Cara Tepat Simpan Pisau Dapur, Selalu Tajam Bebas Karat

Reporter :
Minggu, 27 Januari 2019 11:01
Cara Tepat Simpan Pisau Dapur, Selalu Tajam Bebas Karat
Saat digunakan pisau malah tumpul, kotor dan berkarat.

Dream - Pisau jadi alat masak yang wajib ada di dapur. Fungsi utamanya tentu saja memotong berbagai bahan makanan. Tapi pada beberapa kondisi, saat digunakan pisau malah tumpul, kotor dan berkarat.

Hal tersebut berkaitan erat dengan cara penyimpanannya yang salah. Penting bagi Sahabat Dream untuk mengetahui cara menyimpan pisau yang tepat. Mungkin banyak yang menyangka tempat terbaik menaruh pisau adalah balok pisau.

Terdapat sela di dalamnya untuk menancapkan pisau. Rupanya hal ini justru membuat pisau lebih mudah tumpul. Belum lagi bagian sela-selanya sangat sempit dan sulit dibersihkan. Bisa jadi sarang bakteri karena kondisinya lembap dan tertutup oleh pisau.

 Magnet

Dikutip dari The Kitchn, salah satu alternatif untuk menyimpan pisau adalah strip magnetik. Berupa logam magnetik tebal dan kuat. Untuk menyimpan, cukup tempelkan saja badan pisau di strip tersebut. Sayangnya, penyimpanan ini kurang dalam hal keamanan.

Jika terkena guncangan pisau bisa jatuh dan melukai. Apalagi jika di rumah ada anak-anak yang belum mengerti aspek keamanan. Jika demikian, Sahabat Dream bisa menggunakan laci penyimpanan.

1 dari 1 halaman

Laci Khusus Pisau

Laci ini bisa berada di kabinet dapur. Tapi pastikan dalam laci terdapat sekat pemisah untuk menyimpan pisau.

Bisa juga menggunakan penutup mata pisau yang biasanya terbuat dari plastik sebelum menaruhnya dalam laci.

Hal ini untuk menghindari gesekan yang memicu pisau menjadi tumpul. Penting dilakukan sebelum menyimpan pisau, yaitu membersihkannya dari bekas bahan makanan. Sisa makanan yang menempel di pisau akan dengan mudah membuatnya berbau dan ditumbuhi bakteri.

(Sah, Laporan: Mega Rasmiyati/ Sumber: thekitchn.com)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen