Vaksinasi 21 Juta Lansia Ditarget Kelar Juni 2021

Reporter : Eko Huda S
Minggu, 28 Februari 2021 20:47
Vaksinasi 21 Juta Lansia Ditarget Kelar Juni 2021
"Kita perlu banyak dukungan di masyarakat agar program pemerintah ini berjalan lancar," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Dream - Sejumlah daerah telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada kalangan lanjut usia. Di Surabaya, misalnya, pada Selasa dan Rabu lalu telah dilakukan vaksinasi kepada 5.000 lansia di Gedung Olahraga dan Serba Guna Samator.

Vaksinasi lansia di Surabaya menyasar 45.400 orang. Sampai saat ini, pemerintah daerah masih melakukan pendataan lansia yang akan menerima vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi kepada lansia butuh dukungan dari berbagai kalangan, sebab jumlahnya sangat banyak, sekitar 21 juta.

" Nah untuk bisa menyuntik lansia yang jumlahnya sekitar 21 juta ini sampai akhir Juni kita perlu banyak dukungan di masyarakat agar program pemerintah ini berjalan lancar," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari kemkes.go.id, Minggu 28 Februari 2021.

Vaksinasi Covid-19 tahap ke dua menarget 38 juta orang dengan 76 juta suntikan sampai akhir Juni. Lansia menjadi salah satu kelompok yang diprioritaskan karena termasuk orang-orang yang berisiko tinggi kalau tertular virus SARS-CoV-2.

1 dari 1 halaman

Budi Gunadi mengaharapkan vaksinasi massal di Surabaya bisa menjadi contoh bagi wilayah lain.

''Vaksinasi ini mudah-mudahan bisa jadi contoh untuk teman-teman di daerah lain yang memang memiliki resources, memiliki akses untuk mengajak teman-teman lansia ini untuk segera divaksinasi agar mereka bisa segera terlindungi dari Covid-19,'' tutur dia.

Meski demikian, saat ini seluruh negara berebut pasokan vaksin Covid-19. Tapi beruntung Indonesia sudah mendapatkan pasokan vaksin lebih dulu dan sudah memulai vaksinasi Covid-19.

" Banyak negara yang belum kebagian vaksin, negara besar seperti Australia dan Jepang baru akan mulai vaksinasi Covid-19. Kita bersyukur kita sudah dapat vaksinnya, namun karena populasi kita banyak jadi disuntiknya bertahap," ungkap Budi.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

© Dream
Beri Komentar