Fakta Ungkapan 'Setan Dibelenggu Selama Ramadan' yang Perlu Dipahami

Reporter : Sugiono
Sabtu, 17 April 2021 11:01
Fakta Ungkapan 'Setan Dibelenggu Selama Ramadan' yang Perlu Dipahami
Setan dibelenggu tapi kenapa umat Muslim masih banyak yang tidak puasa atau melakukan hal buruk lainnya di bulan Ramadan?

Dream - Waktu kecil dulu, kita sering mendengar kata-kata orangtua dan ustaz yang bilang kalau di bulan suci Ramadan itu setan dibelenggu, pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka ditutup rapat.

Ungkapan tersebut bukan hanya karangan, tapi merupakan ucapan dari Rasulullah SAW yang tertulis dalam hadis Bukhari dan Muslim.

“ Apabila (tiba) bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, serta setan-setan dibelenggu." (HR. Bukhari no. 1899 dan Muslim no. 1079)

1 dari 4 halaman

Namun, banyak yang kemudian mengaitkan hadis tersebut dengan realita yang ada di dalam masyarakat saat ini.

Meski setan dibelenggu tapi kenapa umat Muslim masih banyak yang tidak puasa atau melakukan hal buruk lainnya di bulan Ramadan?

Sebenarnya, ungkapan Rasulullah itu hanyalah penjelasan hakiki yang dipahami secara majasi (tidak sebenarnya atau sebagai perumpamaan). Makna sebenarnya tidak demikian adanya.

2 dari 4 halaman

Yang dimaksud setan dibelenggu di bulan Ramadan adalah umat Muslim yang menjalankan puasa diberikan kemampuan lebih untuk tidak menuruti bisikan-bisikan setan.

Karena dia berpuasa dengan niat yang suci, maka segala nafsu setan yang ada pada dirinya dibelenggu agar tidak menimbulkan perbuatan-perbuatan dosa.

3 dari 4 halaman

Lantas bagaimana dengan ungkapan pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup rapat-rapat?

Begini, pintu surga dibuka karena di bulan puasa amal soleh akan dilipat gandakan pahalanya. Dengan demikian, kesempatan masuk surga menjadi lebih besar.

Sedangkan pintu neraka ditutup rapat-rapat berarti kesempatan kita untuk melakukan perbuatan dosa lebih kecil dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

4 dari 4 halaman

Demikian tadi penjelasan ungkapan setan dibelenggu, pintu surga dibuka lebar dan pintu neraka ditutup rapat di bulan Ramadan.

Sekarang Sahabat Dream sudah tahu makna dari kata-kata yang sangat terkenal itu. Semoga penjelasan ini bisa memperluas ilmu kita.

Sumber: PojokSatu

Beri Komentar