Disambangi Gubernur Ridwan Kamil, Iron Man Cibubur: `Mau Angkat Motornya, Gak Kuat`

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 24 Juli 2022 16:18
Disambangi Gubernur Ridwan Kamil, Iron Man Cibubur: `Mau Angkat Motornya, Gak Kuat`
Dalam pertemuan tersebut, Ridwan Kamil memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp5 juta.

Dream - Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat menyempatkan datang mengunjungi. Purwanto, sosok Iron Man yang menjadi viral setelah menolong korban kecelakaan maut Cibubur. Pertemuan itu berlangsung di sela kunjung Ridwan Kamil ke Bogor.

Dalam video unggahannya di akun Instagram @ridwankamil, sang gubernur mendatangai sebuah rumah yang telah menanti sosok Iron Man di teras rumah. Setelah berjabat tangan keduanya duduk bersampingan sambil menceritakan kejadian yang dilihat Purwanto.

" Jadi pas kejadian gimana? Lagi tiduran, nongkrong?" tanya Ridwan Kamil kepada Purwanto yang mengenakan pakaian dinasnya berupa kostum Iron Man.

Kurwanto menjelaskan jika dirinya saat itu tengah mengamen di dekat lokasi kejadian. Dia juga menegaskan melihat dengan mata kepala sendiri ketika truk tangki BBM menabrak mobil dan sepeda motor.

" Pas mobil merah sudah ke kanan, terus menabrak motor. Teriak-teriak orang-orang, cuma videoin doang, cuma berdiri," ungkap Kurwanto.

1 dari 5 halaman

Iron Man Cibubur Tak Kuat Angkat Motor

Ridwan Kamil beri donasi Iron Man penolong korban kecelakaan maut Cibubur (Foto: Instagram @ridwankamil)© Instagram @ridwankamil

Saat mengetahui ada salah satu korban masih hidup terhimpit kendaraan, Kurwanto sebetulnya mencoba membantu mengangkat motor.

" Pas saya angkat motornya, saya nggak kuat," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ridwan Kamil menyampaikan ucapan terima kasih kepada pria asal Cirebon, tersebut karena telah membantu korban kecelakaan maut di Cibubur.

Ridwan Kamil juga memberikan donasi senilai Rp5 juta sebagai bentuk dukungan sekaligus penyemangat atas kebaikan yang ditunjukan Purwanto.

" Iron Man, kan bajunya dah lecek, ini saya berikan uang Rp5 juta," ujar gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu sambil memperlihatkan berppose ketika memberikan bantuan tersebut.

2 dari 5 halaman

Sosok Iron Man Cibubur, Purwanto

 

Dream - Kecelakaan maut di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur, Bekasi yang mengarah ke Cileungsi pada Senin, 18 Juli 2022 kemarin menyisakan duka mendalam. Setidaknya 10 nyawa melayang akibat kecelakaan tersebut.

Di balik kecelakaan maut itu, rupanya ada cerita menarik yang menjadi perbincangan di beberapa media sosial. Kisahnya juga menjadi pelajaran berharga tentang sebuah kemanusiaan yang mulai tergerus oleh fenomena warga berebut merekam kejadian demi unggahan konten media sosial.

Sosok pria itu berkostum Iron Man dan seketika turut membantu menyelamatkan para korban. Bukan merekam kejadian terlebih dahulu baru turun tangan.

Adalah Kurwanto, pria berusia 21 tahun asal Cirebon yang memberikan kesaksiannya melihat kejadian kecelakaan nahas itu.

" Saya kan ngamen, ada mobil kenceng dari arah sana nabrak mobil pribadi abis itu banting setir kiri nabrak motor. Langsung guling, guling, guling, mandek di situ," ujarnya dalam video yang diunggah akun Instagram @bekasi_24_jam.

3 dari 5 halaman

Saat kecelakaan maut itu terjadi, Kurwanto sedang mengamen di sekitar lokasi. Dia mengaku miris melihat banyak orang-orang di sekitar kejadian yang dengan alasannya sendiri, tidak berani menolong korban.

Bahkan, masyarakat hanya merekam menggunakan ponsel masing-masing. Ia pun dengan sigap lari dari tempatnya mengamen. Kemudian membantu untuk menyelamatkan korban yang kala itu masih hidup.

Sosok 'Iron Man' Penolong Korban Kecelakaan Cibubur, Kesal Banyak Orang Hanya Rekam© Instagram @bekasi_24_jam

" Saya lari dari sini, 'ah tolong, tolong, tolong. Saya angkat langsung, motornya sama dia, orang enggak ada yang mau nolongin ya gimana perasaan saya," kata dia.

4 dari 5 halaman

Aksi heroiknya yang dilakukan dengan sigap membuat si pemotor laki-laki yang turut menjadi korban kecelakaan tersebut selamat. Ia pun turut bahagia karena usaha yang dilakukannya tidak sia-sia.

" Selamat, alhamdulillah, laki-laki," imbuh dia.

Berdasarkan informasi, Kurwanto sehari-hari bekerja sebagai pengamen dengan mengenakan kostum Iron Man. Ia bekerja mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB di Jalan Alternatif Transyogi, Jatisampurna, Kota Bekasi.

5 dari 5 halaman

Berhasil menyelamatkan korban kecelakaan, membuat Kurwanto mendapat banyak pujian. Banyak dari mereka yang mengungkap pujiannya melalui komentar yang ditinggalkan.

" The real hero.. semoga berkah mas iron... Ketika yg lain cuma sibuk videoin.. tp mas iron man hadir sbg the real hero... 👏👏," tulis @hana.ashari

" Lancarr rejekinyaa boss, semoga dapat pekerjaan yang layak ya bang🔥🔥🙏," tulis @hi_aaaa_

" Yang lain sibuk rekam bikin video, abang nya ini sibuk nolongin korban..👏👏👏👏👏👏👏 sehat, berkah & berlimpah rejeki ya bang...🙏🏻," tulis @fellaferansa

" The real Iron man👏🔥," tulis @ilhamdanny_

" Lebih peka masnya drpd yang pada 'punya' tapi nggak punya empati😭 yang sehat ya mas. Semoga rezekinya mengalir terus aamiiin😢," komentar @mprdsdee

" The real super hero 😍 di saat yang lain sibuk nge video, abang ini gercep nolongin para korban. Semoga sehat panjang umur ya abang, semoga di mudahkan dalam mencari rezekinya. Aamiin," komentar @selviia_dewanti.

Beri Komentar