Pendapatan Terus Merosot, Ruben Onsu Pecat 2.500 Karyawan

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 3 Juni 2020 13:23
Pendapatan Terus Merosot, Ruben Onsu Pecat 2.500 Karyawan
"Kalau keadaan kita tidak berkembang, akan ada kemungkinan berkurang lagi ya pasti karena kita enggak bisa melawan. Ini ombak lagi kenceng banget," kata Ruben.

Dream - Ruben Onsu mengatakan bahwa bisnis kulinernya benar-benar terganggu oleh pandemi Covid-19. Dia bahkan mengaku pendapatannya merosot tajam dalam beberapa bulan terakhir

" Terganggu banget, kegesek. Udah semualah segala macam, keseret-seret, dada nyesek semualah," kata Ruben Onsu dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Billy Syahputra.

Untuk menutupi biaya produksi, suami Sarwendah itu bahkan harus mengurangi jumlah karyawan. Tak tanggung-tanggung, dia merumahkan 2.500 karyawan agar usahanya tetap bisa berjalan.

" Makanya dari 6.000 karyawan gue, 2.500 yang sudah gue rumahkan," ungkap dia.

 ben© Youtube

Meski begitu, Ruben mengaku tetap memenuhi hak-hak karyawan yang dirumahkan. Dia tetap memberikan pesangon dan tunjangan hari raya alias THR.

" Itu kompensasinya gue kasih satu bulan gaji plus satu bulan THR. Karena menurut guea, mereka bisa nafas dua bulan nih, mereka bisa cari-cari lagi," kata dia.

Jika kondisi tidak kunjung membaik, tidak menutup  kemungkinan Ruben bakal kembali merumahkan karyawan.

" Sekarang 4.000 karyawan tersisa masih aktif. Tapi kalau keadaan kita tidak berkembang, akan ada kemungkinan berkurang lagi ya pasti karena kita enggak bisa melawan. Ini ombak lagi kenceng banget," kata Ruben.

1 dari 4 halaman

Tangis Sarwendah Pecah Melihat Ruben Onsu Pikirkan Nasib 6500 Pegawai

Dream - Dampak wabah virus corona tidak hanya dirasakan masyarakat dari kalangan biasa. Para selebriti yang memiliki bisnis juga turut merasakan dampak dari pandemik Covid-19 yang menyebabkan pemasukannya berkurang. Yang lebih menyedihkan mereka sedih membayangkan nasib para pekerjaannya.

Pengalaman pahit inilah yang sedang dirasakan Ruben Onsu. Artis dan presenter yang memiliki bisnis kuliner dengan jaringan yang sudah melebar ke Indonesia, bahkan dunia, ini sedih memikirkan nasib perusahaannya.

Namun yang lebih membuar suami Sarwendah ini sedih adalah nasib ribuan pegawai yang selama ini menjalankan bisnis restoran ayam terkenalnay itu. Ruben kebingungan mencari cara membayar gaji karyawannya karena berkurangnya pemasukan.

" Bagaimana ya kapalku bisa berjalan? Awak kapal yang ikut 6500 karyawan sat ini. Kenapa Tuhan kasih tangan aku cuma 2 ya?" keluh Ruben kepada Sarwendah dikuitp dari chanel youtube The Onsu Family.

 

2 dari 4 halaman

Ruben mengaku khawatir penutupan bisnis restorannya hanya akan memyebabkan ribuan karyawannya menjadi pengangguran. Dia semakin cemas jika manakal memikirkan banyak pengangguran yang akhirnya mencari jalan singkat dengan melakukan kejahatan. 

" Tapi yang aku pusingin dan kepikiran lalu gak bisa... adalah melihat pengangguran akan semakin banyak akan meningkatkan kejahatan," kata Ruben lagi.

Keluh kesah suami itu membuat Sarwendah sesaat merasa salut dengan perjuangan Ruben. Disaat sedang dilanda kesusahan, Ruben masih memikirkan nasib ribuan karyawannya.

" Disitu saya tidak bisa berbicara apa apa lagi pikirannya panjang sekali. Bahkan dia tidak pernah memikirkan perutnya saja," ucap Wendah. 

3 dari 4 halaman

Ibu dua orang putri dan seorang anak angkat itu semakin sedih karena mengetahui jelas upaya Ruben memutar otak agar bisnis restorannya tetap berjalan. Ruben kini mulai aktif melakukan promosi bisnis rumah makannya secara online.

" Aku melihat padahal perut dia udah kenyang sekali tapi dia tetap but IGTV untuk promosikan produknya Dengan senyumnya kalau saya liatin dia hanya bilang 'doakan doakan dong bun please'," ucap Ruben.

Namun mantan personil Cherrybelle ini semakin tak kuasa menahan haru dan meneteskan air air mata saat setiap hari melihat perjuangan Ruben. Suaminya berusaha keras agar bisnis restorannya tak sampai ditutup.

" Disitu wajah saya senyum tapi hati saya menangis," tutur Wendah.

(Sah, Youtube The Onsu Family)

4 dari 4 halaman

Ruben Onsu Menangis Baca Surat Sarwendah

Dream - Ruben Onsu menangis saat membaca surat sang istri, Sarwendah, yang terus memikirkannya dalam mengurus bisnis yang sedang mengalami kesulitan. Dia mengatakan, saat kondisi susah, hanya Sarwendah yang menjadi tempat mencurahkan hatinya.

" Jadi gini, mungkin tulisan ini karena saya enggak ada siapa-siapa lagi, saya ceritanya sama istri saya yang menjadi teman diskusi saya. Saya yakin ada orang lain yang lebih dari saya ceritanya,"  kata Ruben Onsu dalam video YouTube.

Ruben memang sedang mengalami kesulitan. Bisnisnya terganggu akibat pandemi virus corona. Dia sedang kelabakan memikirkan gaji 6.500 anak buah yang bekerja kepadanya. Melalui sepucuk surat itulah Sarwendah mengkhawatirkan Ruben Onsu.

Menurut Ruben, tabungannya memang cukup untuk membiayai keluarga, bahkan hingga menguliahkan anak-anaknya. Namun untuk terus menggaji 6.500 pegawai di tengah ekobomi yang terus memburuk seperti sekarang ini, Ruben agak kerepotan. Bisnisnya memang turun drastis.

" Saya mah untuk perut saya, istri saya, dan anak-anak saya, Thalia kuliah, Sinyo kuliah, amanlah gitu istilahnya. Tapi kan buat saya, untuk saya yang punya beberapa kapal penumpang, yang banyak karyawannya, ini menjadi tidak semudah itu," kata dia.

Ruben tak memungkiri saban hari terus memikirkan caranya agar tetap bisa menggaji 6.500 karyawannya. Sebab, dia belum tahu sampai kapan pandemi corona ini bakal berakhir dan bisnisnya bangkit kembali.

Walau demikian, ayah tiga anak itu tetap berterima kasih kepada sang istri, karena selalu mendampinginya disaat suka maupun duka. " Terima kasih untuk cinta tulus kamu. Terkadang aku terlalu bawel, tapi kamu diam aja. Apa yang aku lakukan ini terbaik untuk anak-anak," tutur Ruben.

Beri Komentar