Angka Perceraian Tinggi, Indonesia Adakan Kursus Pernikahan

Reporter : Eko Huda S
Senin, 9 November 2015 10:40
Angka Perceraian Tinggi, Indonesia Adakan Kursus Pernikahan
"Ke depan, kita akan mengadakan Kursus Persiapan Pernikahan. Jadi yang hendak nikah, harus mempunyai sertifikan nikah," kata Lukman.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengaku prihatin dengan terus meningkatnya angka perceraian dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, Lukman berencana mengadakan kursus persiapan pernikahan kepada para calon pengantin di Indonesia.

" Ke depan, kita akan mengadakan Kursus Persiapan Pernikahan. Jadi yang hendak nikah, harus mempunyai sertifikat nikah," kata Lukman sebagaimana dikutip Dream dari laman resmi Kementerian Agama, Senin 9 November 2015.

Lukman tak menyebut berapa jumlah kasus perceraian di Tanah Air. Dia juga tak menjelaskan seberapa tinggi peningkatan kasus perceraian dari tahun ke tahun. Namun yang jelas, laju perceraian yang sudah memprihatikna itu harus dicegah, salah satunya dengan kursus ini.

" Kursus ini bisa diselenggarakan oleh siapa saja, dengan catatan, kurikulum, silabi dan materinya sesuai aturan. Ke depan, lak-laki harus tahu fungsi suami dan perempuan paham fungsi istri," tambah Lukman saat berpidato dalam pembukaan kegiatan Bahsul Masail, Istighasah, dan Pengajian Akbar Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) di Berjan, Purworejo, Jawa Tengah.

Dia mengusulkan agar forum Bahtsul Masail Jatman ikut mengkaji kesiapan pernikahan. Menurutnya, Kementerian Agama sedang serius membenahi pernikahan, khususnya terkait dengan kesiapan pasangan yang akan menikah.

Selain tingginya angka perceraian, Lukman juga khawatir dengan fenomena pernikahan sejenis yang dilegalkan di beberapa negara. OLeh karena it, Lukman berharap para kiai melakukan sesuatu agar pernikahan sejenis yang dilarang oleh semua agama tidak terjadi di Indonesia. (Ism)  Baca Juga: 10 Tindakan Suami yang Durhaka kepada Istri Suami Sembunyikan Istri Kedua di Garasi Rumah Istri Pertama Heboh Pesta Pernikahan Pengantin Wanita Jatuh dan Koma Tak Perawan, Pengantin Wanita Tewas Dilempar dari Lantai 4 Menikah Lagi, Pria Ceraikan Istri Lewat WhatsApp Kasus Aneh, Istri Diadili karena Perkosa Suami Profesor Ekonomi Usulkan Pria Bergaji Pas-pasan Berbagi Istri Dianggap Pembawa Sial, Istri Dicerai Dua Hari Setelah Nikah Kirim Foto Vulgar, Chelsea Terancam Dicerai Suami Murka Diselingkuhi, Istri Hancurkan Mobil Mewah Suami Istri Dicerai Suami Gara-gara Pesawat Delay Syarat Pernikahan Unik, Mempelai Dilarang Main Instagram

Beri Komentar