Turki Kembalikan Jasad Pilot Su-24 ke Rusia

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 30 November 2015 17:45
Turki Kembalikan Jasad Pilot Su-24 ke Rusia
Perdana Menteri Turki Ahmed Davutoglu menyatakan jasad sang pilot diserahterimakan di kawasan Hatay.

Dream - Jasad pilot Rusia yang tewas dalam insiden penembakan pesawat Sukhoi Su-24 telah dievakuasi oleh aparat Turki. Perdana Menteri Turki, Ahmed Davutoglu, mengklaim jasad tersebut telah dikembalikan kepada Rusia.

" Pilot yang terbunuh dalam insiden penembakan telah kami terima di perbatasan Suriah," kata Dovutoglu di Istanbul, sebelum menghadiri pertemuan dengan pemimpin Uni Eropa di Brussels.

Dia mengatakan, otoritas Rusia dan pejabat Turki telah menuju ke kawasan Hatay untuk serah terima jenazah pilot yang tewas dieksekusi oleh pemberontak Suriah itu.

Kedutaan Besar Rusia di Turki kepada kantor berita RIA Novosti, mengatakan, jasad Oleg Peskov diterbangkan pada Minggu dari Hatay dalam sebuah upacara militer. Jenazah Oleg dilepas oleh Duta Besar di pangkalan militer di Ankara.

Letnan Kolonel Oleg tewas tertembak oleh kelompok pemberontak Suriah setelah melompat dari pesawat yang terbakar. Sementara pilot lainnya, Kapten Konstantin Murakhtin ditemukan dalam keadaan selamat tentara khusus dalam operasi 12 jam.

" Sesuai dengan tradisi keagamaan mereka, prosesi pemakaman akan dipimpin oleh imam Ortodoks," kata Davutoglu.

Insiden penembakan ini memicu ketegangan antara Turki dengan Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut penembakan itu 'bagaikan tusukan dari belakang kepada Rusia dari kaki tangan teroris'.

Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan menolak untuk meminta maaf. Dia berkukuh Turki hanya bertindak untuk melindungi kedaulatan.

Sesaat setelah insiden terjadi, pihak pemberontak yang mengaku sebagai bagian dari tentara pembebasan Suriah mengklaim menahan jasad pilot. Mereka menyatakan bersedia menyerahkan jasad tersebut dengan syarat para anggotanya yang ditahan harus dibebaskan.

Sumber: alarabiya.net

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya