Amalan-amalan Anjuran Ketika Terjadi Gerhana

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 30 Januari 2018 18:00
Amalan-amalan Anjuran Ketika Terjadi Gerhana
Sholat sunah menjadi amalan dianjurkan ketika terjadi gerhana bulan. Tapi, apakah satu-satunya amalan sunah?

Dream - Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan menyaksikan secara langsung fenomena gerhana bulan total. Fenomena ini akan berlangsung pada Rabu, 31 Januari 2018 mulai pukul 18.30 hingga 22.00 WIB.

Bagi umat Islam, sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunah gerhana. Anjuran ini didasarkan pada hadis riwayat Muslim.

" Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka sholat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai."

Namun demikian, sholat sunah gerhana bukan satu-satunya amalan yang disunahkan saat terjadi gerhana. Imam An Nawawi dalam Majmu' Syarh Al Muhadzdzab memberikan penjelasan mengenai apa saja amalan sunah ketika terjadi gerhana.

(Abu Ishaq As-Syairazi berkata, disunahkan khutbah setelah sholat gerhana sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA, 'Sungguh setelah selesai sholat gerhana, Nabi SAW berdiri dan khutbah di hadapan manusia, kemudian ia memanjatkan puji kepada Allah, dilanjutkan dengan bersabda, 'Matahari dan bulan adalah ayat (tanda kebesaran Allah) dari sekian ayat-ayat Allah Azza wa Jalla. Keduanya tidak akan gerhana karena kematian atau kelahiran seseorang. Apabila kalian menyaksikannya, maka sholat dan sedekahlah'.

Masih ada lagi amalan sunah selain sholat dan sedekah. Hal ini dijelaskan selanjutnya oleh Imam An Nawawi.

" (Penjelasan) hadis Aisyah RA yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dan nash Imam Syafi'i serta pengikutnya sepakat pada kesunahan dua khutbah setelah sholat gerhana, dan dua khutbah sunah itu bukanlah syarat sahnya sholat. Ashab kami berkata, 'Dua khutbah ini sama dengan khutbah Jumat dalam rukun, syarat dan selainnya, sama saja entah dilaksanakan berjemaah di kota besar maupun di desa, atau musafir di padang pasir maupun di perkampungan. Sedangkan orang yang sholat sendiri tidak perlu melakukan khutbah. Khatib dalam khutbah ini menganjurkan jemaah untuk bertobat dari maksiat, mengerjakan kebaikan, bersedekah, membebaskan budak, mengingatkan mereka dari kelalaian dan tipu daya, serta memerintahkan mereka untuk memperbanyak doa, meminta ampunan dan zikir."

Dari penjelasan di atas, berikut amalan sunah ketika gerhana terjadi.

1. Shalat gerhana.

2. Bersedekah.

3. Tobat dari maksiat.

4. Mengerjakan kebaikan.

5. Bersedekah.

6. Membebaskan budak (zaman sekarang tidak ada budak).

7. Kehati-hatian jangan sampai lalai.

8. Memperbanyak doa.

9. Memperbanyak istighfar.

10.Memperbanyak zikir.

Selengkapnya...

Beri Komentar