Sejumlah Titik Banjir Jakarta Sore Ini

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 17 Desember 2019 17:48
Sejumlah Titik Banjir Jakarta Sore Ini
Sejumlah titik banjir berangsur surut.

Dream - Hujan deras terjadi di berbagai wilayah di Jakarta sejak pukul 13.00 WIB. Akibat hujan ini, beberapa lokasi terendam banjir.

Berdasarkan pantauan dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, banjir terpantau di depan Citraland, Grogol, Jakarta Barat. Akibat banjir tersebut, lalu lintas tersendat.


Banjir setinggi 30 centimeter juga terpantau di Jalan Prof Satrio, Jakarta Selatan, arah ke kampung Melayu. Akibat banjir, kendaraan motor berjalan pelan sehingga lalu lintas terpantau tersendat.

Selain itu, banjir juga terpantau di Jalan Pemuda Jakarta Timur, Jalan Tol Kuningan Kilometer 5 (arah Cawang), Jalan S Parman, Jakarta Barat, depan kampus Universitas Tarumanegara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan beberapa lokasi lain.

Kondisi yang cukup parah terpantau di pintu 10 Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat. Di area tersebut terpantau banjir setinggi 20 hingga 30 centimeter.

Genangan air yang cukup dalam terpantau di depan Jalan Asia Afrika depan Plaza Senayan. Di lokasi tersebut, sejumlah kendaraan terendam banjir setinggi 40 centimeter.

 

1 dari 4 halaman

Sudah Surut

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Juaini memastikan sejumlah titik di banjir berangsur surut. Ia juga mengatakan kondisi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno tidak terkendala banjir.

" Pas hujan benar ada genangan, sekarang sudah surut," kata dia dilaporkan , Selasa, 17 Desember 2019.

Juaini tak menampik intensitas hujan sejak Selasa siang hingga sore mengakibatkan genangan dan banjir di berbagai titik. Namun, kata Juaini, kondisi tersebut tidak berlangsung lama.

" Ketika 20-30 menit sudah surut," kata dia.

2 dari 4 halaman

Sempat Banjir, Kini Tol Dalam Kota Kuningan Arah Cawang Mulai Normal

Dream - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik kebanjiran, Selasa 17 Desember 2019. Salah satunya adalah ruas Tol Dalam Kota (Kuningan arah Cawang).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, petugas Jasa Marga mengoperasikan dua unit pompa air dan menyedot genangan. Jasa Marga juga bekerja sama dengan Polri untuk mengatur lalu lintas di jalan tol.

Sekadar informasi, hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 14.00 WIB. Di Ruas Tol Dalam Kota, tepatnya KM 05+400 arah Cawang, terdapat genangan setinggi sepuluh hingga 15 sentimeter.

Setelah dua pompa dioperasikan, kini air genangan telah surut. Lalu lintas di tol kembali normal.

3 dari 4 halaman

Tak Hanya Jakarta, Banjir Juga Serbu Tangerang dan Depok

Dream - Curah hujan tinggi di Bogor, Kamis malam, 25 April 2019 tidak hanya berdampak banjir di sejumlah DKI Jakarta.

Debit air Sungai Ciliwung yang naik juga membuat pemukiman di Kota Depok, Jawa Barat terendam banjir.

Dilaporkan, anggota Tagana Kota Depok, Doni mengatakan air mulai meluap sejak pukul 02.00 WIB.

" Titik wilayah rumah warga yang dekat bantaran Sungai Ciliwung sudah kami evakuasi dibantu Damkar, TNI, aparat, Tagana, dan elemen warga Depok," kata Doni, Jumat, 26 April 2019.

Informasi anggota Tagana dan komunitas Sungai Ciliwung, banjir terjadi di wilayah RT 08 RW 2 Tirta Jaya, Kecamatan Sukmajaya; RT 4 RW 5 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas; bawah jembatan Soto Kudus; bantaran sungai Ciliwung di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji; RT 5 RW 7 Kelurahan Pasir Gunung Selatan; dan RW09 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

4 dari 4 halaman

Tak Ada Hujan Tangerang Banjir

Selain itu banjir dengan ketinggian satu meter juga terjadi di lokasi lain di RW 07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis.

Banjir juga terpantau di Kota Tangerang, Banten. Meski tak diguyur hujan, wilayah ini terkena air kiriman dari Bogor.

Penjaga Pintu Air 10 Kota Tangerang, Naman mengatakan, saat ini muka air kali Cisadane telah naik 7 meter dari posisi normalnya.

Meningkatnya debit air di Cisadane tersebut sudah terjadi sejak semalam. Untuk itu, dia membuka 6 pintu di Pintu air, guna mengurangi ketinggian pada muka air di sepanjang aliran Sungai Cisadane.

" Makanya, dari 10 pintu kami sudah buka 6 pintu. Agar bisa mengurangi kiriman air dari Bogor yang tinggi ini," ucap Naman.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menilai kondisi debit air saat ini cukup ekstrem. Dia mengkhawatirkan, sejumlah wilayah langganan banjir di Kota Tangerang, akan terendam, jika pintu air tidak segera dibuka.

" Kalau ini (pintu air) tidak dibuka, level airnya makin tinggi dan pasti sejumlah wilayah bakal banjir, seperti kawasan KS Tubun, atau perumahan Periuk dan Pinang," ucap Arief. (ism)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak