Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Puasa Sunnah Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah dengan Bacaan Niatnya

Puasa Sunnah Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah dengan Bacaan Niatnya Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Dream - Dalam menyambut hari raya terbesar setelah Idul Fitri, banyak masyarakat yang memiliki kemampuan keuangan mulai mencari hewan kurban pada hari Idul Adha.

Idul Adha yang selalu jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dikenal juga sebagai Idul Kurban. Mereka yang mampu berusaha untuk menjalankan amalan berkurban baik dengan sapi, kambing, atau domba.

Tapi, tahukah Sahabat Dream bahwa amalan di bulan Dzulhijjah itu tidak hanya berkurban dan menjalankan sholat sunnah Idul Adha?

Dalam Islam ada empat bulan utama di luar Ramadhan yang sangat dimuliakan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Karena kemuliaan bulan-bulan itulah, Islam menganjurkan pemeluknya untuk memanfaatkan momentum tersebut sebagai ikhtiar memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Salah satu bentuk ikhtiar dalam mendekatkan diri kepada Allah menjelang perayaan Idul Adha adalah menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah.

Ada tiga amalan selama 10 hari pertama Dzulhijjah berupa puasa sunnah yang jika dikerjakan akan mendatangkan banyak sekali pahala bagi umat Muslim.

Puasa Sunnah 1-7 Dzulhijjah

Dream - Masyarakat mengenal istilah puasa sunnah 1-7 Dzulhijjah yang dikerjakan mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 7 Dzulhijjah. Puasa sunnah 1-7 Dzulhijjah ini masuk dalam amalan 10 hari pertama Dzulhijjah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Puasa Sunnah 1-7 Dzulhijjah

Di antara yang menunjukkan keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah adalah hadis Ibnu 'Abbas, yang menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama Dzulhijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallahu'alaihi wa sallam menjawab: "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968)

Selain itu ada juga hadits yang menunjukkan betapa mulia 10 hari pertama Dzulhijjah bagi umat Islam.

"Dari Umar radhiyallahu‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda: 'Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid'." (HR. Ahmad)

Niat Puasa Sunnah 1-7 Dzulhijjah

Untuk mulai menjalankan amalan puasa sunnah 1-7 Dzulhijjah, disunnahkan untuk membaca niatnya seperti berikut:

"NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA"

Artinya : Aku niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala

Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

Dream - Puasa Tarwiyah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah dua hari sebelum hari Idul Adha, tepatnya tanggal 8 Dzulhijjah. Biasanya, dalil atau hukum yang digunakan untuk menjalankan puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah adalah hadis berikut ini.

"Puasa pada hari tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa dua tahun." Diriwayatkan oleh Abu Syaikh dan Ibnu An Najjar dari Ibnu 'Abbas.

Namun menurut Ibnul Jauzi hadits ini tidak shahih. Begitu juga dengan Asy Syaukani yang mengatakan bahwa hadits ini tidak shahih dan dalam riwayatnya ada perawi yang pendusta. Pun Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini dho’if (lemah).

Jadi, karena hadits ini lemah atau tidak shahih, maka secara otomatis puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah tidak boleh diamalkan.

Masih Boleh Puasa 8 Dzulhijjah Jika...

Kita masih boleh puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah namun bukan berdasarkan hadis yang telah disebutkan di atas. Amalan ini dilakukan dengan mengingat keutamaan puasa 10 hari pertama Dzulhijjah, karena itu adalah sebaik-baiknya amalan yang dikerjakan saat itu.

Terlebih lagi ada contoh dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat untuk berpuasa pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah.

Dari Ibnu 'Abbas, yang mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda:

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama Dzulhijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968)

Dengan demikian, maka niat yang dibaca saat akan menjalankan puasa Tarwiyah adalah puasa sunnah 1-7 Dzulhijjah.

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Dream - Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan sehari sebelum hari Idul Adha, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Arafah 9 Dzulhijjah punya keutamaan yang besar daripada puasa sunnah 10 hari pertama Dzulhijjah lainnya. Keistimewaan puasa Arafah ini diungkapkan dalam sebuah hadits berikut ini.

Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162)

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Selain itu, puasa Arafah 9 Dzulhijjah juga punya dalil atau hukumnya yang diriwayatkan dari Abu Daud yang berbunyi:

"Bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam biasanya berpuasa hari 9 Dzulhijjah, hari Asyura, 3 hari setiap bulan yaitu Senin pertama dan 2 Kamis terawal."

Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Di antara amalan pada bulan Dzulhijjah yaitu puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah untuk menyambut Idul Adha. Nah, berikut ini adalah niat puasa Arafah yang harus kamu ketahui.

"NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA"

Artinya: "Aku niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala"

Untuk doa buka puasa Dzulhijjah, sama saja dengan doa buka puasa sunnah yang lainnya, yaitu :

"ALLAHUMMA LAKASHUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQI KA AFTORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMARROOHIMIIIN"

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Dream - Selain bulan Ramadan, bulan Dzulhijjah juga menjadi bulan baik yang penuh berkah dan pahala. Tak heran, jika di bulan ini umat muslim disarankan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan beramal soleh.

Di bulan ini umat muslim disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah Dzulhijjah, menunaikan ibadah Haji dan menyembelih hewan kurban.

Puasa sunnah bisa dimulai sejak hari pertama hingga tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum hari Idul Adha.

Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam mengatakan bahwa melaksanakan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah pahalanya sama besar dengan orang yang meninggal di jalan Allah di medan perang atau mati syahid.

Puasa Arafah di bulan Dzulhijjah juga bisa melebur dosa selama setahun sebelum dan sesudah seseorang yang melaksanakannya dengan ikhlas.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah, Rasullullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

"Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya." (HR. Imam Muslim)

Amalan Pada 9 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Dream - Umat muslim disarankan untuk melakukan berbagai amal baik di 9 hari pertama bulan Dzulhijjah ini. Menjalankan amalan di bulan Dzulhijjah sangat disarankan, bahkan wajib bagi yang mampu karena pahalanya akan dilipatgandakan.

Amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan pada 9 hari pertama di bulan Dzulhijjah antara lain adalah memperbanyak doa, dzikir, takbir dan menyebut nama Allah.

Perbanyak pula melantunkan sholawat kepada para Nabi dan Rasul-Nya. Bagi yang mampu secara fisik maupun ekonomi, diwajibkan untuk menjalankan Rukun Islam ke lima yakni Naik Haji.

Jangan lupa juga untuk menunaikan umrah dan melaksanakan puasa sunah Dzulhijjah terutama di hari Arafah. Selain itu diwajibkan bagi yang mampu secara ekonomi untuk menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya ke orang-orang sekitar yang membutuhkan di Hari Raya Idul Adha dan 3 hari tasryik.

Amalan Bulan Dzulhijjah Menyembelih Hewan Kurban

Mendirikan sholat sunnah terutama shalat taubat dan mintalah ampun ke yang Maha Kuasa serta perbanyak melakukan amal soleh.

Selain itu jangan memotong kuku serta rambut bagi kamu yang berniat kurban. Tentang larangan memotong kuku dan rambut ini telah diterangkan dalam hadits dan ayat Alquran.

Rasullah bersabda, "Jika kamu melihat hilal bulan Dzuhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya," (HR. Muslim dan lainnya)

".... dan jangan kamu mencukur (rambut) kepalamu, sebelum kurban sampai di tempat penyembelihan..." (QS. AL-Baqarah, 196).

Dirangkum dari berbagai sumber.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Dahsyatnya Pahala Puasa Syawal yang Setara dengan Keberkahan dalam Setahun, Masya Allah!

Dahsyatnya Pahala Puasa Syawal yang Setara dengan Keberkahan dalam Setahun, Masya Allah!

Ada yang mengatakan bahwa puasa sunnah 6 hari ini sama nilainya dengan puasa sepanjang tahun.

Baca Selengkapnya
Bolehkah Membaca Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Bolehkah Membaca Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Niat puasa Ramadan merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memulai menjalankan ibadah puasa.

Baca Selengkapnya
Niat dan Doa Sholat Tahajud, Amalan Sepertiga Malam yang Sayang Dilewatkan

Niat dan Doa Sholat Tahajud, Amalan Sepertiga Malam yang Sayang Dilewatkan

Seperti yang kita ketahui, sholat tahajud adalah salah satu jenis sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Nuzulul Quran Adalah Malam Kemuliaan, Inilah Bacaan Doa yang Dianjurkan

Nuzulul Quran Adalah Malam Kemuliaan, Inilah Bacaan Doa yang Dianjurkan

Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan.

Baca Selengkapnya
Niat Sholat Nisfu Syaban Lengkap Tata Caranya, Ditunaikan Usai Ba'diyah Magrib

Niat Sholat Nisfu Syaban Lengkap Tata Caranya, Ditunaikan Usai Ba'diyah Magrib

Salah satu amalan sunnah yang biasanya dilaksanakan umat Islam ialah sholat sunnah Nisfu Syaban.

Baca Selengkapnya
Niat Puasa Sunah Syawal dan Keutamaannya yang Luar Biasa, Salah Satunya Dapat Pahala Puasa Satu Tahun

Niat Puasa Sunah Syawal dan Keutamaannya yang Luar Biasa, Salah Satunya Dapat Pahala Puasa Satu Tahun

Puasa sunah Syawal sudah bisa dilakukan sejak tanggal 2 syawal atau selang sehari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Baca Selengkapnya
Sholat Sunnah Awwabin: Hukum, Tata Cara, Niat, Doa dan Keutamaannya yang Luar Biasa

Sholat Sunnah Awwabin: Hukum, Tata Cara, Niat, Doa dan Keutamaannya yang Luar Biasa

Sholat Sunnah Awwabin merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa dalam agama Islam.

Baca Selengkapnya