Doa Kelancaran Melahirkan, Bisa Dibaca Ibu dan Ayah Biar Persalinan Bayi Selamat

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 21 Agustus 2022 18:01
Doa Kelancaran Melahirkan, Bisa Dibaca Ibu dan Ayah Biar Persalinan Bayi Selamat
Dengan membaca doa ini juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang menjelang kelahiran sang buah hati.

Dream – Kelahiran seorang bayi menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu, terutama oleh kedua orang tuanya. Bagaimana tidak, setelah menunggu sembilan bulan lamanya, akhirnya buah hati yang selama ini dirindukan kehadirannya pun telah lahir ke dunia.

Tidak sedikit orang yang ketika akan melahirkan justru mengalami kekhawatiran. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi, baik bagi sang ibu sendiri maupun ayah. Agar hati menjadi tenang, maka penting memanjatkan doa untuk kelancaran melahirkan. Doa ini bisa dibaca oleh sang ibu atau bisa juga oleh ayah ketika proses persalinan.

Harapannya dengan membaca doa tersebut, Allah SWT akan memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses persalinan hingga sang bayi lahir ke dunia ini dengan selamat dan sehat.

Berikut adalah bacaan doa untuk kelancaran melahirkan yang bisa diamalkan oleh sang ibu maupun suaminya sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa untuk Kelancaran Melahirkan

Bacaan Doa untuk Kelancaran Melahirkan© Shutterstock.com

Detik-detik menjelang kelahiran buah hati adalah momen yang sangat mendebarkan. Rasa khawatir biasanya kerap terjadi. Alangkah lebih baik jika rasa khawatir tersebut dialihkan dengan memanjatkan doa untuk kelancaran melahirkan. Dengan begitu, hati akan menjadi lebih tenang dan insya Allah, Allah SWT akan memberikan kelancaran dalam proses kelahiran.

Nabi Muhammad SAW juga menyarankan doa untuk kelancaran melahirkan kepada Ummu Salamah dan Zainab bintin Jahsyin ra saat mendampingi putrinya.

Berikut adalah bacaan doa untuk kelancaran melahirkan yang bisa diamalkan:

Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.” (QS. Al-Baqarah: 255).

Surat Al-A’raf ayat 54

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya: Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS. Al-A’raf: 54).

Surat Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ . وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ .  وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَد

Artinya: Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." (QS. Al-Falaq).

Surat An-Nas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ .مَلِكِ ٱلنَّاسِ. إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ .مِن شَرِّ ٱلْوَسْوَاسِ ٱلْخَنَّاسِ .ٱلَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ ٱلنَّاسِ .مِنَ ٱلْجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ

Artinya: Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia." (QS. An-Nas).

2 dari 2 halaman

Ayah Lantunkan Doa Ini

Selain mengamalkan bacaan doa di atas, seorang ayah juga dianjurkan untuk banyak membaca doa untuk kelancaran melahirkan yang bacaannya adalah sebagai berikut:

 لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم

Lâ ilâha illallâhul ‘adhîmul ḫalîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul ‘arsyil ‘adhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wal ardli wa rabbul ‘arsyil ‘adhîm.

Artinya: “ Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahaagung lagi Mahabijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang agung.”  

Itulah bacaan doa untuk kelancaran melahirkan yang bisa diamalkan, baik oleh sang ibu maupun suaminya menjelang kelahiran sang buah hati. Insya Allah, atas izin Allah SWT nantinya kelahiran akan diberikan kemudahan dan kelancaran. Sehingga bayi bisa lahir dengan selamat dan sehat. (mut)

Beri Komentar