Buah Hati Jadi Anak Saleh, Baca 4 Doa yang Ada di Alquran

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 23 Maret 2022 11:12
Buah Hati Jadi Anak Saleh, Baca 4 Doa yang Ada di Alquran
Untuk membentuk kesolehan pada diri buah hati, bacalah doa-doa tulus yang selalu kita panjatkan kepada Allah SWT.

Dream - Peran orangtua begitu besar dalam mengajarkan anak banyak hal. Hal yang paling dasar dan utama adalah akhlak, adab dan ketakwaan pada Allah SWT. Sebagai umat muslim, harta yang paling berharga adalah anak-anak yang saleh dan saleha.

Untuk membentuk kesolehan pada diri buah hati, bacalah doa-doa tulus yang selalu kita panjatkan kepada Allah SWT. Ada empat doa yang tertulis dalam Alquran dan dibaca para Nabi saat memohon keturunan yang saleh dan saleha.

Sangat dianjurkan untuk membacanya setiap saat. Baik setelah salat maupun ketika anak tertidur. Apa saja doa tersebut?

Al-Baqarah ayat 128

Albaqarah ayat 128© Bincang Syariah

Rabbanaa waj’alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka wa arinaa manaasikanaa wa tub’alainaa innaka antat tawwaaburrahiim.

Artinya : Wahai Rabb kami, Jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah taubat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima taubat, Maha Penyayang.

Dikutip dari Bincang Muslimah, doa tersebut merupakan doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS setelah membangun pondasi Ka’bah. Syekh Wahbah Az-Zuhaili di dalam kitab At-Tafsir Al-Munir menjelaskan bahwa doa tersebut mengajarkan kepada kita agar berdoa untuk kebaikan diri kita dan keturunan kita untuk dapat meneruskan agama Islam, agama yang tunduk dan pasrah kepada Allah SWT. Sungguh Allah SWT mengabulkan doa Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS tersebut dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW.

 

1 dari 6 halaman

Q.S. Al-Furqan ayat 74

Alfurqan ayat 74© Bincang Syariah

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qaurrata a’yuniw waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Artinya : Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Doa tersebut juga sangat direkomendasikan untuk dibaca setiap saat oleh para orangtua dan meminta dengan tulus kepada Allah swt. Tentunya agar kita diberikan rezeki berupa pasangan yang saleh/ saleha dan keturunan yang saleh/salehan. Salah satu tanda orang yang saleh adalah ia membuat nyaman orang yang berada di sekitarnya atau qurrata a’yun/ penyenang hati.

Dalam hadist yang sangat mahsyur, riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah RA disebutkan bahwa salah satu amal seseorang yang tidak dapat terputus meskipun ia meninggal dunia adalah doanya anak saleh.

 

2 dari 6 halaman

Q.S. Ali Imran ayat 38

Al Imran ayat 38© Bincang Syariah


Rabbi Habblii minladunka dzurriyatan thayyibah, innaka samii’ud du’aa’.

Artinya : Ya Tuhanku, berikan aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa.

Doa ini adalah doa Nabi Zakariya AS, yang saat itu belum dikaruniai seorang anak, padahal beliau sudah sangat tua, dan istrinya diketahui mandul. Namun, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Nabi Zakariya akhirnya dikaruniai seorang anak yang bernama Yahya AS yang juga diangkat Allah SWT. menjadi seorang Nabi.

 

3 dari 6 halaman

Q.S. As-Shaffat 100

As Shaffat© Bincang Muslimah

Rabbi Hablii minas shaalihiin.

Artinya : Wahai Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk anak shalih.

Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS. Setelah itu, Allah SWT mengabulkan doanya dengan lahirnya Nabi Ismail AS.

Baca penjelasan selengkapnya di sini.

4 dari 6 halaman

Keutamaan Terus Doakan Anak Saat Sedang Kesal

Dream - Berdoa biasanya kita lakukan setelah selesai solat, padahal bisa dilakukan kapan saja. Terutama ketika mendoakan buah hati tercinta. Ustazah Ninih Muthmainnah dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah mengingatkan para orangtua untuk mendoakan anak kapan saja.

" Mendoakan anak dan pasangan tidak harus setelah solat. Dalam banyak kesempatan kita bisa mendoakan mereka. Saat memandangnya, doakan mereka. Bahkan saat sedang kesal, doakan kebaikan bagi mereka," tulisnya.

Teh Ninih mengingatkan bahkan saat sedang kesal, terus doakan kebaikan bagi anak. Semakin banyak kita berdoa, semakin banyak pahala didapatkan dan semakin besar pula peluang untuk dikabulkan Allah SWT.

" Sesungguhnya, di antara doa yang akan dikabulkan Allah adalah doanya orangtua kepada anak-anaknya, doanya seorang istri atau suami kepada pasangannya, dan doanya seseorang secara rahasia (tanpa diketahui oleh orang yang didoakan)," pesannya.

Sedahsyat itu kekuatan doa ibu dan ayah untuk anak-anaknya. Usahakan berdoa meminta dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT untuk selalu melindungi buah hati kita dari hal buruk dan yang tak disukai Allah SWT.

5 dari 6 halaman

Selalu Bacakan 3 Surah Ini ke Buah Hati Jelang Tidur

Dream - Doa-doa tulus orangtua untuk buah hatinya, Insyaallah dikabulkan oleh Allah SWT. Untuk itu jangan lelah untuk selalu melantunkan doa dan mengajarkan surah-surah pada anak tercinta.

Ustazah Ninih Muthmainnah, atau akrab disapa Teh Ninih mengingatkan orangtua untuk selalu membacakan tiga surah pendek jelang buah hati tidur malam hari. Surah tersebut adalah Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas.

Teh Ninih© Instagram @ninihmutmainah

" Tiga surat pendek yang dahsyat fadilahnya. Siapa membacanya dengan sepenuh kesungguhan dan keyakinan, dia bisa menjadi perisai bagi seorang hamba dari aneka malapetaka, termasuk dari godaan setan," ungkap Teh Ninih dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah.

6 dari 6 halaman

Tiupkan ke Telapak Tangan dan Usapkan

Teh Ninih menjelaskan, Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk membacanya menjelang tidur. Setelah itu meniupkannya pada kedua telapak tangan lalu mengusapkannya ke seluruh bagian tubuh sebanyak tiga kali (HR Al-Bukhari dan Muslim).

" Untuk melindungi anak kita dari gangguan setan atau makhluk lainnya, sebelum dia tidur atau setelah dia tidur, bacakan untuknya Al-Ikhlas dan Al-Mu'awwidzatain (dua surat perlindungan, yaitu Al-Falaq dan An-Nâs), tiupkan ke tangan lalu usapkan ke seluruh tubuhnya," pesan Teh Ninih.

Ayah bunda, jangan lelah untuk terus mendoakan kebaikan kepada pada anak. Menurut Teh Ninin, InsyaAllah, Zat Yang Mahakuasa akan mengabulkan doa-doa orangtua untuk anaknya.

Beri Komentar