Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri dan Keutamaannya, Bisa Dijauhkan dari Api Neraka

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 3 Agustus 2022 06:02
Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri dan Keutamaannya, Bisa Dijauhkan dari Api Neraka
Salah satu waktu yang dianjurkan untuk bersedekah adalah di waktu subuh.

Dream – Bersedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang diajarkan dalam agama Islam. Di mana ibadah ini sangatlah dianjurkan kepada setiap umat Islam sebagi bentuk kepedulian pada sesama. Sehingga dalam hal ini tidak hanya sekadar bernilai ibadah saja, tetapi juga ada nilai sosialnya.

Menyadari bahwa harta yang kita miliki bukanlah sepenuhnya milik kita. Tetapi ada juga hak orang lain di dalam harta tersebut, sehingga sudah seharusnya diberikan kepada orang yang berhak mendapatkannya. Islam sendiri pun tidak memberikan patokan besarnya sedekah yang harus diberikan. Bahkan sedekah yang sahabat Dream serahkan juga tidak harus berupa harta.

Dalam bersedekah, sahabat Dream bisa melakukannya kapan saja. Namun ada waktu tertentu yang dianjurkan untuk melakukan sedekah, yakni sebelum matahari terbit atau di waktu subuh. Kamu bisa keluar rumah untuk memberikan sedekah tersebut atau bisa juga dari rumah saja dengan cara sedekah subuh di rumah sendiri.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang cara sedekah subuh di rumah sendiri serta keutamaannya sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan 99.co.

1 dari 3 halaman

Dalil tentang Bersedekah

Dalil tentang Bersedekah© Shutterstock.com

Perintah untuk bersedekah ini memiliki landasannya dalam Al-Quran maupun hadis. Berikut adalah dalil-dalilnya yang perlu sahabat Dream ketahui:

Surat An-Nisa Ayat 114

Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.” (QS. An-Nisa: 114).

Surat Ali Imrah Ayat 92

Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.” (QS: Ali Imran: 92).

Surat At-Talaq Ayat 7

Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (QS. At-Talaq: 7).

Hadis Riwayat Tirmidzi

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Hadis Riwayat Muslim

Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Hadis Riwayat Abu Hurairah

Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya.” (HR. Abu Hurairah).

Hadis Riiwayat Thabrani

Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

2 dari 3 halaman

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Salah satu waktu terbaik untuk melakukan sedekah adalah di waktu subuh. Namun ada kalanya seseorang tidak bisa keluar rumah di waktu tersebut untuk melaksanakan sedekah. Nah, sahabat Dream bisa bersedekah dari rumah saja. Berikut adalah cara sedekah subuh di rumah sendiri yang perlu kamu ketahui:

  1. Menitipkan uang untuk nantinya diisikan ke kotak amal yang ada di masjid setelah menjalankan sholat subuh. Pastikan untuk meniatkan diri sebelum memberikan uang pada orang yang kamu percaya dititipkan uang tersebut. Lafalkan niat yang sama ketika hendak memasukkan uang ke kotak amal.
  2. Bisa juga dengan mengirimkan uang dengan cara transfer yang ditujukan kepada orang tua, kakak, adik, kerabat, lembaga sosial, atau orang-orang yang memang membutuhkan.
  3. Mengirimkan makanan ataupun sembako untuk tetangga yang terdekat sebelum matahari terbit. Sahabat Dream juga bisa mengirimkannya ke panti asuhan atau lembaga lainnya. Jika kamu tidak bisa mengirimkannya sendiri, maka bisa menggunakan bantuan ojek online yang saat ini sudah banyak digunakan.
  4. Kemudian bisa juga dengan menitipkan baju-baju layak pakai yang sudah tidak kamu pakai lagi. Lakukan sedekah tersebut setelah sholat subuh.

 

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

 

Keutamaan Sedekah Subuh di Rumah Sendiri© Shutterstock.com

 

Setelah mengetahui cara sedekah subuh di rumah sendiri, selanjutnya sahabat Dream perlu mengetahui apa saja keutamaan dari sedekah subuh di rumah sendiri agar bisa lebih memotivasimu untuk terus melakukan sedekah. Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah subuh di rumah sendiri yang perlu kamu ketahui:

Dua Malaikat akan Datang dan Mendoakan

Ketika sahabat Dream menjalankan cara sedekah subuh di rumah sendiri, maka akan ada dua malaikat yang datang serta mendoakan amalan kamu tersebut.

Dikabulkan Doanya

Keutamaan yang kedua sedekah subuh di rumah sendiri adalah dikabulkan doanya. Di mana doa yang dipanjatkan dan dilanjutkan dengan bersedekah, maka memiliki kemungkinan besar doa tersebut akan dikabulkan. Sahabat Dream bisa memohon doa apa saja, seperti kesehatan, kelancaran rezeki, dan sebagainya.

Menghapuskan Dosa-dosa

Keutamaan selanjutnya adalah bisa menghapuskan dosa-dosa. Mengingat sebagai manusia tentu saja tidak akan luput dari dosa. Nah, dengan bersedekah bisa membantu untuk menghapuskan dosa-dosa kita dan membuat hati menjadi lebih tenang.

Dijauhkan dari Api Neraka

Cara sedekah subuh di rumah sendiri yang sahabat Dream lakukan bisa membuatmu terhindar dari api neraka. Bahkan jika melakukan sedekah setelah sholat subuh, maka kelak ketika dipanggil satu per satu untuk masuk surga tidak akan menemui halangan.

Beri Komentar