Ini Sebetulnya Maksud Agnez Mo Soal Darah Indonesia

Reporter : Amrikh Palupi
Rabu, 27 November 2019 15:50
Ini Sebetulnya Maksud Agnez Mo Soal Darah Indonesia
Agnez Mo mengaku sedih karena banyak orang menyalahartikan maksud ucapannya yang menjadi viral tersebut.

Dream - Agnez Mo akhirnya menjelaskan maksud ucapan tak memiliki darah Indonesia yang disampaikan saat diundang di program Build Series di Amerika Serikat. Penjelasan itu disampaikan Agnes saat ditanya oleh rekannya sesama artis, Anji.

Anji yang mengaku penasaran dengan maksud dari ucapan Agnez langsung menghubungi mantan artis cilik itu melalui pesan pribadi (DM) Instagram. Dengan seizin Agnez, Anji pun mengunggah suntingan foto percakapannya ke akun media sosialnya, @duniamanji.

Dalam penjelasannya, Agnez mengatakan jika persepsi yang muncul di masyarakat tentang ucapannya tersebut tak tepat. Selama meniti karier di Negeri Paman Sam, Agnez selalu menyampaikan pada semua orang betapa bangganya dia menjadi seorang warga Indonesia.

 

" Semua orang yang menonton acara itu tahu lebih banyak tentang Indonesia dan alasannya adalah aku selalu mengaku bahwa aku orang Indonesia (penduduk)," kata Agnez Mo pada pesan Direct Message kepada Anji dikutip Dream, Rabu 27 November 2019.

Dalam berbagai kesempatan, Agnez mengaku selalu memamerkan budaya tradisional yang ada di Indonesia. Persepsi yang salah diartikan masyarakat diakui membuatnya sedih. 

 

" Kalo aku ga bangga jd orang Indonesia, ngapain ak bawa2 terus....n selalu bawa budaya tradisional Indonesia?? Sedih aja."  

ucapan Agnez Mo ke Anji© ucapan Agnez Mo ke Anji

Wanita berusia 33 tahun ini menjelaskan jika ucapan yang menjadi viral itu hanya ingin menjelaskan jika darah dari leluhurnya memang tak berasal dari Indonesia.

 

Namun, lanjut Agnez, meski berstatus sebagai warga minoritas, Indonesia telah banyak mengajarkannya tentang budaya inklusif dan menghargai perbedaan. 

ucapan Agnez Mo ke ucapan Agnez Mo ke AnjiAnji© ucapan Agnez Mo ke Anji

" Hehe..padahal ak ngomong soal darahku. Ancestor. Tp justru maksudnya bahwa walaupun aku minority (dan berbeda), tpi justru negara Indonesia mengajarkan culture INCLUSIVITY. Bhinneka tunggal ika. Lol. Tp malah disalah artikan...." lanjut Agnez melalui direct message dengan Anji.

1 dari 6 halaman

Saya Perjuangkan Indonesia

Pelantun tembang Matahariku ini menyadari status minoritas itu muncul karena keyakinannya yang menganut agama Non muslim. Namun dia selalu menceritakan kepada publik di dunia jika Indonesia memberikan kesempatan kepada minoritas untuk menggapai mimpinya.

" Aku akan selalu jujur dan bersaksi kepada dunia bagaimana minoritas sepertiku telah diberikan kesempatan untuk mempunyai banyak mimpi dan mengejarnya. Hatiku telah terpenuhi," imbuhnya.

 

ucapan Agnez Mo ke Anji© ucapan Agnez Mo ke Anji

Diakui Agnez, tumbuh di negara dengan ragam budaya yang berbeda membuat yakin untuk selalu memperjuangkan arti persatuan dalam perbedaan. Inilah yang selalu disukainya tentang Indonesia. 

" Aku tumbuh di budaya yang berbeda. Budaya inclusivity adalah apa yang saya perjuangkan. Bhinneka Tunggal Ika artinya bersatu dalam perbedaan. Aku suka ketika berbagi sesuatu tentang akar dan negaraku," kata dia.

Diakhir percakapan Agnez Mo mengucapkan terimakasih kepada ayah lima anak itu karena telah memberikan dukungan kepadanya.

ucapan Agnez Mo ke Anji© ucapan Agnez Mo ke Anji

" Kamu (Anji) tahu aku..hehe..ga bisa marah. Even diomong2in jg ya udahlah, doain aja. Tx for ur support ya,' tuturnya.

 

2 dari 6 halaman

Meminta Nonton video secara full

Kemudian pada keterangan foto Agnez, Anji meminta warganet dan fans untuk melihat video wawancra Agnez dan Kevan Kenney secara utuh.

" Mengaku tidak memiliki darah Indonesia, bukan berarti tidak cinta Indonesia atau tidak bangga pada Indonesia.
Nonton videonya jangan setengah-setengah. Apalagi membuat postingan yang memprovokasi," tuturnya.

3 dari 6 halaman

Diwawancara Media AS, Agnez Mo Mengaku Tak Punya Darah Indonesia

Dream - Agnez Mo membuat pengakuan mengejutkan saat menjadi narasumber acara Build Series. Mantan artis cilik yang mengadu peruntungan di belantikan musik Amerika Serikat (AS) itu mengaku tak memiliki darah Indonesia. 

