Ayahnya Pilot yang Angkut Harley Dirut Garuda, Devano: Saya Percaya Papa

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 11 Desember 2019 17:24
Ayahnya Pilot yang Angkut Harley Dirut Garuda, Devano: Saya Percaya Papa
Devano percaya ayahnya tidak ikut terlibat.

Dream - Devano Danendra meyakini ayahnya tak melakukan kesalahan apapun dalam kasus dugaan penyelundupan motor Harley Davidson milik mantan direktur utama Ari Askhara. Bagi Devano ayahnya merupakan sosok orang baik, disiplin, dan berjiwa pemimpin. 

Menurut Devano, munculnya nama sang ayah di daftar manifest pesawat itu dalam kapasitasnya sebagai seorang pilot Garuda Indonesia yang hanya menjalankan dari perusahaan.

" Kita juga tahu, semua tahu, kalau pilot itu adalah pekerjaan yang di pesawat, tugasnya bukan cuma nganterin penumpang dengan selamat," kata Devano dikutip Dream dari tayangan youtube KH Infotaiment.

Devano menyatakan menyerahkan masalah sang ayah kepada pihak penegak hukum dan maskapai tempatnya bekerja. Bagi Devano, ayahnya tidak melakukan kesalahan apapun.

 Jadi Pilot Pesawat Garuda, Berapa Gaji Suami Iis Dahlia?

 

" Saya percaya sama papa saya yang ngedidik saya dari kecil dengan baik," imbuh dia.

Disinggung tentang efek dari pemberitaan tentang ayahnya tersebut, anak bungsu Iis Dahlia ini ini mengatakan masalah tersebut merupakan hal senantiasa dia alami. Sebagai pekerja dunia hiburan, pemberitaan miring merupakan hal biasa yang akan dihadapi seorang artis.

" Karena dari kecil kita, saya dari kecil sering ada di depan kamera. Saya juga Alhamdullilah jadi fublic figure, kakak saya fublic figure, jadinya kita sudah terbiasa dengan hal-hal seperti ini," ungkap dia.(sah)

1 dari 4 halaman

Iis Dahlia Benarkan Suaminya Pilot Garuda Berisi Harley Davidson

Dream - Iis Dahlia membenarkan bahwa sang suami, Satrio Dewandono, merupakan pilot pesawat Garuda yang membawa Harley Davidson dan sepeda Brompton yang belakangan ramai diperbincangkan.

" Banyak media yang bertanya kepada saya perihal apakah betul suami saya yang membawa pesawat (Garuda Indonesia) yang dari Toulouse ke Jakarta. Jawabannya, iya," tulis Iis Dahlia dalam Instagram Srory, Minggu 8 Desember 2019.

Pesawat yang muatannya menjadi soal itu merupakan armada baru. Pesawat Airbus 330-900 Neo itu tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 17 November silam. Di dalam pesawat itu terdapat muatan Harley Davidson yang diduga diselundupkan, hingga berbuntut pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Ashkara.

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor flight GA972 tersebut mengangkut 10 kru sesuai dokumen general declaration crew list dan 22 penumpang.

" Dia (Satrio) salah satu crew yang aktif namun jika ada yang ingin ditanyakan lebih dari itu silakan menghubungi pihak yang berwenang dalam hal ini Garuda Indonesia karena bukan kapasistas saya sebagai istri dari suami saya untuk menjawab," kata Iis.

 Iis Dahlia

Dari 22 penumpang, SAW dan LS mengaku sebagai pemilik barang selundupan. SAW adalah nama yang tertera pada claimtag 15 koli yang berisi sparepart motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai.

Sedangkan LS adalah nama yang tertera pada claimtag 3 koli yang berisi 2 unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesoris sepeda.

Pendaratan pesawat tersebut dilakukan di hanggar PT GMF sesuai permohonan izin yang disampaikan pihak Garuda Indonesia kepada Bea Cukai Soekarno Hatta.

2 dari 4 halaman

Berpofesi Pilot Garuda Indonesia, Inikah Gaji Suami Iis Dahlia?

Dream - Suami Iis Dahlia, Satrio Dewandono, menjadi perhatian publik setelah beredar daftar manifest pesawat Airbus terbaru yang didatangkan Garuda Indonesia. Satrio diketahui menjadi pilot dari pesawat yang dikertahui mengangkut sepeda Brompton dan motor Harley Davidson miliki Dirut maskapai pelat merah ini, Ari Askhara.

Iis membenarkan jika suami memang menjadi pilot Airbus A330-900 yang terbang dari Toulouse, Perancis ke Jakarta itu.

" Banyak media yang bertanya kepada saya perihal apakah betul suami saya yang membawa pesawat (Garuda Indonesia) yang dari Toulouse ke Jakarta. Jawabannya, iya," tulis Iis Dahlia dalam Instagram Story, Minggu 8 Desember 2019.

Bagi sebagian orang, menjadi pilot adalah impian besar. Selain bisa melalang buana ke negara lain di dunia, pilot juga mendapatkan penghasilan lumayan. Terlebih lagi jika mereka bekerja di sebuah maskapai penerbangan ternama.

Lalu bagaimana dengan kesejahteraan seorang pilot Garuda Indonesia?

 

Mengutip laman Merdeka.com, gaji pilot Garuda terbilang tinggi. Pilot junior menerima gaji Rp60 juta, sudah termasuk tunjangan. Semakin tinggi jam terbang, gajinya pun akan semakin terbang.

Berbeda cerita untuk seorang pilot senior atau kapten pilot. Keduanya akan mendapatkan gaji sekitar Rp100 juta hingga Rp150 juta. Menakjubkannya lagi, angka kisaran tersebut belum termasuk asuransi personal, tunjangan kesehatan, iuran pensiun, BPJS, kesehatan pensiun, penghargaan masa kerja, penghargaan pensiun dan lost of flying licence.

Satrio sudah lama menjadi pilot. Tak heran dia jadi pilot senior di maskapai pelat merah. Setidaknya, suami Iis sudah menerima gaji Rp100 juta-Rp150 juta. Jumlah ini belum pasti, sebab semakin lama masa kerja dan jam terbangnya maka semakin tinggi pula gaji yang diperolehnya.

3 dari 4 halaman

Komisaris Utama Garuda Bicara Suami Iis Dahlia

Dream - Kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton turut menyeret pilot Garuda A330-900 Neo. Pilot mengaku tidak tahu soal barang-barang ini, namun publik mempertanyakan kebenaran pernyataannya.

Sekadar informasi, pilot yang bertugas itu adalah Satrio Dewandono, suami pedangdut, Iis Dahlia.

Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero), Sahala Lumban Gaol, angkat bicara tentang hal ini.

Dalam siaran Indonesia Lawyer Club “ Garuda Diserempet Moge”, Sahala mengatakan pilot merupakan orang yang menandatangani pernyataan apa saja yang berada di dalam pesawat, baik penumpang maupun kargo. Tapi, kasus ini, barang-barang tersebut dilaporkan sebagai bagasi biasa dan kargonya tidak ada. 

“ Tapi, dalam hal ini, dianggap sebagai bagasi biasa, dilaporkan, dan kargo nil. Jadi, bisa dikatakan (pilotnya) tidak mengetahui,” kata dia kepada presenter ILC, Karni Ilyas, di Jakarta, dikutip Dream, Rabu 11 Desember 2019. 

Sahala mengatakan kecurigaan muncul saat ada pernyataan kargo tak ada, tapi ada 15 kotak yang berisi perintilan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Komite audit yang dibentuk Kementerian BUMN akan menyelidiki sang pilot. Komite ini ingin tahu apakah pilot sudah tahu sebenarnya ada barang bawaan yang dibawa penumpang.

“ Penelitian lebih lanjut akan dilakukan komite audit apakah pilot yang bersangkutan juga mengerti atau mengetahui hal ini, apakah mengerti melanggar hukum atau tidak. Nanti akan kami teliti lebih lanjut,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Dream - Keputusan Menteri BUMN Erick Thohir membebastugaskan I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Askhara dari jabatan Direktur Utama Garuda Indonesia menuai banyak dukungan. Salah satunya dari Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi).

Ketua Umum Ikagi, Zaenal Muttaqin, mengatakan selama ini Ari dikenal sebagai sosok bermasalah. Menurut dia, Ari kerap membuat kebijakan kontroversial.

" Selama ini kinerja Ari Askhara di Garuda selalu kontroversi," kata Zaenal, dikutip dari 

Tidak jarang kebijakan Ari merugikan banyak pihak. Tidak hanya kepada pihak luar seperti penumpang dan masyarakat namun juga di internal mulai dari karyawan, perusahaan hingga anak perusahaan.

Menurut Zaenal, Ari juga memberikan perlakuan tidak adil pada karyawan dan awak kabin yang tergabung dalam Ikagi. Seperti penghentian iuran anggota, mempersulit Perjanjian Kerja Bersama, melarang terbang para pengurus serikat pekerja, hingga melakukan PHK tanda dasar.

Meski begitu, Zaenal mengakui langkah pemecatan Ari belum menyelesaikan masalah di internal Garuda Indonesia. Sebab, banyak petinggi maskapai pelat merah itu yang juga melakukan perbuatan seperti Ari.

" Masih banyak jajaran direksi yang berupaya melakukan hal sama seperti Ari Askhara," ucap dia.

Lebih lanjut, Zaenal berharap pengganti Ari memiliki kinerja yang jauh lebih baik. Juga memberikan perhatian lebih kepada kesejahteraan karyawan dan melindungi hak-hak para pekerja yang selama ini dilanggar.

" Kami berharap pimpinan direksi baru nanti bisa menghentikan serikat pekerja tandingan yang dibentuk secara ilegal tanpa dasar hukum yang sah," ucap dia.

Sumber: /Anisyah Al Faqir.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya