Sedihnya Kakek Ini, Rumahnya Terbakar Bareng Tabungan Umroh

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 18 Juni 2019 16:00
Sedihnya Kakek Ini, Rumahnya Terbakar Bareng Tabungan Umroh
Kakek ini baru tahu rumahnya habis terbakar ketika pulang dari memulung.

Dream - Seorang kakek yang tinggal di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Baru, Sulawesi Selatan, Arsyad, 70 tahun, tidak pernah membayangkan akhir pekan lalu jadi momen terburuk dalam hidupnya. Rumahnya habis dilalap api pada Sabtu 15 Juni 2019.

Menurut akun Instagram @makassar_iinfo, Kakek Arsyad tengah memulung pada sore akhir pekan lalu. Dia tidak tahu rumah panggungnya terbakar.

Ketika pulang memulung, sebagian besar rumahnya sudah habis terbakar. Tidak ada satupun barang tersisa.

 
 
 
View this post on Instagram

Rumah kakek Arsyad (70), warga Lingkungan Bottoe, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru yang selama ini menjadi tempat berteduh ludes dilalap api. . Parahnya uang tabungan yang disisihkannya hasil dari mengumpulkan plastik dan botol ikut terbakar. . Jumlah uangnya sebesar Rp 2,5 juta persiapan menginjakkan kaki di Tanah Suci Mekkah ikut terbakar. Kakek Arsyad menceritakan, jika satu kilo plastik yang dikumpulnya dihargai Rp 2.500. . "Kadang ada orang yang menyuruh mengisi air botol yang mau saya jual agar timbangannya naik, tetapi saya tidak mau karena tahu itu haram dan tidak berkah," ungkapnya. . Yayasan Manusia Indonesia (YMI) yang berpusat di Parepare pun membuka pintu donasi untuk membantu Kakek Arsyad. . "Mari kita ulurkan tangan untuk membantu saudara kita yang sedang membutuhkan pertolongan, dengan bantuan kita semua Insya Allah akan meringankan beban yang dialaminya," ajak Ketua YMI, Muh Takbir, Senin (17/6/2019). . "Jika kita suka menolong kelak di hari akhir akan menjadi penolong diri kita sendiri," ujar pemilik kopi Sweetness yang juga anggota Polres Parepare ini. . Pria yang akrab dipanggil Bambi ini pun menambahkan bagi para dermawan yang terketuk hatinya melihat musibah yang dialami Kakek Arsyad, maka bantuan dapat disalurkan melalui Yayasan Manusia Indonesia di Bank BRI dengan nomor rekening: 5017-01-014361-53-9 atau bisa menghubungi nomor Whatsapp 0821-1122-2039 untuk informasi lebih lanjut. . YMI sendiri menjadi lembaga sosial yang terus aktif mengumpulkan donasi untuk disalurkan kepada para masyarakat yang membutuhkan. . Artikel : Tribun News Video : Mizano Pictures

A post shared by MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

1 dari 3 halaman

Tabungan Umroh Ikut Ludes

Kesedihan Kakek Arsyad bertambah besar. Selain kehilangan rumah, uang tabungannya sebesar Rp2,5 juta ikut lenyap terbakar.

Padahal, uang tersebut diniatkan untuk bekal perjalanan umroh ke Tanah Suci. Kakek Arsyad mengumpulkan tabungannya dengan susah payah dari hasil memulung.

Kakek Arsyad mengaku setiap hari mengumpulkan botol plastik. Jika dijual, Kakek Arsyad akan mendapatkan uang Rp2.500 per kilogram.

Meski begitu, Kakek Arsyad tetap tegar meski rumahnya ludes. Sesekali, dia duduk di reruntuhan rumah, mencari barang yang masih bisa dipakai.

2 dari 3 halaman

Viral, Donasi Berdatangan

Kisah Kakek Arsyad seketika viral di media sosial. Netizen pun bergerak membantu meringankan kesedihan Kakek Arsyad.

Sejumlah donasi datang dari berbagai pihak. Baik dari netizen maupun dari lembaga-lembaga lain. Mimpi Kakek Arsyad untuk umroh segera terwujud, ditambah dengan memiliki rumah baru.

      View this post on Instagram

Berkat kekuatan sosmed, kini kakek Arsyad bisa menikmati umroh hasil donasi teman-teman....Namun beliau masih memikirkan rumah yang menemaninya berpuluh-puluh tahun... . Foto : LJK Group

A post shared by MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

 

3 dari 3 halaman

Banjir Doa dari Netizen

Sejumlah netizen mendoakan Kakek Arsyad agar tetap tabah menjalani cobaan. Mereka juga berharap Kakek Arsyad selalu sehat.

" Barakallah . Nanti pulang umroh Allah ganti Rumahnya pak yang lebih baik. Bapak di suruh mengunjungi Rumah Allah dulu baru nanti Allah kasih kejutan insyaAllah. Asal bapak ikhlas dengan semua kejadian itu. Barakallah," tulis @kaylanyaa.

" Kerja Allah memang misterius, musibah yg dialami kakek ternyata " jalan pintas" yg diberikan Allah ke kakek utk segera mnuju Baitullah... Subhanallah...," tulis @faisalibnu345.

" Allah memang punya rencana yg tidak pernah diketahui manusia. Mengambil sebagian rezekinya dan menggantikannya melalui cara yg tak terduga. MasyaAllah," tulis @avrilliaa_

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone