Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah dan 6 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Ramadan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 31 Maret 2022 06:01
Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah dan 6 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Ramadan
Doa ini dibaca sebelum bulan Ramadan dan hukumnya adalah sunah.

Dream – Menjelang bulan Ramadan, akan ada pengumuman yang disampaikan oleh pemerintah. Momen inilah yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat Islam untuk bisa mengetahui kapan puasa Ramadan akan dimulai.

Biasanya setiap umat Islam sudah mempersiapkan datangnya bulan Ramadan itu sejak beberapa hari, bahkan beberapa minggu sebelumnya. Misalnya saja menyusun menu untuk berbuka dan sahur, mempersiapkan alat ibadah yang bersih untuk digunakan sholat tarawih, dan masih banyak lagi. Satu lagi yang jangan sampai Sahabat Dream tinggalkan adalah membaca doa menyambut Ramadan sesuai sunah.

Membaca doa menyambut bulan Ramadan adalah hal yang disunahkan dalam Islam, karena Nabi Muhammad SAW sendiri pun melakukannya. Jadi, kita sebagai umat Islam pun sebaiknya meniru apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw.

Berikut adalah bacaan doa menyambut Ramadan sesuai sunah dan beberapa persiapan menjelang Ramadan yang telah dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah

Doa Menyambut Ramadan Sesuai Sunah© Shutterstock.com

Ada beberapa doa menyambut Ramadan sesuai sunah yang bisa Sahabat Dream baca. Berikut adalah beberapa doa tersebut:

Doa Pertama

Doa ini dibaca oleh umat Islam saat bulan Rajab dan Sya’ban dengan bacaan berikut ini:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya'baana waballighna ramadhoona.

Artinya: “ Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.”

Doa Kedua

Doa menyambut Ramadan sesuai sunah ini dibaca sebelum datangnya bulan Ramadan. Doa inilah yang juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw dan kemudian diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami. Berikut adalah bacaannya:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan.

Artinya:Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.”

Doa Ketiga

Dan doa yang ketika menyambut bulan Ramadan adalah dari hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan dibaca oleh umat Islam saat melihat hilal pada bulan Ramadan. Berikut adalah bacaannya:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ

Allahumma ahillaahu 'alaina bilamni wal iimaani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu.

Artinya:Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad).

2 dari 3 halaman

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadan

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadan© Shutterstock.com

Selain membaca doa menyambut Ramadan sesuai sunah, sahabat Dream juga perlu mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut bulan suci Ramadan. Nah, berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan sebagaimana dikutip dari NU.or.id:

Disambut dengan Kegembiraan dan Kebahagiaan

Hadirnya bulan Ramadan tentu saja harus disambut dengan penuh rasa gembira dan bahagia. Ya, hal itulah yang selama ini dirasakan oleh setiap umat Islam di seluruh dunia saat tahu bulan Ramadan sudah tiba. Rasa syukur juga diucapkan di karena bisa bertemu kembali dengan bulan yang suci tersebut. Salah satu cara mengucapkan syukur adalah dengan membaca doa menyambut Ramadan sesuai sunah.

Tambah Pengetahuan tentang Bulan Ramadan

Persiapan selanjutnya menjelang bulan Ramadan adalah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bulan Ramadan. Hal ini karena puasa Ramadan sendiri adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Sehingga penting sekali untuk mengetahui tentang ketentuan-ketentuan mengerjakan puasa Ramadan agar sah di mata Allah SWT.

Selain itu juga perlu memiliki pengetahuan tentang ibadah-ibadah sunah yang dilakukan pada bulan Ramadan. Dengan mengetahuinya, hal ini bisa membuat sahabat Dream lebih bersemangat menjalani ibadah di bulan Ramadan.

Menyambut dengan Doa

Hadirnya bulan Ramadan hendaknya disambut dengan doa. Yakni dengan membaca doa menyambut Ramadan sesuai sunah. Apalagi selama menjalani bulan Ramadan selama satu bulan penuh tersebut tidak bisa dianggap mudah. Pasti ada saja tantangan yang akan menghalangi. Namun dengan doa, insya Allah ibadah kita selama bulan Ramadan bisa diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT.

 

3 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadan

Memiliki Rencana yang Matang

Persiapan menjelang Ramadan selanjutnya adalah memiliki rencana yang matang. Misalnya saja rencana menu untuk berbuka puasa, untuk sahur, rencana untuk mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu satu bulan, rencana untuk bersedekah, melakukan pengajian, dan masih banyak lagi.

Mempersiapkan Tubuh dan Jiwa

Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan menjelang bulan Ramadan adalah mempersiapkan tubuh dan jiwa. Di mana saat Rasulullah saw masih hidup, beliau dan para sahabat melakukan banyak puasa menjelang Ramadan dan melakukan sedekah pada bulan Syaban. Hal ini juga bisa menjadi bentuk latihan berpuasa saat bulan suci itu telah tiba.

Materi dan Finansial

Persiapan yang terakhir menjelang Ramadan adalah materi dan finansial. Hal ini bukan berarti digunakan untuk menyiapkan menu-menu sahur dan berbuka saja, tetapi juga digunakan untuk beribadah. Misalnya saja uang yang ada digunakan untuk bersedekah. Sehingga setiap umat Islam bisa menjalani ibadah puasa Ramadan tanpa ada yang merasa kekurangan. (mut)

Beri Komentar