Argumentasi Adalah Garis Penalaran untuk Buktikan Suatu Hal, Ini Ciri-Ciri dan Komponennya

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 4 Oktober 2022 15:35
Argumentasi Adalah Garis Penalaran untuk Buktikan Suatu Hal, Ini Ciri-Ciri dan Komponennya
Argumentasi harus didukung oleh fakta.

Dream - Sebuah pendapat perlu didukung dengan argumen agar semakin kuat dan dipercaya orang lain. Inilah mengapa argumentasi penting dipelajari agar pendapat yang diajukan diterima oleh khalayak.

Argumentasi merupakan garis penalaran yang dirancang untuk membuktikan suatu hal. Sahabat Dream bisa membuat kalimat argumentasi secara sederhana, diungkapkan dalam beberapa baris atau dibuat dengan sangat kompleks.

Semua argumen memiliki kerangka dasar yang sama yaitu penulis menyatakan beberapa ide sentral, kemudian menyajikan bukti pendukung, kemudian meletakkannya dalam pola yang logis. Tentu saja argumentasi didukung oleh fakta. Meski penulis menyatakan opininya, namun perlu dikuatkan dengan fakta sebagai bukti.

Fakta yang mendukung argumentasi disajikan dalam bentuk alasan, statistik, fakta yang telah dikonfirmasi, penelitian ahli, atau bisa diambil dari pengalaman pribadi. Tentu saja penulis harus membuat argumentasi dengan bukti paling efektif. Seperti didapat dari sumber kredibel dan dapat dipercaya.

Berikut Dream merangkum dari berbagai sumber tentang pengertian argumentasi, ciri-ciri dan komponen yang terdapat di dalam kalimat argumentasi. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Definisi Argumentasi Menurut Ahli

Kita kerap mendengar istilah argumentasi di kelas-kelas atau sebuah seminar. Definisi argumentasi adalah cara menghadapi suatu masalah dengan mengambil keputusan, mempertahankannya dan memengaruhi orang lain berdasarkan data dan rasionalisasi yang ada.

Argumentasi sering dipakai seseorang untuk menghadapi setiap pertanyaan dan membantah suatu persoalan. Argumen dilengkap dengan solusi yang didukung berbagai prinsip, bukti dan bantahan kontra argumen yang rasional.

Sementara menurut para ahli, berikut definisi argumentasi yang perlu kamu pahami:

Bambang (2015): Cara seseorang secara rasional menghadapi setiap pertanyaan, isu-isu serta membantah dan menghadapi setiap masalah. Sebuah argumen terdiri dari sebuah klaim (solusi) yang didukung oleh berbagai prinsip (jaminan), bukti dan berbagai bantahan kontra argumen yang memadai.

Keraf (2004): Suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan. Melalui argumentasi seseorang mampu merangkaikan fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

Nursisto (1999): Karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Argumentasi pasti memuat argumen, yaitu bukti dan alasan yang dapat meyakinkan orang lain bahwa pendapat yang disampaikan benar.

2 dari 4 halaman

Ciri-ciri Kalimat Argumentasi

Ilustrasi© Pexels.com

Ciri-ciri argumentasi juga dikemukakan oleh para ahli. Argumentasi memiliki ciri-ciri di antaranya yaitu:

  1. Argumentasi mengandung argumen-argumen sebagai upaya pembuktian suatu pendapat atau sikap.
  2. Kalimat argumentasi bertujuan meyakinkan seseorang agar mengikuti apa yang dikemukakan pemberi argumentasi.
  3. Menggunakan logika atau penalaran sebagai landasan berpikir.
  4. Bertolak dari fakta-fakta atau evidensi-evidensi.
  5. Bersikap mendesakkan pendapat atau sikap.
  6. Terdiri dari bentuk retorika yang sering digunakan dalam karya-karya ilmiah.
  7. Bahasa yang digunakan bersifat rasional dan objektif dengan kata-kata bermakna lugas atau denotatif.
  8. Dilengkapi alasan, data dan fakta yang mendukung.
  9. Mengandung pembenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan.
3 dari 4 halaman

Komponen Pendukung Argumentasi

Selain ciri-ciri dan pengertiannya, kamu juga perlu mengetahui komponen yang terkandung di dalam kalimat argumentasi. Komponen ini berpengaruh pada kuat tidaknya argumentasi yang dikemukakan. Berikut beberapa komponen argumentasi yang perlu diketahui, menurut McNeil, College & Pelletier (2017):

1. Claim

Komponen claim ialah jawaban untuk sebuah pertanyaan atau masalah sebagai cara untuk mengidentifikasi argumen, kritik terhadap sebuah argumen, dan pemahaman konseptual.

Claim diartikan sebagai pernyataan tentang apa yang telah dipahami atau kesimpulan yang telah dicapai dari penyelidikan. Claim ini biasanya didukung oleh data-data.

2. Evidence

Sementara evidence merupakan data pendukung atau informasi yang mendukung claim. Komponen ini berasal dari sumber yang dapat diamati oleh siapa saja secara konstan. Data evidence harus sesuai dan cukup untuk mendukung claim tersebut.

Tentus aja semakin banyak data yang diberikan maka semakin kuat claim yang diajukan. Data ini bisa diperoleh dari penyelidikan atau sumber lain termasuk pengamatan, informasi yang ditemukan dalam teks, data yang diarsipkan serta informasi dari ahli.

4 dari 4 halaman

3. Reasoning

Komponen argumentasi selanjutnya ialah reasoning yaitu penjelasan tentang bagaimana bukti mendukung claim tersebut dan mengajak atau meyakinkan orang lain bahwa bukti yang digunakan dapat mendukung claim tersebut.

Dengan kata lain, reasoning ialah pembenaran yang menghubungkan klaim dan bukti dan mencakup prinsip-prinsip yang sesuai dan memadai untuk membela klaim dan bukti. Hal ini lantaran setiap bukti mungkin saja memiliki pembenaran yang berbeda untuk alasan mengapa data tersebut dapat mendukung.

4. Rebuttal

Komponen terakhir adalah rebuttal, yaitu komponen argumentasi yang menggambarkan penjelasan alternatif atau menyediakan bukti kontra dan penalaran mengapa alternatif tersebut tidak tepat. Rebuttal juga dapat diartikan sebagai bukti yang meniadakan atau tidak setuju dengan sanggahan tersebut.

Beri Komentar