Doa Memperlancar Segala Urusan, Tenangkan Hati Saat Hadapi Masalah Bertubi-tubi

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 30 Juni 2022 06:00
Doa Memperlancar Segala Urusan, Tenangkan Hati Saat Hadapi Masalah Bertubi-tubi
Doa memperlancar segala urusan menjadi pilihan di samping berusaha semaksimal mungkin.

Dream – Kehidupan manusia tak terlepas dari masalah yang datang silih berganti.  Meski sudah banyak ikhtiar dilakukan, kita sebaiknya mengoptimalkan usaha tersebut dengan memanjatkan doa agar segara urusan berjalan sesuai yang diharapkan.

Doa adalah pelancar dari setiap usaha di samping sebagai bentuk ketaatan manusia bahwa segala sesuatu takkan pernah lepas dari izin dan kuasa Allah SWT.

Islam telajh mengajarkan banyak doa yang bisa diamalkan setiap hari agar segala urusan diperlancar oleh-Nya. Doa memperlancar segala urusan menjadi pilihan di samping berikhtiar.

Sebagai manusia biasa, sudah sepantasnya kita menyandarkan harapan kepada-Nya untuk memudahkan segala urusan. Berikut ini terdapat lafal doa memperlancar segala urusan yang bisa diamalkan setiap hari.

1 dari 6 halaman

1. Doa Memperlancar Segala Urusan

Sebagai umat Islam, dalam kondisi suka maupun duka kita dianjurkan untuk berdoa kepada Tuhan. Hal ini penting karena manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa campur tangan Allah SWT, termasuk dalam menyelesaikan segala urusannya di dunia.

Membaca doa memperlancar segala urusan menjadi cara manusia untuk memohon kepada-Nya. Sebaiknya doa memperlancar segala urusan ini dibaca setiap pagi ketika akan memulai aktivitas.

Salah satu bacaan doa agar dimudahkan segala urusan dan ucapan adalah doa ashabul kahfi. Doa ini tercatat dalam Alquran Surat Al-Kahfi ayat 10.

Berikut doa ashabul kahfi yang bisa dijadikan sebagai bacaan doa agar dimudahkan segala urusan dan ucapan:

 رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya:

“ Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

2 dari 6 halaman

2. Doa Memperlancar Segala Urusan

Mengawali hari dengan doa, akan memberikan kita kekuatan untuk menjalani hidup yang keras. Sebab kita yakin bahwa Tuhan akan selalu ada untuk hamba-Nya yang memohon pertolongan. Lafaldoa memperlancar segala urusan yang satu ini dikutip dari Alquran Surat Al-Baqarah ayat 286.

Sejatinya doa ini berisi permohonan agar tidak diberikan beban yang terlalu berat. Selain itu, doa ini juga berisi permohonan ampun kepada Allah SWT.

 رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Robbanaa laa tuaa-khidznaa innasiinaa au akhtho'na, robbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa' fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa 'ala al qaumilkaafiriin.

Artinya:

“ Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

3 dari 6 halaman

3. Doa Memperlancar Segala Urusan

Doa memperlancar segala urusan lainnya dikutip dari Nabi Musa as. Doa ini dipanjatkan Nabi Musa as saat menghadapi Raja Fir’aun. Nabi Musa as memohon kepada Allah SWT agar diberikan kelapangan dan kemudahan dalam urusannya. Doa ini diabadikan dalam Alquran Surat Thaha ayat 25 hingga 28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “ Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

4 dari 6 halaman

4. Doa Memperlancar Segala Urusan

Selain bacaan di atas, ada lagi bacaan doa memperlancar segala urusan yang bisa Sahabat Dream amalkan.

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.

Artinya:

“ Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

5 dari 6 halaman

5. Doa Memperlancar Segala Urusan

Seringkali manusia mengalami kesulitan mengambil keputusan untuk langkah ke depan yang lebih baik. Lantas bagaimana bacaan doa agar diberikan keputusan terbaik? Berikut bacaan doanya dikutip dari Alquran Surat Al-A'raf ayat 89:

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

Robbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bi al haqqi wa anta khairu al faatihiin.

Artinya: “ Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

6 dari 6 halaman

6. Doa Memperlancar Segala Urusan

Lafal doa memperlancar segala urusan juga bisa diambil dari Alquran Surat Al-Baqarah ayat 255 atau yang biasa disebut ayat kursi berikut ini.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya-uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya: " Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

Itulah kumpulan doa memperlancar segala urusan yang bisa kamu panjatkan setiap hari. Mengawali hari dengan membaca doa-doa di atas akan memudahkanmu dalam menghadapi masalah-masalah. Semoga Allah Swt senantiasa memudahkan segala urusan kita di dunia dan akhirat dengan perantara doa memperlancar segala urusan di atas.

Beri Komentar