Turki Keluarkan Fatwa Makan Pakai Tangan Kanan

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 6 Februari 2018 14:01
Turki Keluarkan Fatwa Makan Pakai Tangan Kanan
Umat Islam Turki diminta untuk mengikuti sunah Nabi.

Dream - Direktorat Keagamaan Turki (Diyanet) mengeluarkan fatwa tentang keutamaan penggunaan tangan kanan untuk makan dan minum. Fatwa yang dilansir di laman resmi Diyanet pada Sabtu 3 Februari 2018 ini menyatakan makan dengan tangan kiri tidak dianjurkan.

" Terkait prinsip umum tentang makan dan minum, Nabi Muhammad SAW tidak menganggap makan tidak senang makan dengan tangan kiri," demikian fatwa Diyanet, dikutip dari Hurriyet Daily News, Selasa 6 Februari 2018.

Fatwa tersebut juga menjelaskan Rasulullah sangat memperhatikan adab makan. Selain itu, Diyanet menerangkan Rasulullah melarang umatnya makan dan minum dengan tangan kiri.

" Oleh karena itu, Rasulullah selalu mengarahkan anak-anak agar menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum," lanjut fatwa tersebut.

Meski demikian, Diyanet menyatakan fatwa ini berlaku fleksibel untuk penyandang difabel. Mereka yang kidal merupakan pengecualian, sehingga dibolehkan makan dan minum dengan tangan kiri.

Fatwa Diyanet kerap membuat alis berkernyit di Turki. Pada Desember tahun lalu, Duriyet mengeluarkan fatwa memicu polemik, menyatakan pernikahan pria menjadi batal jika memanggil istrinya dengan panggilan bermakna 'ibu' atau 'saudara perempuan'.

Putusan ulama tersebut dikeluarkan usai fatwa tentang perceraian. Pada fatwa perceraian, Diyanet menyatakan, " pasangan dapat bercerai lewat panggilan telepon, fax, surat, SMS, atau internet."

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik