Idap Penyakit Langka, Ruben Onsu Trauma usai Berobat di Singapura, Kenapa?

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 27 September 2022 12:23
Idap Penyakit Langka, Ruben Onsu Trauma usai Berobat di Singapura, Kenapa?
Ruben takut karena ini.

Dream - Ruben Onsu masih menjalani serangkaian pengobatan terkait penyakit langka, Empty Sella Syndrome (ESS) yang dia iidap.

Ruben juga masih berkomunikasi dengan salah satu dokter di Singapura yang pernah menanganinnya beberapa waktu lalu untuk memantau kondisinya.

" Jadi dokter dari sana selalu minta update keadaan darahnya seperti apa. Saya harus rujukan lagi ke satu dokter dari hasil kemarin saya cek darah lagi, jadi ada tahap berikutnya," kata Ruben Onsu dilansir dari kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa, 27 September 2022.

Di sisi lain, suami Sarwendah itu mengaku trauma jika darahnya diambil banyak. Sebab, saat berada di Singapura, darahnya pernah diambil 15 botol.

Ruben Onsu© YouTube MOP Channel

" Kadang-kadang sekali diambil darahnya 15 botol, jadi saya trauma juga diambil 15 (botol), kurang lagi dong darah gue, ada rasa khawatir," imbuh dia.

Walau demikian, ayah tiga anak ini hanya bisa pasrah darahnya terus menerus diambil untuk melihat kondisinya. Dia yakin pengobatan yang tengah dijalani itu pasti berdampak baik untuknya.

" Tapi saya yakin kan ya memang salah satunya yang terbaik juga ketika lewat darah. Minimal membaik, tapi saya selalu mengambil hikmah dari apa pun yang lagi saya jalani," ucap Ruben.

1 dari 6 halaman

Belakangan ini, Ruben bahkan sudah menitipkan banyak pesan untuk putranya, Betrand Peto, untuk bisa menjaga kedua adiknya, Thalia dan Thania.

Betrand pun merasa sedih dengan kondisi itu. Apalagi melihat Wendah dan Ruben yang harus bolak balik ke rumah sakit.

" Aku selalu bilang sama Tuhan, Tuhan kalau memang sakitnya bisa dibagi aku mau ikut," kata Betrand Peto sambil menangis dalam tayangan FYP Trans7.

Betrand© youtube

Sebagai kakak, Betrand ikut bertanggung jawab dengan kedua adiknya jika suatu saat kedua orangtuanya sudah tidak ada lagi.

" Tapi Onyo mikir juga buat adik-adik, kalau enggak ada ayah, bunda, cuman ada kita bertiga, kita bisa apa?" katanya.

Putra angkat Ruben Onsu ini mengaku belum siap untuk kehilangan kedua orangtuanya. Apalagi dia dan kedua adiknya masih kecil.

" Selalu bilang gitu sih, maksudnya enggak mau untuk kehilangan ayah bunda," ujarnya sambil menyeka air matanya.

2 dari 6 halaman

Ruben Onsu tengah mengidap penyakit serius yang membuat fisiknya melemah hingga tidak bisa berada di ruangan ber-AC.

Ruben Onsu bahkan mengaku sudah siap jika sewaktu-waktu meninggal dunia. Untuk anak dan istri, kakak Jordi Onsu ini juga sudah menyiapkan harta warisan.

Termasuk untuk tabungan pendidikan ketiga anaknya, Betrand, Thalia, dan Thania, sudah ada hingga kuliah nanti.

ruben onsu© instagram

foto: instagram @ruben_onsu

" Bahkan sebelum saya meninggal pun Betrand hidupnya sudah tenang, saya sudah punya tabungan dia sampai saya enggak ada nanti," kata Ruben Onsu dalam video Tiktok @springkleeeee.

3 dari 6 halaman

Menurut Ruben tabungan pendidikan untuk anak-anaknya sudah sangat cukup. Bahkan mereka bisa memilih mau sekolah dimana.

" Betrand, Thalia, Tania pendidikannya sudah. Tinggal Betrand tunjuk aja dia mau di mana sekolahnya, udah selesai," imbuh Ruben.

Video ini langsung disorot netizen, banyak yang memuji Ruben Onsu yang sangat bertanggung jawab dengan keluarga.

" Emang Ruben Onsu orang tua hebat, kamu orang baik pasti banyak yang mendoakanmu," kata akun retno.alfarezi.

" Ayah yang bertanggung jawab, yang begini ya Allah saya mau," kata akun ratihdoyenk.

" Ayah yang baik bagi anak-anaknya. Hatinya mulia meski BEtrand bukan anak kandung," kata akun lejuise.

4 dari 6 halaman

Ruben Onsu tengah berjuang untuk sembuh melawan penyakit yang diidapnya. Penyakitnya ini cukup menganggu pekerjaannya, suami Sarwendah itu tidak bisa berlama-lama berada di dalam ruangan ber-AC.

" Kenapa gue enggak bisa kena suhu dingin begini? Gue bisa drop. Kemarin ini aku di-MRI ada bercak putih di bagian otak. Ada beberapa tingkat, ada yang enggak kuat suhu dingin, ada yang penglihatannya enggak bisa lama dan harus ditetes matanya," kata Ruben Onsu dalam tayangan FYP Trans 7.

ruben onsu© youtube

foto: youtube Trans7 Ofiicial

Ruben mengungkapkan penyakitnya ini ke publik karena tidak mau dispesialkan saat di lokasi syuting, mulai dari tidak bisa ikut breafing kerja hingga sering berada di luar studio.

5 dari 6 halaman

Apa yang dilakukannya itu semata-mata hanya ingin menjaga agar tidak gampang drop.

" Kalau kedinginan banget, mata jadi burem, pandangan kabur, badan kaku. Aku sudah enggak bisa bergerak badannya, jadi saya harus membuat lingkungan kerja nyaman," tutur Ruben sambil menangis.

Irfan Hakim yang ada di sebelah Ruben Onsu mengaku melihat secara langsung suhu tubuh ayah Betrand Peto itu berbeda di bagian kanan dan kiri.

ruben onsu© youtube

foto youtube Trans 7 Official

" Ruben pernah panggil gue, 'Fan sini deh'. Terus gue pegang dua tangannya. Tahu enggak? Kiri dan kanan suhunya beda. Satu dingin, satu lainnya hangat," ucap Irfan.

6 dari 6 halaman

Presenter kondang itu juga pernah melihat Ruben Onsu hampir ambruk karena kedinginan saat berada di dalam studio.

" Bahkan kadang di panggung dia pegang tangan kita karena mau jatuh. Dia badannya kaku, lemas, penonton enggak ada yang tahu," imbuh Irfan.

Untuk itu, Irfan melihat menjadi Ruben Onsu tidaklah mudah. Banyak beban berat yang dipukul ayah tiga anak ini.

" Jadi Ruben itu nggak mudah, sulit sekali. Gue itu dalam kondisi susah apapun, mikirnya gini. Nggak, Ruben lebih susah, kondisi sakit, Ruben lebih sakit, mumet, Ruben lebih mumet," tutur Irfan.

Beri Komentar