Viral Video Mobil Wapres Ma'ruf Amin Diisi BBM dari Jeriken di Tengah Jalan

Reporter : Sugiono
Sabtu, 11 Juli 2020 14:18
Viral Video Mobil Wapres Ma'ruf Amin Diisi BBM dari Jeriken di Tengah Jalan
Apakah mobil Ma'ruf Amin diisi mobil eceran? Ini faktanya.

Dream - Video Mercy hitam yang mogok di tengah jalan menjadi viral di YouTube. Mobil berbendera merah putih tersebut terlihat diisi bensin eceran di piggir jalan dengan menggunakan jeriken.

Menurut , video itu diunggah akun Kontributor Youtube tv, Sabtu 10 Juli 2020. Video itu diberi judul #viral mobil presiden jokowi kehabisan bensin saat kunjungan ke daerah.

Tidak ada deskripsi lain mengenai lokasi video yang sudah dilihat lebih dari 300 kali itu. Warganet pun bertanya-tanya apakah mobil pejabat negara itu benar-benar diisi bensin eceran.

" Kapan dan di mana ya itu? Karena mobil presiden sudah ganti baru, sepertinya video lama," tulis Denny Goeh.

1 dari 3 halaman

Setelah ditelusuri, mobil dalam video tersebut ternyata berplat Indonesia 2. Mobil itu merupakan kendaraan dinas wakil presiden. Informasi itu telah dikonfirmasi oleh Tim Sekretariat Wakil Presiden.

Menurut Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar, mobil RI 2 itu bukan diisi dengan bensin eceran, melainkan diisi karena ketidaktersediaan SPBU yang memiliki kriteria sesuai spesifikasi mobil tersebut.

" Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," tulis Oemar.

2 dari 3 halaman

Oemar mengatakan, setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Sehingga, ketika tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, bahan bakar cadangan itu bisa digunakan.

Oemar menambahkan, video viral peristiwa tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020.

3 dari 3 halaman

Saat itu, Wapres tidak ada di dalam mobil karena sedang meninjau SMAN 4 dalam persiapan New Normal bersama Mendikbud Nasdiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

" Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," Oemar menandasi.

Beri Komentar