Kata Jokowi Soal Jakarta Banjir Lagi

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 18 Desember 2019 12:02
Kata Jokowi Soal Jakarta Banjir Lagi
Jokowi menyebut salah satu solusinya yaitu pemindahan ibu kota.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi persoalan banjir di DKI Jakarta, Selasa, 17 Desember 2019. Dia mengatakan, persoalan Jakarta tidak hanya banjir semata.

" Persoalan besar di Jakarta hanya dua yaitu banjir, yang kedua macet," kata Jokowi, Rabu, 18 Desember 2019.

Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini sedang menanggulangi banjir dengan cara membangun bendungan di Ciawi dan Sukamahi. Bendungan tersebut ditargetkan rampung pada 2020.

" Di Bogor selesai kira-kira tahun depan Insya Allah, kalau jadi akan bisa lebih dikendalikan," ucap dia.

Jokowi mengatakan, selain banjir, persoalan kebersihan got dan penyempitan Sungai Ciliwung masih jadi kendala.

Untuk itu, Jokowi menyarankan agar manajemen air dilakukan dengan pengerukan waduk di Jakarta dan Pluit. Tidak hanya banjir, urusan macet pun, kata Jokowi harus diatasi di Jakarta.

 

1 dari 4 halaman

Pemindahan Ibu Kota

Jokowi menyinggung pemindahan ibu kota dapat meminimalisir banjir dan macet. Sebab, akan mengurangi jumlah penduduk di Jakarta.

" Sekali lagi kalau tidak pindah Ibu Kota ya memang tetap akan sulit," kata dia.

Jika ibu kota tidak dipindahkan, lanjut Jokowi, Jakarta akan semakin dipadati penduduk dari berbagai daerah untuk mencari pekerjaan.

" Sehingga yang terjadi kepadatan penduduk semakin nambah semakin hari, 56 persen penduduk kita di jawa khususnya jakarta dan sekitarnya, PDB ekonomi kita 58 persen ada di Jawa khususnya di Jakarta, sehingga perlu pemerataan ekonomi saya kira itu," kata dia.

Sumber:

2 dari 4 halaman

Sejumlah Titik Banjir Jakarta Sore Ini

Dream - Hujan deras terjadi di berbagai wilayah di Jakarta sejak pukul 13.00 WIB. Akibat hujan ini, beberapa lokasi terendam banjir.

Berdasarkan pantauan dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, banjir terpantau di depan Citraland, Grogol, Jakarta Barat. Akibat banjir tersebut, lalu lintas tersendat.


Banjir setinggi 30 centimeter juga terpantau di Jalan Prof Satrio, Jakarta Selatan, arah ke kampung Melayu. Akibat banjir, kendaraan motor berjalan pelan sehingga lalu lintas terpantau tersendat.

Selain itu, banjir juga terpantau di Jalan Pemuda Jakarta Timur, Jalan Tol Kuningan Kilometer 5 (arah Cawang), Jalan S Parman, Jakarta Barat, depan kampus Universitas Tarumanegara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan beberapa lokasi lain.

Kondisi yang cukup parah terpantau di pintu 10 Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat. Di area tersebut terpantau banjir setinggi 20 hingga 30 centimeter.

Genangan air yang cukup dalam terpantau di depan Jalan Asia Afrika depan Plaza Senayan. Di lokasi tersebut, sejumlah kendaraan terendam banjir setinggi 40 centimeter.

 

3 dari 4 halaman

Sudah Surut

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Juaini memastikan sejumlah titik di banjir berangsur surut. Ia juga mengatakan kondisi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno tidak terkendala banjir.

" Pas hujan benar ada genangan, sekarang sudah surut," kata dia dilaporkan , Selasa, 17 Desember 2019.

Juaini tak menampik intensitas hujan sejak Selasa siang hingga sore mengakibatkan genangan dan banjir di berbagai titik. Namun, kata Juaini, kondisi tersebut tidak berlangsung lama.

" Ketika 20-30 menit sudah surut," kata dia.

4 dari 4 halaman

Sempat Banjir, Kini Tol Dalam Kota Kuningan Arah Cawang Mulai Normal

Dream - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik kebanjiran, Selasa 17 Desember 2019. Salah satunya adalah ruas Tol Dalam Kota (Kuningan arah Cawang).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, petugas Jasa Marga mengoperasikan dua unit pompa air dan menyedot genangan. Jasa Marga juga bekerja sama dengan Polri untuk mengatur lalu lintas di jalan tol.

Sekadar informasi, hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 14.00 WIB. Di Ruas Tol Dalam Kota, tepatnya KM 05+400 arah Cawang, terdapat genangan setinggi sepuluh hingga 15 sentimeter.

Setelah dua pompa dioperasikan, kini air genangan telah surut. Lalu lintas di tol kembali normal.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak