BJ Habibie Bikin Shireen Sungkar Menyesal

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 11 September 2019 19:53
BJ Habibie Bikin Shireen Sungkar Menyesal
Kenapa?

Dream - Shireen Sungkar ikut berduka meninggalnya BJ Habibie. Shireen yang cukup kedekatan dengan BJ Habibie lewat sinetron Cinta Fitri itu merasa menyesal, karena selama Presiden ke-3 dirawat di rumah sakit, belum sempat menjenguk.

" Nyesel aja karena belum pernah menjenguk," ujar Shireen saat dihubungi, Rabu 11 September 2019.

Padahal istri Teuku Wisnu itu berencana menjenguk BJ Habibie dalam waktu dekat ini. Namun, kunjungan tamu membesuk dibatasi, mengingat kesehatannya terus menurun. 

" Baru bilang sama yang lain mau jenguk, cuma kan emang nggak bisa dijenguk. Sudah lama ingin ketemu," katanya.

Yang pasti Shireen tidak akan bisa melupakan kebaikan bapak teknologi Indonesia itu. Karena baginya, BJ Habibie merupakan sosok yang sangat rendah hati.

" Beliau down to earth banget, baik banget, setelah bu Ainun meninggal dia cerita ibu terus," ungkapnya.

1 dari 4 halaman

Kisah Tanah Kosong di Samping Makam Ainun

Dream – Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Kuningan, Jakarta.

Lalu, di manakah Habibie akan dimakamkan?

Ada kemungkinan Habibie akan dimakamkan di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Mendiang istri dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata.

 

  Ada lahan kosong di samping makan Hasri Ainun Habibie (yang ada vas bunga)

 

Di antara makam Ainun dan Widjojo, ada lahan makan yang telah dipesan khusus. Siapakah gerangan yang nantinya akan dimakamkan di sana?

Ternyata, pemesannya adalah Habibie.

“ Pak Habibie ingin dekat dengan makam istrinya,” kata pengurus lahan TMP Kalibata, Lani, kepada Dream, pada 4 Juni 2015.

2 dari 4 halaman

Dipesan Sendiri

Wakil Kepala Bagian Kantor TMP Kalibata ini mengatakan lahan kosong tersebut dipesan sendiri oleh Habibie. Sebagai mantan presiden, Habibie memang berhak menentukan sendiri di mana dia akan dimakamkan.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Lahan kosong tersebut sengaja dipilihnya, sebagai perwujudan cinta sejatinya kepada wanita pujaannya. Rasa cinta Habibie itu juga tertuang dalam sajak untuk mengenang sang pujaan hati.

Sekadar informasi, lokasi makam Ainun terletak di beberapa pusara tokoh besar nasional. Makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution berada di sisi utara Ainun. Sisi barat, ada makam diplomat ulung mantan Menteri Luar Negeri era orde baru, Ali Alatas.

3 dari 4 halaman

BJ Habibie Wafat, Putra Bungsu: `Jantungnya Berhenti Beraktivitas`

Dream - Kabar duka menyelimuti bangsa Indoensia, Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia hari ini, Rabu, 11 September 2019, sekitar pukul 18.03 WIB.

" Saya harus menyampaikan ini, bahwa ayah saya, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Thareq menjelaskan, salah satu penyebab " Bapak Teknologi Indonesia" itu berpulang yakni karena penyakit jantung yang diidapnya.

" Jantungnya sudah berhenti beraktivitas," ungkapnya. 

Menurut Thraeq, kondisi sang ayah memang terus menurun karena usianya yang sudah sepuh. Namun, Habibie masih tetap menjalani aktivitas yang sangat banyak.

" Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," ujarnya

Thareq yang mendampingi sang ayah jelang akhir hidupnya menceritakan jika organ-organ dalam tubuh Sang Presiden melemah dan menjadi tidak kuat lagi.

" Pukul 18.05 jantungnya dengan sendirinya menyerah sampai titik akhir," kata dia.(Sah)

 

4 dari 4 halaman

Mr Crack, Julukan BJ Habibie dari Temuan yang Disanjung Dunia

Dream - Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dikenal sebagai seorang ilmuwan terkemuka. Sejak muncul, dia kerap disapa sebagai Eyang Habibie.

Tapi, bagi dunia ilmu pengetahuan dan penerbangan, BJ Habibie yang meninggal dunia hari ini, Rabu, 11 September 2019 punya julukan istimewa, Mr.Crack.

Julukan ini berasal dari temuan Habibie saat mempelajari fenomena kelelahan (fatigue) pada konstruksi pesawat. Dari temuan itu, Habibie mencetuskan rumus keretakan (crack progession on random).

Rumus terkemua itu dinamakan Faktor Habibie. Di laman Quora, seorang mahasiswa di Pantheon-Assas Paris II University, Deks Dean mengatakan teori yang ditemukan Habibie menjadi bahan rujukan ilmuwan aerodinamika dunia.

" Dia bekerja pada banyak teorema yang akan berkontribusi pada aturan umum tentang teori perambatan retak," tulis Dean.

Teori yang dikembangkan Habibie ini juga kerap dikaitkan dengan teori Mekanika Fraktur yang dibuat ilmuwan asal Brown Univerisy James R.Rice dari Amerika Serikat (AS) dan GP Cherepanov dari Rusia mengenai teori deformasi.

Faktor Habibie juga berperan dalam pengembangan teknologi pengembangan bagian badan pesawat per bagian.

Hubungan badan pesawat silindris dengan sayap samping yang berbentuk oval dan kemampuan menahan tekanan udara saat lepas landas.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham