3 Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 13 Oktober 2022 11:00
3 Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan
Berikut 3 doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu panjatkan untuk menyempurnakan amalan sunnahmu.

Dream – Mengerjakan sholat fardhu lima waktu merupakan kewajiban umat Islam yang tak boleh ditinggalkan. Jika amalan wajib ini sudah menjadi kebiasaan, maka naikkan derajat ibadahmu dengan menjalankan sholat sunnah. Salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan setiap hari adalah sholat dhuha.

Tata cara sholat dhuha di antaranya adalah dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit sampai 15 menit sebelum masuk waktu dhuhur. Sholat dhuha dilaksanakan salah satunya untuk memohon agar dilancarkan rezekinya oleh Allah Swt.

Setelah sholat dhuha usai, umat islam dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa pembuka pintu rezeki. Banyak doa setelah sholat dhuha yang bisa dipanjatkan. Doa-doa ini telah diajarkan oleh para ulama Muslim.

Berikut 3 doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu panjatkan agar dimudahkan dalam segala urusan:

1 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha Riwayat Imam Nasa’i

Doa setelah sholat dhuha yang pertama seperti diriwayatkan An Nasa’i dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Rasulullah SAW telah sholat dhuha, kemudian beliau bersabda (dengan doa):

‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Allahummaghfirli wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah aku dan maafkan lah aku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun).”

Rasulullah Saw mengucapkan doa tersebut sampai seratus kali.

2 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha yang Paling Umum

Tak hanya itu, dalam al Targhib wa al Tarhib karya Al Mundziri, doa setelah sholat dhuha seperti di bawah ini:

للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuhaa'a dhuhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wa quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmata 'ishmatuka. Allahumma in kaana rizqii fis samaa 'i fa anzilhu wain kaana fil ardhi fa akhrijhu wa in kaana mu'siran fa yassirhu wain kaana haraaman fa thahhrihu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bihaqqi dhuhaa 'ika wa bahaa 'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika aatinii maa aataita bihi 'ibaadakash shaalihiin.

Artinya:

" Ya Allah, sesunguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, semua keagungan adalah keagungan-Mu, semua keindahan adalah keindahan-Mu, semua perlindungan adalah perlindungan-Mu, dan semua kekuatan adalah kekuatan-Mu. Ya Allah, jika rezeki hambaMu ini ada di langit, turunkan lah, jika (tertanam) di dalam bumi, keluarkan lah, jika rezeki itu sulit dirahi, mudahkan lah, jika haram, sucikanlah, dan jika masih jauh, dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Dan karuniakan lah kepada hamba-Mu ini (rezeki) yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-hambaMu yang saleh."

3 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha untuk Mohon Ampun

Memanjatkan doa setelah sholat dhuha bertujuan agar dimudahkan rezekinya sekaligus untuk memohon ampunan. Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha untuk memohon ampunan kepada Allah SWT:

اَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ، أَصْبَحْتُ عَبْدَكَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ، خَلَقْتَنِيْ وَلَمْ أَكُ شَيْئاً، اَسْتَغْفِرُكَ لِدِيْنِيْ، فَإِنَّهُ قَدْ اَرْهَقَتْنِيْ ذُنُوْبِيْ، وَ أَحَاطَتْ بِيْ، إِلاَّ أَنْ تَغْفِرَهَا، فَاغْفِرْهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma lakal hamdu, ashbahtu 'abdaka 'ala ahdika wa wa'dika kholaqtani wa lam aku syaia, astaghfiruka lidini fa innahu qod arhaqotni dzunubi wa ahathot bi illa taghfirha faghfirha ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Aku memasuki waktu pagi sebagai hamba-Mu untuk memenuhi janji-janji-Mu. Engkau menciptakan aku sementara aku bukan apa-apa. Aku memohon ampunan kepada-Mu untuk agamaku, sesungguhnya dosa-dosaku telah membebaniku dan telah meliputiku kecuali Engkau memaafkannya, maka maafkanlah wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang."

4 dari 5 halaman

Keutamaan Doa setelah Sholat Dhuha

Setelah mengerjakan sholat dhuha, sahabat Dream sebaiknya melanjutkan dengan membaca doa. Di mana doa-doa tersebut memiliki keutamaan yang sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Berikut adalah adalah beberapa keutamaan doa setelah sholat dhuha yang perlu kamu ketahui:

Investasi Amal Cadangan

Keutamaan doa setelah sholat dhuha yang pertama adalah sebagai investasi amal cadangan. Di mana sholat tersebut tidak hanya sebagai amalan yang bisa mendatangkan kebaikan di dunia saja, tetapi juga di akhirat kelak.

Mendapat Keuntungan di Dunia dan Akhirat

Keutamaan yang kedua adalah mendapatkan keuntungan di dunia dan akhirat. Di mana dalam doa tersebut, sahabat Dream memohon keselamatan dan ampunan kepada Allah SWT. Keselamatan dan ampunan tersebut akan diberikan Allah SWT selama hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Setiap manusia yang hidup di dunia itu tentu memerlukan berbagai kebutuhan. Baik itu berupa makanan, kesehatan, dan sebagainya. Hal itu bisa sahabat Dream dapatkan dengan berusaha dan juga menjalankan apa yang dianjurkan dalam Islam, yakni mengerjakan sholat sunah dhuha. Janji Allah SWT ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholat dhuha) empat rakaat, maka aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari.” (HR. Tirmidzi).

Diampuni Dosa-dosanya

Keutamaan yang berikutnya adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT meski dosa itu sebanyak buih yang ada di lautan. Mengingat bahwa manusia tidaklah ada yang luput dari dosa selama hidup di dunia ini. Oleh karena itu, sebagai hamba Allah SWT, sudah sebaiknya memohon ampun kepada Allah SWT yang salah satunya melalui sholat dhuha. Seperti halnya dijelaskan dalam hadis berikut:

Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Pahala Haji dan Umrah

Keutamaan dari membaca doa setelah sholat dhuha adalah mendapatkan pahala haji dan umrah. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat shuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (HR. Tirmidzi).

5 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat Sholat Dhuha

Bagi sahabat Dream yang hendak menjalankan sholat dhuha, maka penting untuk mengetahui waktu yang tepat dalam menjalankannya. Sholat sunah ini dimulai sejak terbitnya matahari sampai condong ke barat. Waktu pelaksanaan sholat dhuha pun terbagi menjadi dua sebagai berikut:

Awal Waktu Sholat Dhuha

Awal waktu sholat dhuha dimulai 20 menit setelah matahari terbit. Hal ini disesuaikan dengan penjelasan hadis oleh ‘Amr bin ‘Abbash berikut:

Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim).

Akhir Waktu Sholat Dhuha

Akhir waktu sholat dhuha adalah 15 menit sebelum masuknya waktu sholat dhuhur. Tetapi akan lebih baik jika sahabat Dream mengerjakan sholat dhuha pada akhir atau seperempat siang. Yakni saat kondisinya semakin panas. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam berikut:

Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, ‘Sholat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.” (HR. Muslim)

Itulah 3 doa setelah sholat dhuha yang bisa dipanjatkan untuk memohon kepada Allah Swt agar dilancarkan rezeki dan urusannya di dunia. Semoga dengan rajin sholat dhuha dan mengamalkan doa-doanya, kita semua diberikan kemudahan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Amin!

Beri Komentar