5 Fakta Didi Kempot, The God Father of Broken Heart Indonesia

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 16 Agustus 2019 17:29
5 Fakta Didi Kempot, The God Father of Broken Heart Indonesia
Nama Didi Kempot sedang naik daun. Berikut fakta tentang Didi Kempot yang wajib kalian tahu, wahai sobat Ambyar!

Dream - Didi Kempot sudah tak asing bagi pecinta musik Tanah Air. Terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lagu penyanyi asal Solo ini banyak diputar di pasar, gang-gang sempit, hingga bus.

Didi Kempot memang bukan artis ibu kota yang tenar dan kerap diundang di berbagai acara TV nasional. Namun, akhir-akhir ini namanya sedang melambung, kerap muncul di layar kaca.

Nama Didi Kempor kembali mencuuat setelah menjadi trending topik di Twitter pada awal Juli 2019. Tak lama setelah itu, Channel Youtuber Gofar Hilman Hilman mengundang Didi Kempot untuk menjadi bintang tamunya di acaranya, Ngobam, Ngobrol Bareng Musisi.

Bagi Sahabat Dream yang belum mengenal sosok Didi Kempot, atau berniat menjadi Sobat Ambyar --sebutan penggemar Didi Kempot, bisa membaca fakta seniman 52 tahun berikut ini.

1 dari 5 halaman

Arti Nama Panggung Didi Kempot

 Didi Kempot

Penyanyi Campursari Jawa ini memiliki nama asli Didi Prasetyo. Lahir di Surakarta, 31 Desember 1966, dengan nama Dionisius Prasetyo, dan akrab dipanggil Didi.

Nama panggungnya berubah menjadi Didi Kempot bukan tanpa maksud. Dalam acara Ngobam di channel Youtube Gofar Hilman, Didi menjelaskan bahwa Kempot pada nama itu bukan kempot untuk menyebut bentuk pipi yang kurus , melainkan singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar.

Didi mengambil nama itu ketika memulai kariernya sebagai penyanyi jalanan bersama teman-temannya dan menamakan kelompok mereka sebagai Kelompok Penyanyi Trotoar, dan disingkat menjadi Kempot.

Walau kini anggota kelompok tersebut sudah tidak utuh lagi, nama Kempot sudah terlanjut melekat pada Didi dan membuat namanya semakin mudah dikenal oleh masyarakat luas.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Karir yang Tak Mulus

 Didi Kempot

Didi Kempot merupakan anak pelawak terkenal asal Solo, Ranto Edi Gudel atau lebih dikenal dengan Mbah Ranto. Almarhum kakaknya juga seorang pelawak Srimulat, Mamiek Podang. Walau berasal dari keluarga seniman ternama di Solo, tidak serta-merta membuat perjalanan karir Didi Kempot mulus.

Pria yang tinggal di Sumber, Solo, ini memulai karier sebagai penyanyi jalanan bersama kelompoknya. Dia bahkan mengadu nasib menjadi pengamen di Jakarta. Tak berhenti di situ, Didi Kempot juga sudah pernah merasakan pahit getirnya penolakan dari beberapa label musik.

Tahun 1989 mulai menulis lagu untuk album pertamanya, salah satunya lagu yang paling terkenal, Cidro. Sebelum meneken kontrak dengan label musik ibu kota, Didi Kempot aktif memproduksi dan merekam lagunya sendiri.

3 dari 5 halaman

Telah Menciptakan Ratusan Lagu

 Didi Kempot

Nama Didi Kempot mungkin hanya dikenal oleh mayoritas orang yang tinggal di Jawa, namun ternyata sosok Didi Kempot sangat populer di Suriname, yang didominasi oleh orang-orang Jawa yang datang zaman penjajahan Belanda. Didi Kempot bahkan kerap diundang presiden Suriname untuk berkunjung dan mengisi acara di sana.

Usia karier Didi Kempot sudah lebih dari 30 tahun, dan sepanjang kariernya ia telah menciptakan banyak lagu. Menurut Didi Kempot dalam acara Ngobam, ia sudah menciptakan lebih dari 800 judul lagu dan masih aktif menulis lagu hingga saat ini. Dari ratusan judul lagu tersebut yang paling populer ialah Cidro, Stasiun Balapan, Sewu Kuto, Janji Palsu, Layang Kangen dan masih banyak lagi.

Lagu-lagu Didi Kempot sangat ikonik, tak lepas dari penggunaan Bahasa Jawa, dan lirik-lirik yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kebanyakan lirik lagu karya Didi Kempot bercerita tentang kisah cinta yang menyedihkan. Oleh karena itulah, sebutan The Father of Broken Heart layak untuk disandang Didi Kempot.

4 dari 5 halaman

Populer Setelah Tampil di Acara �Ngobamâ�ï¿Â&frac

 Didi Kempot

Kepopuleran Didi Kempot akhir-akhir ini tidak bisa dilepaskan dari peran Gofar Hilman, Youtuber yang berhasil mengajak sosok legendaris dalam permusikan Jawa ini untuk tampil di acara Ngobam miliknya. Gofar mengaku heran dengan fenomena lagu Didi Kempot yang ternyata memiliki banyak penggemar militan yang didominasi oleh anak muda.

Sampai saat ini, video Ngobam bersama Didi Kempot sudah ditonton lebih dari 3.4 juta kali di Youtube, dan sudah masuk trending di Youtube. Beberapa saat setelah video ini menjadi trending, nama Didi Kempot semakin melambung.

Kini, Didi Kempot disibukkan dengan berbagai undangan dan tawaran dari banyak stasiun TV swasta nasional untuk menyanyi dan berbagi cerita.

“ Sosok Didi Kempot adalah kultut, aset budaya, dimana kalian mendengarkan Punkrock lalu ketika patah hati akan balik bersenandung lagu Cidro,” tulis Gofar Hilman dalam deskripsi video Ngobam bersama Didi Kempot.

5 dari 5 halaman

Memiliki Banyak Penggemar Anak Muda, Sobat Ambyar

 Didi Kempot

Para penggemar militan Didi Kempot yang didominasi anak muda ini dulu menamai diri mereka dengan istilah sadboys dan sadgirls. Istilah ini diakui Didi bukan dari pihaknya, melainkan murni dari usulan penggemarnya, “ Tiba-tiba muncul begitu saja,” kata Didi dalam wawancaranya bersama Gofar Hilman.

Karena idolanya semakin eksis, para penggemar Didi Kempot akhirnya membuat sebuah komunitas penggemar dengan nama Sobat Ambyar (Sobat Hancur), yang diprakarsai oleh Rumah Blogger Indonesia di Solo pada pertengahan bulan Juni 2019 lalu.

Para penggemar yang didominasi oleh anak muda ini kerap menyebut Didi Kempot dengan sebutan Lord Didi, Bapak Patah Hati Nasional.

Bagi Sahabat Dream yang belum tahu lagu-lagu Didi Kempot, bisa langsung streaming ya!

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis