Demi Kurangi Mengomel, Ibu Tempel Banyak Aturan Seperti di Kos

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 8 Desember 2022 16:24
Demi Kurangi Mengomel, Ibu Tempel Banyak Aturan Seperti di Kos
Sang ibu punya alasan tersendiri menerapkan hal ini.

Dream - Anak-anak sangat butuh aktivitas rutin dan keteraturan. Mulai dari jam tidur, jam bangun, waktu makan, bermain serta aturan lainnya. Para ibu biasanya yang selalu mengingatkan berkali-kali.

Hal itulah yang membuat para ibu kerap dijuluki si bawel atau hobi mengomel. Lely Yuniar, seorang ibu asal Malang, Jawa Timur membagikan pengalamannya untuk mengurangi frekuensi ngomel atau mengingatkan anak-anak.

Caranya adalah menggunakan banyak catatan. Mulai dari aktivitas bangun pagi, di siang haru sepulang sekolah, tugas dan kelengkapan yang harus dikerjakan anak serta hal-hal kecil lainnya.

Jadwal© Instagram

Semua detail ditulis di kertas kemudian ditempel di dinding agar mudah terbaca oleh semua anak. Bukan hanya itu, rencana menu yang akan dibuat juga dituliskannya di papan.

1 dari 3 halaman

" Ibu kandung rasa ibu kos, kebanyakan aturan, ditempel di mana-mana, serba pakai jadwal, reminder di mana-mana, karena ibu dan anak sama-sama disleksia, sama-sama pelupa," tulis Lely dalam video yang diunggahnya di Instagram @lelyevelyn.

Instagram @lelyevelyn.© Instagram @lelyevelyn.

Lely memiliki disleksia, begitu juga suami dan dua anaknya. Dikutip dari HaloDoc, disleksia merupakan kesulitan belajar yang menyebabkan masalah dengan membaca, menulis, dan mengeja. Gangguan belajar ini masuk ke dalam gangguan saraf pada bagian batang otak.

2 dari 3 halaman

Mereka yang disleksia cenderung lupa dan sangat butuh keteraturan. Untuk membuat keteraturan, dibuatlah banyak catatan untuk mengingat di berbagai sudut rumah.

Instagram @lelyevelyn.© Instagram @lelyevelyn.

" Orang disleksia tu emang biasanya memorinya pendek, jd suka lupa. Anak2 paling sering lupa sikat gigi, nah tapi Ibuknya pun mau ngingetin aja lho lupa hahaha. Daripada ngomel terus2an capek, enaknya ya ditulis aja dimana2. So far beberapa diantaranya udah mulai kelihatan hasilnya, udah ada yg mulai jarang terlupakan," ungkap Lely.

3 dari 3 halaman

Video yang diunggah Lely  menginspirasi banyak orangtua untuk mengikuti jejaknya. Komentar pun bermunculan.

" Tips yang cakep buat ortu yang punya anak 8-12 thn. Kalau yg ud gede mungkin note agak lbh sedikit. Buat yang punya anak memiliki gangguan koordinasi ( DCD, dyspraxia) ini juga berguna banget," tulis salah satu akun.

" Kayanya saya dicoba gini kali ya bun, biar saya ga ngomel2 dan berulang kali ngingetin," komentar lainnya.

Beri Komentar