Wawancara Agnez dan Kevan Kenney itu diketahui berlangsung sekitar tiga hari yang lalu. Dalam salah satu wawancaranta, penyanyi yang pernah menyandang nama Agnes Monica itu sempat ditanya tentang kehidupannya tinggal di Indonesia yang masoritas beragama Islam.

Pelantun tembang Overdose ini mengatakan jika Indonesia merupakan negara yang memiliki tingakat keberagaman sangat tinggi. Kondisi ini diakui telah membentuk kepribadian dan karyanya.

Agnez menceritakan jika masa lalunya tumbuh dengan musik tradisional sekaligus bernyanyi di gereja.

" Ini menjadi bagian dari diriku. Ini bukan hanya sebuah representasi budaya, tapi juga tapi juga budaya yang sifatnya inklusif," kata Agnez Mo, dikutip Dream dari liputan6.com, Selasa 26 November 2019.

Penampilan Polos Agnez Mo Bikin Riuh© MEN

Foto : Nur Ulfa/Dream

Pembawa cara Kevan Kenney mengatakan wanita 33 tahun ini berbeda dari artis daari Indonesia lainnya.

" Kamu sedikit berbeda dari orang lainnya ya?" tanya Kevan Kenney.

Mendengar pertanyaan itu, Agnez membuat pengakuan mengejutkan.

4 dari 6 halaman

Agnez Bersyukur Orang Indonesia Menerima Dirinya

Agnez mengatakan jika dia merasa tidak memiliki darah Indonesia. Jika dilihat dari silsilah keluarga, Agnez merupakan seorang wanita berdarah Jerman, Jepang, dan Tionghoa.

" Yeah, karena aku sebenarnya tidak punya darah Indonesia atau semacamnya. Aku sesungguhnya [berdarah] Jerman, Jepang, Tionghoa, dan aku hanya lahir di Indonesia," tutur Agnez Mo.

Selama ini, lanjut Agnez, dia telah sejak lama merasa ada hal yang berbeda dalam dirinya. Perasaan itu membuatnya sering merasa jika Indonesia bukan tempatnya.

" Aku juga beragama Kristen dan di Indonesia mayoritas adalah muslim jadi aku selalu merasa...aku bukannya mau mengatakan, aku tak merasa Indonesia tempatku," ujarnya. 

Meski merasa tak memiliki darah Indonesia asli, Agnez mengaku beruntung pernah tinggal di Indonesia karena orang-orang menerima dirinya apa adanya.

" Tapi selalu ada perasaan bahwa aku tidak seperti orang lainnya," tutur Agnez Mo.

(Sah, Sumber : liputan6.com/Ratnaning Asih)

5 dari 6 halaman

Patah Hati Dengar Ucapan Agnez Mo, Nikita: Seolah Numpang `Berojol` Doang

Dream - Pernyataan yang memicu polemik dari Agnez Mo memancing rekan artis berkomentar. Setelah Catherine Wilson, kali ini giliran Nikita Mirzani yang menasihati mantan artis cilik yang dulu bernama Agnes Monica itu. 

Nikita menyayangkan pernyataan yang terlontar dari Agnez. Ibu tiga anak itu seharusnya mengatakan dirinya warga negara Indonesia dan tak menyampaikan ucapan tidak memiliki darah Indonesia.

" Bilang saja gue ini warga negara Indonesia. Kalau ngomongnya di Indonesia, misalnya lagi diwawancara di Medan bisa dimengerti oh dia ada darah ini," kata Nikita Mirzani dikutip Dream dari akun instagramnya, Rabu 27 November 2019.

Dari pandangan Nikita, Agnez seharusnya tak mengucapan kalimat tersebut saat menjadi narasumber di sebuah program besar yang ditonton banyak orang. Dari ucapan yang disampaikan Agnez, Nikita menangkap pesan jika penyanyi terkenal itu hanya menumpang lahir di Indonesia. 

" Jadi orang luar negeri pikir Agnez Mo seolah-olah Agnez Mo numpang berojol doang di Indonesia," imbuh Nikita.

Nikita Mirzani© Nikita mirzani

 

6 dari 6 halaman

Gue Cinta Banget Negara Gue

Dengan polemik yang muncul akibat ucapan tersebut, Nikita menilai unggahan Agnez di Instagram yang memperkenalkan baju batik dan menari tarian Papua menjadi hal sia-sia karena tidak merasa sebagai orang Indonesia.

" Percuma dong Agnez Monica bawa batik, kemarin nari Papua dibawa di taruh di Instagramnya. Tiba-tiba cedar ngomong begitu," ucapnya.

Di akhir komentarnya, mantan istri Sajad Ukra ini sebetulnya patah hati dengan pernyataan Agnez Mo tersebut. Sahabat Billy Syahputra ini mengaku menjadi salah satu artis yang mengidolakan Agnez. 

" Gue sebagai fans Agnez Monica hati gue hancur. Gue cinta banget dengan negera gue. Walaupun gue suka dilindes disini. Kenapa simpel saja bilang gue warga bangsa Indonesia," tuturnya.(Sah)

Beri Komentar