Dipimpin Indonesia, Delegasi Sidang Dewan Keamanan PBB Berbatik

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 8 Mei 2019 18:00
Dipimpin Indonesia, Delegasi Sidang Dewan Keamanan PBB Berbatik
Suasana sidang sangat berwarna.

Dream - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, memimpin sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB). Pada gelaran sidang di New York, Selasa 7 Mei 2019, beberapa delegasi menggunakan batik. Termasuk, Sekjen PBB, Antonio Guterres.

Pemilihan batik sebagai dress code saat sidang DK PBB merupakan bentuk penghormatan para anggota DK PBB bagi Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia menjadi presidensi DK PBB untuk Mei 2019.

Batik yang dikenakan para delegasi saat sidang merupakan koleksi pribadi. Sejumlah delegasi memiliki koleksi batik hadiah dan pembelian saat berkunjung ke Indonesia.

" Sangat menyenangkan bahwa dalam sidang hari ini cantik dan colorful, karena sebagian besar anggota DK PBB mengenakan batik, termasuk Sekjen PBB mengenakan tenun dari Bali," ucap Retno, dikutip dari laman resmi Kemenlu, Rabu 8 Mei 2019.

Selain Sekjen PBB, delegasi dari Amerika Serikat, Jerman, Pantai Gading, Prancis, Peru, Republik Dominika, dan China, turut mengenakan batik.

Penggunaan batik di sidang DK PBB diharapkan dapat makin mengenalkan corak khas ini ke dunia. Batik telah diakui UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia.

 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak