Rina Nose Kaget Dilaporkan ke Polisi, Minta Maaf ke Prilly Latuconsina

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 19 Mei 2020 13:21
Rina Nose Kaget Dilaporkan ke Polisi, Minta Maaf ke Prilly Latuconsina
Rina Nose tak tahu Latuconsina nama marga.

Dream - Komedian Rina Nose meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung atas lawakannya karena memplesetkan nama marga Prilly Latuconsina. Diakui Rina, ia awalnya tidak tahu jika Latuconsina merupakan marga.

" Saya secara pribadipun sudah minta maaf langsung sama Prilly dan keluarganya. Dan responsnya luar biasa bijaksana. Mereka sangat paham dengan ini. Saya berterima kasih dan sangat menghargainya," ujar Rina Nose saat dihubungi, Senin, 18 Mei 2020.

Yang Rina ketahui, awalnya nama Latuconsina hanya nama biasa yang disematkan untuk Prilly. Ia tidak tahu Latuconsina merupakan marga bagi orang Ambon.

" Malah saya kira nama belakang Prilly, Latuconsina itu nama bule indo gitu..
Jadi murni dari ketidaktahuan saya, dan kami berdua (Andre Taulany)," ujar Rina.

Soal ia dan Andre yang dilaporkan karena pencemaran nama baik, Rina mengaku syok. Karena memang ia tidak sengaja melakukannya.

" Iya saya juga kaget pas tahu ada teguran soal ini. Diluar dugaan dan pengetahuan saya," ungkapnya.

Kendati begitu Rina siap dipanggil kepolisian jika keterangannya nanti diminta.

" Kami sangat memahami kekecewaan itu, jadi silakan melapor dan kami siap memenuhi panggilan," imbuhnya.

Sebelumnya Ruswan Latuconsina melaporkan Rina Nose dan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan keduanya dalam tayangan talkshow di Net Tv.

1 dari 4 halaman

Andre Taulany dan Rina Nose Dipolisikan Marga Latuconsina

Dream - Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan ke polisi dengan tuduhan melecehkan marga warga Maluku, Latuconsina. Pelaporan ini bermula saat kedua posohor itu membuat plesetan dari nama marga tersebut di program acara sebuah televisi swasta.

Dalam acara itu, Andre dan Rina melesetkan nama Prilly dengan Marga Latuconsina menjadi Latukontruksi dan Latukondangan. Akibat ucapannya terseut, keduanya dilaporkan oleh seorang warga bernama Ruswan Latuconsina.

" Jadi itu kan acara talkshow di NET TV kan pada tanggal 17 itu talkshow Ramadan waktu itu hadir bintang tamu Rina nose itu, dibikin lah Latuconsina itu sebagai lelucon," kata Ruswan Latuconsina saat dihubungi Senin 19 Mei 2020.

 Rina Nose dan Andre Taulany© Rina Nose dan Andre Taulany

Ruswan membuat laporan ke polisi pada Senin 18 Mei 2020 pukul 15: 25 WIB ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan dengan Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP.

Ruswan mengatakan kedua pesohor itu telah melukai hati seluruh keluarga dengan marga Latuconsina. Tindakan mereka tidak dapat diterima karena telah menjadikan marga sebagai bahan olok-olok.

" Marga itu bagi kami sangat sakral banget, intinya semua kampung Maluku itu punya berbagai macam marga, kita punya ukhuwah kemalukuan itu sama," ucapnya.

Jadi lanjut Ruswan laporan kepada Andre Taulany dan Rina Nose tersebut bukan karena nama besar Prilly tapi nama marga mereka yang menjadi bahan olok-olok. Keluarga besar Latuconsina juga sepakat Andre dan Rina diproses secara hukum.

" Kita nggak lihat Prillynya, tapi marga Latuconsina-nya itu loh melukai hati seluruh keluarga besar Latuconsina. Iya dari pihak keluarga dari Ambon juga semua sudah satu suara untuk melaporkan yang bersangkutan," tuturnya.

2 dari 4 halaman

Marganya Dibuat Guyonan Andre dan Rina Nose, Begini Reaksi Prilly Latuconsina

Dream - Prilly Latuconsina mengaku bisa memahami Andre Taulani dan Rina Nose yang membuat marganya sebagai bahan lelucon saat tampil di acara televisi. Menurut dia, Andre dan Rina Nose tidak berniat menghina marganya.

" Kalau aku sendiri, aku sangat mengerti kalau itu memang sebuah candaan dan aku tahu banget, Kak Rina Nose dan Pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek," ujar Prilly Latuconsina saat dihubungi, Senin 18 Mei 2020.

Meski demikian, Prilly menganggap guyonan terkait marga seseorang bisa menjadi bumerang bagi Andre dan Rina. Sebab, bisa jadi banyak orang merasa tersinggung dengan guyonan tersebut.

" Memang Latuconsina itu nama keluarga dan nama keluarga itu kan sakral, marga itu sakral dianggapnya, jadi mungkin ada yang tersinggung dan sebenernya Latuconsina itu bukan satu-satunya marga, ada marga Latu lain jadi mungkin marga Latu lain tersinggung juga," ungkap dia.

3 dari 4 halaman

Sempat Minta Maaf

Prilly mengatakan, Andre dan Rina Nose telah meminta maaf kepadanya. Peristiwa itu memang terjadi saat Prilly menjadi bintang tamu dalam acara yang sama.

" Emang pas ada kejadian itu, aku kebetulan jadi bintang tamunya," tutur dia.

Sebelum kejadian, tambah Prilly, candaan soal marga itu terjadi sebelum dia datang ke acara. Dia tahu peristiwa tersebut dari kru televisi yang menayangkan program tersebut.

" Ya udah akhirnya minta maaf," kata Prilly.

Menurut Prilly, Andre mengaku tidak mengetahui bahwa Latuconsina merupakan marga ayahnya, yang berasal dari Maluku.

" Pak Andre juga ngasih pengertian bahwa sama sekali enggak tahu kalau itu marga," kata dia.

Sehingga, menurut dia, Andre tidak sengaja dan tidak berniat ngeledek.

" Itu hanya candaan aja. Memang tujuannya untuk menghibur dan bukan meledek atau menyinggung perasaan orang," ungkap dia.

4 dari 4 halaman

Candaan Andre dan Rina Nose

Sebelumnya Andre Taulany sempat mengganti nama Prilly Latuconsina lewat candaan.

" Artis artis apa yang diundang selalu datang?” tanya Andre Taulany kepada Rina Nose.

" Ya datanglah kalau diundang," jawab Rona Nose.

Tapi jawaban Rina Nose ternyata salah menurut Andre Taulany. Dia lalu memberikan jawaban yang benar, " Prilly Latukondangan." kata Andre.

Sedangkan Rina membuat candaan lain. " Artis, artis apa yang pada saat tertentu merasa kesakitan? Prilly Latukonstraksi,” ucap istri Josscy Aartsen tersebut.

" Oh melahirkan," kata Andre.

Beri Komentar