Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain Sesuai Tuntunan Rasulullah

Reporter : Arini Saadah
Senin, 30 Mei 2022 06:01
Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain Sesuai Tuntunan Rasulullah
Baca doa ini jika mendengar saudara atau kerabatmu sedang sakit.

Dream – Doa meminta kesembuhan untuk orang lain telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bagi orang sehat disunahkan untuk mendoakan kerabat, sahabat atau temannya yang sedang sakit.

Doa meminta kesembuhan untuk orang lain bisa dibaca baik saat menjenguk seseorang yang sakit, atau dibaca saat selesai sholat. Mengirimkan doa untuk kesembuhan orang sakit akan dikabulkan jika dipanjatkan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Berdoa meminta kesembuhan untuk orang lain adalah hal yang sangat dianjurkan. Jika kamu belum mengetahui bacaan doa meminta kesembuhan untuk orang lain, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain 1

Melansir dari NU Online, dalam Kitab Al Adzkar Imam Nawawi mengutip sejumlah riwayat tentang kisah Rasulullah SAW saat menjenguk sahabatnya yang sedang sakit. Rasulullah SAW juga membacakan doa kesembuhan untuk sahabatnya dengan berbagai lafal doa. 

Salah satunya doa meminta kesembuhan untuk orang lain berdasarkan hadis yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA berikut ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا  

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:

“ Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri" .

2 dari 4 halaman

Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain 2

Selain bacaan doa di atas, ada pula bacaan doa meminta kesembuhan untuk orang lain dalam riwayat hadis yang lain. Bacaan doa di bawah ini pernah dibaca oleh ketika meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.   

Artinya:

“ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

3 dari 4 halaman

Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain 3

Masih dalam kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi, dalam riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. Dpa meminta kesembuhan untuk orang lain berikut ini dibaca agar Allah segera mengangkat penyakit yang diderita orang tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ  

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka. 

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan 'arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

4 dari 4 halaman

Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain 4

Mendoakan kesembuhan untuk orang lain juga bisa dengan menyebut namanya secara langsung. Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah Saw saat menjenguk sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا  

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. 

Artinya:

“ Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad (ganti dengan nama orang yang kamu doakan). Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

Itulah bacaan doa meminta kesembuhan untuk orang lain yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Jika kamu menjumpai sahabat atau kerabatmu yang sedang sakit, bacakanlah doa-doa di atas. Dengan membaca doa meminta kesembuhan untuk orang lain di atas, semoga Allah SWT segera mengangkat penyakit yang diderita seseorang. (mut)

Beri Komentar