Doa Masuk dan Keluar Masjid Serta Adab yang Perlu Diperhatikan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 7 Desember 2022 10:08
Doa Masuk dan Keluar Masjid Serta Adab yang Perlu Diperhatikan
Membaca doa merupakan salah satu adab saat hendak masuk masjid dan keluar masjid.

Dream – Doa masuk dan keluar masjid merupakan salah satu adab yang perlu diperhatikan bagi setiap umat Islam. Masjid adalah tempat ibadah yang selayaknya dijaga kehormatannya. Ketika hendak memasuki masjid, Rasulullah Saw mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa terlebih dahulu. Begitupula ketika hendak keluar masjid.

Sebagai salah satu tuntunan yang sudah diajarkan Rasulullah, doa masuk masjid dan keluar masjid sangat mudah untuk diikuti dan dihafalkan. Membaca doa masuk masjid dan keluar masjid adalah salah satu ikhtiar supaya ibadah kita selama berada di Rumah Allah dapat diterima oleh Sang Khalik. Kemudian doa-doa yang kita panjatkan juga diharapkan akan dikabulkan-Nya.

Tuntunan untuk membaca doa saat keluar maupun masuk masjid sudah disampaikan Rasulullah dalam hadis yang berbunyi: Apabila salah satu di antara kalian masuk masjid, maka ucapkan salam kepada Muhammad Saw (bersholawat), kemudian berdoalah, “ Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” Saat hendak keluar masjid, berdoalah sebagaimana lafalnya, 'Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah kepadaMu.”" (HR. Muslim, Abu Dawud, Nasa'i, Ibnu Majah)

1 dari 5 halaman

Lafal Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Masjid berarti tempat bersujud. Masjid merupakan rumah Allah SWT yang digunakan sebagai tempat para hamba-Nya untuk merendahkan diri di hadapan-Nya dengan bersujud melalui sholat. Karena masjid tempat yang suci dan mulia, maka setiap Muslim harus melakukan adab sopan santun saat memasukinya, salah satunya dengan membaca doa masuk masjid dan keluar masjid.

Berikut bacaan doa masuk masjid dan keluar masjid yang perlu kamu ketahui:

1. Doa Masuk Masjid Pendek

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika.

Artinya:

" Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

 

2. Doa Masuk Masjid Panjang

بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah wash-shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu."

2 dari 5 halaman

3. Doa Keluar Masjid Pendek

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahummaghfirlii dzunubii waftahlii abwaba fadhlika.

Artinya:

" Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

 

4. Doa Keluar Masjid Panjang

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Artinya:

" Aku berlindung kepada Allah Yang Mahabesar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

3 dari 5 halaman

Adab Ketika di dalam Masjid

Selain membaca doa masuk masjid dan keluar masjid, ada beberapa adab sopan santun yang harus Sahabat Dream ketahui sebagai umat Islam. Hal ini penting karena seorang muslim harus menjaga kemuliaan dan kesucian masjid sebagai tempat ibadah yang suci.

Adapun adab saat masuk masjid, antara lain:

  • Mendahulukan kaki kanan saat masuk ke dalam masjid.
  • Membaca doa masuk masjid.
  • Berniat untuk i'tikaf atau berdiam diri di dalam masjid untuk sepenuhnya beribadah kepada Allah.
  • Sholat sunah tahiyatul masjid sebelum duduk di dalamnya.
  • Mengenakan pakaian yang bersih, suci dan sopan.
  • Disunahkan memakai wewangian dan hindari makan makanan berbau tak sedap.
  • Berjalan dengan tenang dan tidak mengganggu jamaah lainnya.
  • Menunggu waktu sholat dengan itikaf dan berdzikir.
  • Menjaga sikap seperti tidak berbicara dengan nada tinggi, kasar, atau bersenda gurau.
  • Tidak mengotori masjid dengan membuang sampah atau meludah.
  • Membaca doa ketika keluar masjid sembari mendahulukan kaki kiri.
4 dari 5 halaman

Anjuran Sholat Sunah saat Masuk Masjid

Saat masuk ke masjid, Islam menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan sholat sunah yang dinamakan dengan sholat tahiyatul masjid. Di mana sholat ini adalah bentuk penghormatan kepada Allah SWT. Sunah melakukan sholat tahiyatul masjid diterangkan dalam sebuah hadis berikut seperti dikutip dari jatim.nu.or.id

Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid maka hendaklah ia mengerjakan sholat dua rakaat sebelum ia duduk.” (HR. Abu Qatadah)

Selain itu, dijelaskan juga oleh Imam Nawawi dalam sebuah kitab Majmu’, beliau mengatakan sebagai berikut:

Para ulama dari kalangan madzhab Syafi’i berpendapat bahwa seseorang tidak disyaratkan untuk berniat shalat tahiyyatul masjid dua rakaat, bahkan apabila ia shalat dua rakaat dengan niat shalat sunah mutlaq atau niat shalat dua rakaat shalat sunah rawatib atau selain rawatib, atau shalat fardlu baik shalat ada`, qadla, atau yang dinazdarkan, maka sudah mencukupi dan ia mendapatkan sesuai dengan niatnya termasuk di dalamnya shalat tahiyyatul masjid. Dalam hal ini tidak ada perselisihan pendapat di antara mereka.”

Kemudian ada juga hadis lainnya yang menjelaskan tentang anjuran sholat tahiyatul masjid berikut ini:

Seorang laki-laki pada hari Jumat masuk (masjid) ketika Nabi Muhammad saw akan khutbah. Rasulullah bertanya: Apakah engkau sudah sholat? Ia menjawab, belum. Rasulullah bersabda, berdirilah, kemudian sholatlah dua rakaat.” (HR. Al-Bukhari)

Melalui hadis dari Imam Nawawi, sebagian besar ulama pun menyepakati tentang sunahnya mengerjakan sholat sunah tahiyatul masjid untuk orang-orang yang masuk ke masjid. Kemudian makruh hukumnya bagi mereka yang ketika masuk masjid langsung duduk sebelum menjalankan sholat sunah tahiyatul masjid.

5 dari 5 halaman

Hal yang Sebaiknya Dilakukan di Dalam Masjid

Masjid adalah tempat yang suci. Oleh karena itu, setiap orang yang berada di dalamnya, terutama umat Islam haruslah menghormati dan mengetahui adab-adabnya saat berada di masjid. Selain itu, ada hal-hal yang sebaiknya sahabat Dream lakukan ketika berada di masjid. Berikut adalah penjelasannya untuk kamu sebagaimana dikutip dari islampos.com:

Tidak Membuat Keributan di Masjid

Saat sedang berada di masjid, hendaknya sahabat Dream tidak membuat keributan. Misalnya saja mengobrol dengan seseorang, apalagi dengan suara yang kencang. Kemudian usahakan untuk menonaktifkan HP kamu atau bisa men-setting menjadi mode getar agar tidak menimbulkan suara ketika ada yang menelepon atau mengirim pesan. Hal tersebut bisa mengganggu jamaah lainnya yang sedang beribadah.

Mengerjakan Sholat Tahiyatul Masjid

Hal lain yang sebaiknya sahabat Dream lakukan saat berada di masjid adalah mengerjakan sholat sunah tahiyatul masjid sebanyak dua rakaat sebelum duduk. Kecuali saat kamu berada di masjidil haram yang disunahkan melakukan tawaf sebanyak tujuh putaran di Ka’bah.

Mengikuti Sholat Jamaah Sampai Selesai

Saat berada di masjid dan tiba waktunya sholat, maka usahakan untuk mengikuti sholat jamaah. Karena sholat jamaah lebih baik daripada sholat sendirian. Di samping itu, sholat jamaah juga bisa mendatangkan pahala lebih banyak dibandingkan dengan sholat sendirian.

Berzikir setelah Sholat

Setalah menjalankan ibadah sholat, sebaiknya sahabat Dream tidak langsung meninggalkan tempat sholat dan keluar masjid. Luangkan waktu sejenak untuk berzikir di rumah Allah SWT tersebut. Bahkan ada sebuah hadis yang menjelaskan bahwa barangsiapa setelah sholat subuh berjamaah dan duduk untuk berzikir sampai matahari terbit, lalu melaksanakan sholat sunah dua rakaat, maka pahalanya setara dengan pahala haji dan umrah.

Melakukan Amalan yang Baik

Hal berikutnya yang penting sahabat Dream lakukan ketika berada di masjid adalah melakukan amalan yang baik. Amalan baik yang bisa kamu lakukan pun sangatlah banyak. Misalnya saja membaca Al-Quran, mengkaji ilmu, tidak melakukan maksiat seperti membicarakan orang lain.

Beri Komentar