Arti Kata Semburat Menurut KBBI, Dilengkapi Contohnya dalam Kalimat

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 26 Juli 2022 13:48
Arti Kata Semburat Menurut KBBI, Dilengkapi Contohnya dalam Kalimat
Lantas apa sebenarnya arti kata semburat?

Dream - Banyak kata dalam istilah Bahasa Indonesia yang terdengar asing karena jarang digunakan. Semakin berkembangnya bahasa justru semakin memunculkan kata yang serampangan dan merusak bahasa aslinya. Seperti munculnya bahasa gaul yang lebih banyak menyerap dari bahasa asing.

Penguasaan terhadap kosa kata Bahasa Indonesia sangat penting dilakukan. Dengan mengetahui banyak kosakata, seseorang akan pandai dalam menyampaikan suatu gagasan baik lisan maupun tulisan.

Akan tetapi saat menggunakan kata yang jarang digunakan, membuat orang lain tidak mengetahui maksud yang disampaikan. Salah satu kata yang jarang digunakan tersebut adalah 'semburat'.

Bagi pecinta sastra, mungkin kata semburat kerap ditemui dalam berbagai karya puisi. Penggunaan kata semburat juga sangat bagus untuk mempercantik caption di media sosial.

Arti kata semburat perlu diketahui, khususnya di jaman yang semakin berkembang seperti sekarang. Bahasa seakan cepat berkembang, sementara kata yang jarang digunakan semakin lama semakin asing di telinga masyarakat.

Lantas apa sebenarnya arti kata semburat? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel Dream berikut ini.

1 dari 3 halaman

Arti Kata Semburat Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Inonesia (KBBI), arti kata semburat adalah memancarkan cahaya, bersinar, menghadap kemari, ke arahku, ke arah esok fajar bakal.

Arti kata semburat digunakan untuk menggambarkan pancaran sinar dari sumber cahaya, seperti matahari, lampu senter, dan lain sebagainya. Misalnya, ‘semburat oranye cerah menyeruak dari balik gunung’.

Selain itu, arti kata semburat juga dipakai untuk menggambarkan warna yang muncul dari suatu benda, misal perhiasan dan baju. Contohnya adalah berada dalam kalimat ‘Rubi paling berharga adalah yang berwarna merah dengan semburat biru’.

Kata semburat akan menjadi indah saat digunakan dalam bahasa majas atau puisi. Para penyair kerap menggunakan kata ini untuk mempercantik karyanya.

2 dari 3 halaman

Contoh Penggunaan Kata Semburat

Ilustrasi© Pexels.com

Arti kata semburat penting diketahui sebagai warga Indonesia. Jangan sampai kata Bahasa Indonesia banyak yang hilang karena terlupakan oleh warganya sendiri.

Berikut beberapa contoh penggunaan kata semburat dalam kalimat:

  • Tareq sedang menatap tanpa berkedip ke arah cakrawala. Matahari lamat-lamat tenggelam di ufuk Barat menyisakan semburat cahaya jingga kemerahan yan melindap. - Bamby Cahyadi
  • Mencintai sama halnya menerima semburat cahaya langit. - Karen Sunde
  • Tiba-tiba kau ingat sebuah kisah tentang hujan yang diselingi semburat cahaya matahari. - Risda Nur Widia
  • Semburat biru terlihat di antara batang-batang pohon kehijauan, menunjukkan keindahan laut selatan dengan ombaknya yang tak pernah tenang.
  • Gugusan awan hitam yang rendah di cakrawala semakin dramatik dengan semburat warna jingga.
3 dari 3 halaman

  • Semburat oranye cerah menyeruak dari balik gunung.
  • Semburat cahaya pagi terlihat jelas.
  • Semburat bayangan pagi.
  • Rubi paling berharga adalah yang berwarna merah dengan semburat biru.
  • Saat sinar mentari memberikan semburat halus dan beraneka rupa kepada bunga, begitulah Tuhan membagikan keindahan karakter-Nya kepada jiwa manusia.
  • Abu-abu komplementer paling cocok kalau Anda ingin memberikan semburat dingin atau hangat pada rona abu-abu.
  • Banyak lukisan minyak Eropa klasik menggunakan timbal putih sebagai cat dasar pada kanvas, gunanya untuk mencampur semburat berbagai warna dan untuk memberikan efek terang.

Demikian itulah arti kata semburat lengkap dengan makna dan contohnya dalam kalimat.

Beri Komentar