Setelah Keluar ICU, Begini Kondisi Tukul Arwana

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 4 Oktober 2021 11:24
Setelah Keluar ICU, Begini Kondisi Tukul Arwana
Kondisi Tukul semakin membaik

Dream - Kondisi Tukul Arwana berangsur membaik setelah menjalani perawatan di RS PON, Jakarta, karena mengalami pendarahan otak. Setelah dirawat di ICU, kini pelawak senior tersebut sudah dipindahkan ke ruang rawat inap.

Ayah tiga anak ini juga sudah menjalani pengobatan lain, seperti fisioterapi. " Alhamdulillah proses fisioterapi sudah mulai berjalan," kata Rizki Kimon, Manager Tukul, belum lama ini.

Kimon mengungkapkan, Tukul harus menjalani fisioterapi guna untuk menggerakan tubuh karena selama ini lebih banyak berbaring di atas tempat tidur.

" Fisioterapi sih setiap hari ya karena memang ini benar-benar beliau dirawat secara luar biasa, intensif, sama pihak rumah sakit pusat otak nasional," tuturnya.

Meski sudah berada di ruang rawat inap, Tukul tetap saja masih belum bisa mendapat kunjungan selain keluarga.

" Fisioterapi sih setiap hari ya karena memang ini benar-benar beliau dirawat secara luar biasa, intensif, sama pihak rumah sakit pusat otak nasional," ujar Kimon.

1 dari 4 halaman

Tukul Arwana Sudah Mulai Bisa Berkomunikasi

Dream - Tukul Arwana hingga saat ini masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Cawang, Jakarta Timur. Komedian tersebut mengalmi perdarahan otak yang membuatnya tak sadarkan diri.

Dokter akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi. Saat ini, Tukul kondisi Tukul rupanya sudah membaik. Ia sudah mulai bisa merespons lawan bicara dengan gerakan tubuh. 

" Komunikasi sudah kayak misalkan dokter atau perawat datang, 'Mas bagaimana?' Dia begini (isyaratkan oke dengan jempol) maksudnya aman," ujar manajer Tukul, Rizki Kimon saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Cawang, Jakarta Timur, dikutip dari Liputan6.com.

Walaupun hingga kini belum bisa diajak berbicara, pembawa acara tersebut saat ini sudah mulai bisa menggumam. 

Tukul Arwana saat ini sudah berada dalam di ruang inap seiring dengan kondisinya yang membaik. Meskipun begitu, hingga saat Ini Tukul Arwana belum juga boleh dijenguk. 

" Saran dari dokter walaupun sudah pindah di ruang VVIP hanya saja belum boleh dijenguk karena beliau tetap harus istirahat secara intens sebagai penunjang pemulihan beliau supaya lebih cepat (sembuh)," kata Rizki.

2 dari 4 halaman

Ini Penyebab Tukul Alami Pendarahan Otak

Dream - Dokter Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Sardiana, mengungkap kondisi Tukul Arwana saat tiba di rumah sakit. Dia mengatakan, Tukul tiba di rumah sakit dalam kondisi hipertensi.

" Sebenanrnya kondisi pasien, kami terima dalam kondisi hipertensi ya. Itu terdekteksi 200an tensinya. Diperiksa secara lengkap terjadi pendarahan luas 40 cc," kata Sardiana, dikutip dari kanal Youtube Star Story.

Karena Tukul datang dalam kondisi hipertensi, tim dokter PON langsung bertindak cepat dan melakukan operasi.

" Kemungkinan faktor risiko yang menyebabkan terjadinya strok pendarahaan ini adalah hipertensi," ujarnya.

Menurutnya, hipertensi yang dialami Tukul sudah terjadi sejak lama. Karena tidak pernah melakukan medical check up, maka kondisinya tidak diketahui.

" Karena enggak pernah medical check up, jadi tidak diketahui," ungkap Sardiana.

3 dari 4 halaman

Kondisi Tukul Membaik, Ventilator Sudah Dicopot

Dream - Sudah empat hari dirawat di rumah sakit akibat pendarahan otak, kondisi Tukul sudah dikabarkan berangsur membaik. Tukul bahkan sudah tidak menggunakan ventilator oksigen lagi.

" Ventilator sudah lepas, bahkan beliau setelah operasi tanggal 22 September, paginya tanggal 23 sudah copot ventilator karena dia enggak perlu napas bantuan," ujar Risky Kimon dalam tayangan Intens Investigasi.

Tukul juga sudah sadarkan diri usai operasi beberapa waktu lalu. Meski demikian, hingga saat ini Tukul belum bisa diajak bicara. " Hanya kontak mata dan tubuh saja bergerak," ucap dia.

Karena masih dirawat di ICU, ayah tiga anak itu belum bisa dijenguk oleh siapapun. Keluarga pun harus bergantian menjaganya.

" Karena dirawat secara intens tidak bisa dijenguk. Kalau sudah pindah ruangan baru boleh dijenguk," imbuh Risky.

4 dari 4 halaman

Sempat Dikabarkan Meninggal, Begini Kondisi Terbaru Tukul Usai Pendarahan Otak

Dream - Baru-baru ini, muncul kabar jika Tukul Arwana meninggal dunia karena pendarahan otak. Namun sang manajer, Rizky Kimon, membantah kabar tersebut.

" Saya mau klarifikasi beritanya yang Mas Tukul meninggal dunia, itu benar-benar hoaks," ujar Rizky Kimon dalam tayangan Intens Investigasi.

Menurut Kimon, kabar tersebut cukup membuat keluarga Tukul kaget. Sebab, hingga saat ini Tukul masih dalam perawatan di RS Pusat Otak Nasional (PON).

" Karena memang dia masih ini (hidup), masih ada dan beliau masih hidup, masih tahap pemulihan," tegas Rizky Kimon.

Tukul juga masih di ruang ICU dan masih belum bisa dijenguk oleh siapapun.

" Rekan artis pun yang tanya ke saya, belum boleh karena masih di ruang ICU kecuali sudah pindah ke ruang VIP mungkin sudah boleh," tutur Rizky Kimon.

Beri Komentar