11 Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan Fisik yang Ampuh

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 12 September 2019 10:24
11 Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan Fisik yang Ampuh
Ingin mengecilkan perut buncit, tapi bingung bagaimana caranya? Ini dia latihan fisik yang akan membuat perut buncitmu mengecil.

Dream - Untuk menurunkan berat badan, tidak cukup dengan mengurangi konsumsi makanan saja. Begitu pula dengan kiat mengecilkan perut yang buncit.

Mengatur pola makan harus diikuti dengan olahraga atau latihan fisik yang sesuai untuk mengecilkan perut.

Memiliki perut yang buncit kadang membuat kita merasa kurang percaya diri. Terlebih ketika mengenakan pakaian yang kita sukai dan membuat perut kita tampak lebih menonjol. Duh, bikin sebal nggak sih?

Tapi tenang saja Sahabat Dream, untuk mendapatkan ukuran perut yang ideal dan tidak buncit sebenarnya mudah. Asalkan kita konsisten dan rajin berolahraga.

Nah, untuk Sahabat Dream yang bingung untuk memilih jenis olahraga atau latihan apa yang cocok, berikut 11 cara mengecilkan perut dengan latihan fisik yang mudah, aman dan ampuh.

Tapi jangan lupa untuk terus konsisten melalukan latihan fisik ini, ya:

1 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan Squat dan Boat

1. Squat

Squat merupakan salah satu latihan fisik yang berfokus pada kekuatan kaki. Di sisi lain, squat juga dapat mempengaruhi otot perut.

Latihan fisik ini akan membuat otot perut menahan dan tegang saat berada pada posisi jongkok. Otot perut juga mengambil bagian untuk menjaga tubuh tetap seimbang.

 Cara Mengecilkan Perut


Kita bisa melakukan latihan squat ini dengan menggabungkan beberapa jenis squat, untuk melatih otot perut dan membakar lemak di bagian perut.

2. Boat

Posisi kapal atau boat, juga efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Posisikan tubuh seperti kapal, dan lakukan gerakan maju mundur dalam posisi tersebut. Gerakan ini akan membuat otot perut merenggang dan menegang.


Tidak hanya ampuh mengecilkan perut saja, latihan fisik yang satu ini juga sangat baik untuk melatih bagian bawah tengah tubuh. Lakukan gerakan ini dengan menahan posisi kapal selama kurang lebih 20 detik dan ulangi gerakan hingga 3 menit.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan

3. Reverse Crunch

Latihan fisik selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan perut ialah reverse crunch, yang menargetkan latihan pada bagian perut. Latihan ini memiliki banyak variasi, dan semuanya sama-sama berfokus pada otot perut.

Cara melakukan latihan ini bisa dengan menelentangkan tubuh dan mengangkat bagian perut ke atas. Lakukan latihan ini dengan 3 set dengan 10 repetisi terlebih dahulu, lalu tingkatkan menjadi 3 set dengan 25 repetisi.


4. Plank

 Cara Mengecilkan Perut


Latihan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Plank merupakan latihan fisik yang mampu memperkuat otot perut, tidak hanya mengecilkannya saja. Dengan gerakan plank, otot perut bagian atas akan menahan posisi.

Mulai dengan latihan plank 20 posisi yang berbeda, di mana masing-masing posisi dilakukan selama kurang lebih 3 menit. Jadi, total untuk latihan plank ialah 60 menit. Namun, waktu bisa diatur dengan ketahanan tubuh masing-masing.
 

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan

5. V Sit Up

Gerakan untuk latihan ini, cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Latihan V Sit Up tidak hanya baik untuk mengecilkan perut buncit, tapi juga baik untuk membakar kalori perut yang akan menunjang hasil bentuk perut yang diinginkan.

 Cara Mengecilkan Perut


Cara melakukan latihan ini, dimulai dengan membungkukan badan terlentang. Lalu angkat kaki dan tangan hingga tubuh membentuk huruf V. Tahan posisi ini selama beberapa menit, lalu gerakan kaki dan tangan naik turun seperti sit up.

6. Standing Oblique Twist

Gerakan pada latihan ini kerap kita temui di latihan yoga atau aerobik. Latihan ini sangat baik untuk membentuk perut yang ramping dan kecil.

Cara melakukan latihan ini cukup dengan dudu di atas matras dan memiringkan badan ke salah satu sisi, dan melipat kaki ke arah yang berlawanan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan

7. Latihan Superman

Latihan fisik untuk mengecilkan perut selanjutnya ialah dengan melakukan latihan superman, yaitu latihan yang akan membantu mengencangkan otot perut dan membuatnya tampak langsing. Untuk melakukan latihan ini, kita membutuhkan alat bantu peraga seperti besi seperti gambar ini.

 Cara Mengecilkan Perut


Lakukan gerakan seperti di gambar selama 30 detik hingga 3 menit, lalu ulangi gerakan tersebut.

8. Speed Walking

Cara mengecilkan perut yang selanjutnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan di mana saja, yaitu jalan cepat atau speed walking. Berjalan cepat menjadi salah satu cara yang dapat membakar kalori dengan baik, terutama kalori dan lemak di perut.

Lakukan latihan ini dengan waktu 60 menit setiap minggunya, dan pembagian waktunya bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dengan Latihan Rutin

9. Abdominal Realignment

Latihan ini termasuk dalam latihan mengecilkan perut yang sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan merenggangkan tangan dan tubuh seperti relaksasi mengambil napas. Latihan ini akan membuat otot perut rileks dan memperbaiki postur tubuh.


10. Deadlift

 Cara Mengecilkan Perut


Angkat beban atau deadlift tidak hanya baik untuk membesarkan otot lengan saja, tapi juga sangat efektif untuk mengecilkan otot perut. Untuk melakukan latihan ini, jangan lupa untuk mendapat pendampingan, terutama bagi pemula.

11. Flutter Kicks

Latihan ini berupa gerakan tendangan yang melatih otot perut dan ampuh untuk membakar lemak. Berbeda dengan tendangan pada Thai Boxing, lakukan gerakan tendangan ini dengan duduk di matras, dan mengarahkan tendangan kaki menekuk ke belakang dan arahkan kepal dan tubuh melengkung ke belakang.

 Cara Mengecilkan Perut


Menahan posisi tersebut untuk beberapa waktu akan membuat otot di bagian perut menegang dan meregang sehingga baik untuk mengecilkan perut buncit. (ism, Sumber: Fitness Engage)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen