6 Manfaat Back Up Olahraga yang Efektif Melatih Otot hingga Perbaiki Postur Tubuh

Reporter : Arini Saadah
Senin, 21 Maret 2022 12:00
6 Manfaat Back Up Olahraga yang Efektif Melatih Otot hingga Perbaiki Postur Tubuh
Manfaat back up olahraga bisa menjadi latihan yang bagus untuk otot-otot tubuh, terutama otot pada tulang belakang.

Dream – Olahraga merupakan salah satu upaya agar tubuh tetap sehat dan bugar. Semakin sering dan rutin digerakkan, otot-otot pada tubuh akan semakin lentur dan kuat sehingga meminimalisir terjadinya cedera.

Kini olahraga tak perlu dilakukan di luar rumah. Karena dengan di dalam kamar pun, Sahabat Dream tetap bisa berolahraga dan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Banyak sekali jenis dan gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya adalah back up. Gerakan back up olahraga merupakan salah satu jenis latihan yang mudah dan efektif bagi otot punggung bawah, bokong, paha belakang, dan perut. Olahraga back up dilakukan dengan posisi tubuh telungkup dengan kaki yang membentang lurus dan rapat ke belakang.

Ternyata manfaat back up olahraga bisa menjadi latihan yang bagus untuk otot-otot tubuh, terutama otot pada tulang belakang. Manfaat back up olahraga untuk melatih otot akan sangat berdampak pada kesehatan jika dilakukan secara benar dan tepat.

Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan manfaat back up olahraga dan cara melakukannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Back up Olahraga

Manfaat back up olahraga yang bisa melatih kekuatan otot tubuh. Jika rutin dilakukan akan memberikan dampak yang luar biasa bagi tubuh kamu. Berikut manfaat back up olahraga yang penting untuk diketahui bersama.

1. Menguatkan tulang belakang

Manfaat back up olahraga dapat memperkuat otot erector spinae yang memberikan dukungan untuk tulang belakang. Semakin sering melakukan gerakan back up, maka tulang belakangmu juga akan semakin kuat dan terhindar dari osteoporosis.

2. Melatih Otot-otot Penting

Tak hanya memperkuat otot erector spinae pada tulang belakang, manfaat back up olahraga juga akan melatih otot-otot penting lainnya, seperti otot punggung atas dan bahu, otot perut, otot pada bokong dan otot paha belakang.

3. Kaki dan Bokong Lebih Kuat

Kemudian, rutin melakukan gerakan back up juga akan menjadikan otot kaki dan bokong menjadi lebih kuat. Karena gerakan ini adalah salah satu olahraga untuk melatih otot glutes dan paha belakang.

2 dari 3 halaman

4. Meminimalisir Cedera

Jika kamu rajin melakukan gerakan back up, maka bukan tidak mungkin kamu akan terhindar dari cedera saat beraktivitas berat. Sebab otot intimu menjadi kuat dan berperan penting mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah.

Manfaat gerakan back up ini tentu saja akan mencegah rasa sakit atau cedera pada area punggung bagian bawah berkat otot inti yang kuat tersebut.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat back up olahraga yang bisa memperbaiki postur tubuh. Banyak kasus tulang belakang yang tidak kuat akan membuat tubuh bungkuk atau kifosis.

Hal ini karena otot punggung tidak kuat sebab jarang dilatih. Manfaat back up bisa mencegah kelengkungan postur tubuh yang buruk dan berbagai bentuk ketidaknyamanan lainnya.

6. Gampang Dilakukan di Rumah

Tak butuh peralatan olahraga, gerakan back up bisa kamu lakukan di mana saja tanpa peralatan latihan khusus. Bahkan saat di kamar pun kamu bisa melakukannya dengan mudah. Maka tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga ya, Sahabat Dream.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Gerakan Back up yang Tepat

Manfaat back up olahraga untuk melatih otot ini akan efektif jika dilakukan dengan tepat. Gerakan back up yang salah justru bisa menimbulkan cedera.

Berikut tata cara melakukan gerakan back up yang tepat:

  • Berbaring dengan posisi tengkurap.
  • Kedua tangan di belakang kepala.
  • Luruskan dan rapatkan kaki ke belakang.
  • Posisi leher netral, artinya kamu masih bisa melihat ke bawah namun pandangan tetap ke depan.
  • Angkat tubuh atas (sekitar perut sampai kepala) naik, kemudian turunkan secara perlahan ke arah lantai.
  • Sedangkan posisi kaki tetap menyentuh lantai.
  • Atur napas saat bagian tubuh atas bergerak naik dan turun.
  • Lakukan 2 set masing-masing 12-20 pengulangan.
  • Lakukan gerakan back up secara perlahan dan fokus untuk mempertahankan posisi yang benar.
  • Jangan terburu-buru dan salah melakukan gerakannya.
Beri Komentar