Selain Hubungan Suami-Istri, 4 Amalan Ini Juga Datangkan Pahala di Malam Jumat

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 25 Juni 2020 17:23
Selain Hubungan Suami-Istri, 4 Amalan Ini Juga Datangkan Pahala di Malam Jumat
Amalan sunnah berikut juga bisa mendatangkan pahala. Yuk praktekkan.

Dream - Dalam Islam, malam Jumat menjadi salah satu malam yang memiliki keistimewaan dibanding malam lainnya. Di malam ini berbagai amalan sunnah dapat dilakukan oleh umat Islam untuk memperoleh pahala berlimpah. 

Keistimewaan hari Jum'at juga dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “ Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (Hadis Muttafaq Alaih)

Selama ini, banyak umat Islam yang mengira bahwa amalan sunnah yang bisa dilakukan saat malam Jum'at hanyalah berhubungan suami-istri.

Padahal, ada beberapa amalan lainnya yang bisa dilakukan untuk meraih pahala dan ridho dari Allah SWT. 

Apa saja amalan-amalan sunnah yang mendatangkan pahala di malam Jum'at? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Memperbanyak membaca Sholawat

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Salah satu amalan sunnah lainnya yang bisa dilakukan di malam Jum'at adalah memperbanyak membaca sholawat. 

Membaca sholawat dilakukan sebagai wujud kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan memperbanyak sholawat, seorang muslim akan semakin dekat derajatnya dengan Nabi SAW.

Nabi Muhammad SAW, bersabda: " Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari Jumat karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari Jumat, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku. (HR. Baihaqi)

2 dari 4 halaman

Memperbanyak doa

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Malam Jumat dan Hari Jumat merupakan waktu yang mustajab dikabulkannya doa oleh Allah SWT. Dengan memperbanyak doa pada waktu tersebut, segala permohonan dan keinginan seorang hamba akan didengar oleh Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “ Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya)

Sahabat Dream bisa membaca dua doa berikut:

 Doa yang Dipanjatkan pada Malam Jum'at© Dream.co.id

Artinya : Ya Allah, jika Engkau hinakan daku, siapa lagi yang akan memuliakan aku. Jika engkau muliakan aku, siapa lagi yang mampu menghinakan aku. Jika Engkau binasakan aku, siapa lagi yang akan beribadah kepada-mu atau yang akan memohon pada-mu tentang persoalannya. Sungguh, aku tahu tidak ada kezaliman dalam hukum-mu, tidak ada yang tergesa-gesa dalam siksaan-mu. Karena tergesa-gersa itu hanya terjadi pada orang takut ketinggalan, dan butuh pada kezaliman yang lemah. Sementara Engkau ya Ilahi benar-benar Maha Mulia dari semua itu.

 

 

3 dari 4 halaman

Sholat Tahajud

 Inilah Janji Allah Bagi Orang Yang Rajin Sholat Tahajjud© MEN

Amalan sunnah selanjutnya yang bisa mendatangkan pahala di malam Jumat adalah saling membangunkan suami/istri untuk bersama-sama melaksanakan sholat Tahajud.

Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun di waktu malam lalu shalat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga shalat. Bila istri tidak mau bangun, ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah juga merahmati seorang perempuan yang bangun di waktu malam lalu ia shalat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila suami enggan untuk bangun, ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (HR. An Nasa’i. Hadits senada juga diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Membaca Surat Al Kahfi

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Membaca surat Al-Kahfi pada Malam/Hari Jumat merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa umat islam lakukan.

Rasulullah Shallalahu Alayhi Wa Sallam bersabda: Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan diberikan cahaya baginya diantara dua Jumat. (HR. Al Hakim). 

Adapun keutamaan membaca surat Al Kahfi adalah:

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

2. Akan diterangi cahaya oleh Allah SWT diantara dua Jumat

3. Dijauhkan dari godaan setan

4. Diampuninya segala dosa

5. Sebagai pengingat akan hari kiamat

 

(Dilansir dari Berbagai sumber)

Beri Komentar