Iseng Usik Sarang Tawon, Seorang Siswa Garut Tewas Disengat

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 21 November 2019 16:12
Iseng Usik Sarang Tawon, Seorang Siswa Garut Tewas Disengat
Usai dari madrasah, mereka melihat sarang tawon dan mengusiknya.

Dream - Satu orang pelajar di Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tewas usai disengat tawon. Sementara tiga orang lainnya harus menjalani perawatan intensif.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 20 November 2019, pukul 16.00 WIB. Empat siswa itu tersengat lebah di Kampung Nagela, RT 01/02, Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.

Empat pelajar yang tersengat ini namanya Armi (11) pelajar kelas VI SD Samarang, Saeful Ulum (12) pelajar kelas VII SMPN 2 Bayongbong, Rizki (11) pelajar kelas VI SD Mekarsari, Elzar (9) pelajar kelas IV SD Samarang. Semuanya satu kampung dari Nangela.

" Satu orang korban atas nama Armi meninggal dunia tadi malam," kata Komandan Koramil Bayongbong, Kapten Inf Jaja, Kamis 21 November 2019.

Menurut Jaja, peristiwa tersebut bermula saat empat siswa itu selesai menjalani latihan di Madrasah Al Barkah. Saat hendak pulang ke rumahnya masing-masing, mereka melewati salah satu rumah milik Maryam. Di sana, mereka melihat sarang tawon cukup besar.

1 dari 4 halaman

Pakai Kayu

Melihat itu para pelajar tersebut mengusik sarang tawon menggunakan kayu.  " Mereka menusuk-nusukan kayu sampai tawon-tawon yang ada di dalamnya keluar dari sarangnya. Tawon-tawon itu diketahui langsung menyerang dan menyengat keempat pelajar tersebut," kata dia.

Keempat pelajar tersebut, kata Jaja, sempat lari ke rumahnya. Sesampainya di rumah mereka pun langsung dibawa para orangtuanya ke pusat kesehatan masyarakat.

" Untuk Armi dan Elzar yang kakak beradik ini, oleh orangtuanya dibawa ke Klinik Cisanca. Namun pada malam harinya, korban atas nama Armi ini diketahui meninggal dunia," ujar dia.

Jaja menyebut, segera berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut agar bisa langsung menghancurkan sarang tawon tersebut. " Agar kejadian serupa tidak terulang lagi," kata dia.

Sumber: 

2 dari 4 halaman

Sarang Tawon Dibelah, Isinya di Luar Dugaan...

Dream - Ketika melihat sarang tawon, orang pasti akan berusaha menjauh. Namun tidak demikian dengan kanal Youtube What's Inside. Mereka justru sengaja membeli sarang tawon dari eBay untuk mengetahui isinya.

Ukuran sarang tawon sangat bervariasi; ada yang sangat kecil, namun ada juga yang ukurannya bisa dibilang raksasa.

Sementara sarang tawon yang dibeli oleh What's Inside ukurannya standar atau lebih besar sedikit dari sebuah bola basket.

Sarang tersebut adalah rumah bagi jenis tawon kertas, yang menggunakan tanaman dicampur dengan air liur mereka untuk membangun sarang mereka yang menyerupai kertas.

Di dalam sarang inilah tawon bertelur dan membesarkan anak-anak mereka. Jadi Anda pasti punya bayangan apa saja yang ada di dalam sarang tersebut.

Tawon kertas bukanlah serangga jenis hama. Mereka justru bermanfaat karena membantu penyerbukan tanaman dengan mengonsumsi nektar pada bunga. Mereka juga memakan serangga hama dengan mengubahnya menjadi makanan bagi larva tawon.

Meskipun demikian, tawon sebaiknya tidak dibiarkan berkembang biak di dekat rumah karena mereka menyengat dan itu sangat menyakitkan. Bagi yang alergi terhadap racun tawon, hal-hal buruk bisa terjadi, termasuk kematian.

Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui bagian dalam dari sarang tawon, silakan saksikan video yang diunggah oleh What's Inside berikut.

 

3 dari 4 halaman

Belah Ekor Ular Derik yang Sering Berbunyi, Isinya Mengejutkan

Dream - Ular derik (rattlesnake) terkenal karena menjadi salah satu reptil yang paling mematikan di dunia. Banyak ditemukan di Amerika Utara dan Selatan, Eastern Diamondback adalah ular derik yang paling berbisa.

Orang-orang yang tinggal di daerah yang banyak ular deriknya akan dengan mudah 
mengenali ular ini dari suara getaran pada ekornya.

Suara getaran pada ekor itu sebenarnya merupakan tanda peringatan bagi predator atau pemangsa.

Selain menggetarkan ujung ekornya, ular derik juga mengeluarkan suara berdesis sebagai tanda peringatan kedua.

Sara Viernum, ahli herpetologi di Wisconsin, mengatakan kepada LiveScience, suara derik sebenarnya dihasilkan oleh ruas-ruas yang terbuat dari keratin (materi yang sama yang menyusun kuku dan rambut) yang saling bergesek satu sama lain di ujung ekor ular tersebut.

Yang menarik, setiap kali ruas-ruas tersebut hilang, maka akan tumbuh lagi. Dan orang mungkin memperkirakan usia ular derik dari panjang ruas-ruas derik yang ada di ujung ekornya. Tetapi hal itu sama sekali tidak benar.

Sebab, ular derik bisa kehilangan ruas-ruas deriknya saat bertarung dengan binatang lain atau ketika melarikan diri dari predator. Ular derik bahkan bisa kehilangan ruas- ruas deriknya jika tersangkut di bebatuan.

Tetapi, pernahkah Anda tahu apa yang ada di dalam ruas ekor ular derik?

Sebagian mungkin mengira ada bola kecil di dalam ruas ekor ular ini yang bergetar hingga menimbulkan suara berderik. Namun lagi-lagi jawabannya tidak benar.

Duo ayah dan anak di kanal Youtube What's Inside mencoba memperlihatkan bagian dalam dari ekor ular derik. Mereka membeli ular derik yang sudah mati di eBay dan membelah ujung ekornya untuk menunjukkan isinya.

Ternyata di dalam ruas ekor ular derik itu tidak ada apa-apanya. Dan yang menarik, meski ularnya sudah mati, tetapi ekornya masih bisa mengeluarkan suara berderik ketika digoyang-goyangkan.

(Ism, Sumber: elitereaders.com)

[crosslink_1]

4 dari 4 halaman

2 Kamar Misterius Makam Firaun Tak Dibuka 3000 Tahun, Isinya..

Dream - Para ilmuwan mendapatkan temuan mengejutkan saat melakukan pemindaian di piramida yang menjadi makam Firaun Tutankhamun. Hasil pemindaian itu menunjukkan adanya dua ruangan yang tak tersentuh selama 3.000 tahun.

Menurut Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh el-Damaty, ruangan misterius ini diduga berisi material logam ataupun organik.

Mamadouh menambahkan, ruangan misterius ini akan dipindai kembali pada akhir bulan ini. Sebab, para peneliti perlu mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi.

Penemuan ini setidaknya bisa menjadi petunjuk baru bagi masa-masa kuno di Mesir yang penuh “ gejolak”. Dan sejumlah peneliti berspekulasi ruangan itu menjadi makam Ratu Nefertiti, istri dari ayah Firaun Tutankhamun.

Sementara itu, Mamadouh juga memperkirakan bahwa ruangan tersebut merupakan makam anggota keluarga dari Firaun Tutankhamun. Meski demikian, dia tidak berspekulasi apakah ruangan itu makam dari Nefertiti.

Beri Komentar