.

(Sah)

 

Lilis Karlina Berbagi Santunan 1000 Anak Yatim