Video Awan Tsunami Bikin Geger

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 9 November 2015 14:28
Video Awan Tsunami Bikin Geger
Badai yang membentuk awan tsunami tersebut dilaporkan bergerak menuju Sydney.

Dream - Massa yang berkumpul di festival tahunan Sculpture by the Sea, Sydney, Australia pekan lalu merasa takjub saat menyaksikan arak-arakan awan besar mendekati pantai.

Di saat yang sama hujan deras tercatat di seluruh kota. Yang terparah terjadi di wilayah pantai utara di pinggiran Mona Vale dengan curah hujan 27 mm selama tiga jam.

Badai yang membentuk awan tsunami itu dilaporkan bergerak menuju Sydney. Akibat cuaca ekstrem tersebut, banyak perahu dan kapal yang sedang berlayar terpaksa kembali ke pantai.

(Ism, Sumber: BBC. Youtube)

1 dari 5 halaman

Warga Desa Ini Punya Bukti Keberadaan Zombie

Dream - Banyak orang boleh saja tidak percaya dengan adanya zombie alias mayat hidup. Tapi warga sebuah desa di pedalaman Haiti mengklaim punya bukti bahwa zombie benar-benar ada.

Kisah itu bermula dari tahun 1907. Warga di desa itu telah mengubur gadis bernama Felicia Felix-Mentor. Namun bertahun-tahun kemudian, warga dikejutkan keberadaan mayat gadis itu muncul di jalanan dalam kondisi telanjang.

Jelas saja, kejadian itu membuat warga geger. Mereka lari tunggang-langgang sambil bertanya-tanya. Bagaimana bisa gadis sudah dikubur bertahun-tahun silam muncul lagi. Bagi masyarakat di desa terpencil Haiti tersebut, peristiwa itu adalah bukti kepercayaan kuno mereka bahwa bumi telah diintai mayat hidup.

Kisah zombie itu kemudian menarik perhatian wartawan asal Amerika Serikat, William Seabrook, untuk berkunjung ke Haiti pada tahun 20-an. Seabrook menyelidiki keyakinan voodoo yang dibawa oleh budak Afrika ke kawasan Karibian.

Saat penelitian itu, Seabrook mendengar cerita bahwa ada dukun jahat yang memiliki serbuk ajaib yang bisa membuat korbannya mati suri. Setelah korban dikubur, dukun itu membangkitkan mereka. Namun, korban-korban itu menjadi tunduk pada sang dukun.

" Mereka membuat zombie sebagai pelayan atau budak. Biasanya untuk kejahatan, tapi lebih sering untuk bekerja di ladang," tulis Seabrook, sebagaimana dikutip Dream dari laman Daily Mail, Rabu 4 November 2015. Undang-undang Haiti bahkan menulis, perbudakan ala zombie itu sebagai sebuah kejahatan.

Suatu malam, Seabrook pergi ke perkebunan tebu. Di sana dia mengaku melihat tiga zombie yang bekerja.

“ Mereka lamban seperti hewan, seperti robot. Matanya kosong. Itu bukan imajinasi saya. Mereka benar-benar seperti mata orang mati, tidak buta, tetapi menatap, tidak fokus, tidak melihat,” tambah Seabrook.

Kisah zombie Haiti memang memiliki daya tarik tersendiri. Penulis Amerika Serikat, Zora Neale Hurston, mengaku menemui Felicia, gadis yang dikisahkan bangkit dari kematian. Dalam bukunya, Hurston mengaku bertemu Felicia pada tahun 1936 di sebuah rumah sakit jiwa Haiti.

Menurut Hurston, pertemuan dengan Felicia berlangsung dingin. Hurston menulis tatapan Felicia yang mengerikan. “ Itu wajah kosong dengan mata yang seolah-olah telah dibakar dengan asam.”

Hurston begitu yakin wanita yang dia temui itu adalah Felicia, yang dikisahkan bangkit dari kematian. Sebab, memang tak ada identitas lain, selain yang menyebut wanita itu adalah Felicia. Wanita ini diduga mengalami schizophrenia.

Namun Hurston memiliki penjelasan sendiri yang lebih dramatis. “ Saya tahu ada zombie di Haiti. Orang dibangkitkan dari kematian,” tulis Hurston dalam bukunya, sambil menampilkan foto-foto Felicia.

Terlepas benar atau tidak kisah itu, yang jelas zombie saat ini telah menjadi komoditas yang mampu mendatangkan uang miliaran rupiah. Lihatlah film-film horor yang menyuguhkan zombie sebagai kisah utamanya. Selalu laris manis di pasaran. Belum lagi bisnis pernak-pernik lain, seperti Halloween.

Ada atau tak ada, yang jelas bisnis " zombie" sudah mendatangkan banyak fulus! (Ism)  

2 dari 5 halaman

Foto 2 Ular Mati Terbelit Bikin Heboh Sosmed

Dream - Foto ular menembus ular lainnya di Australia membuat heboh dan memicu kebingungan di media sosial. Dalam foto itu seekor ular hitam menembus tubuh seekor ular coklat.

Kebingungan pun mencuat setelah melihat foto yang diambil di Griffith, Riverina, New South Wales itu. Banyak yang bertanya-tanya apakah ular hitam harus berjuang menembus tubuh ular coklat untuk mencari jalan keluar, atau ular hitam mencoba masuk ke dalam tubuh ular coklat yang sudah mati?

Rob Ambrose, Penangkap ular dari Sydney, mengatakan fenomena tersebut memang tidak biasa dan bukanlah sesuatu yang terjadi setiap hari.

" Ini tidak biasa... Kadang-kadang ular coklat memangsa ular lainnya. Saya menyaksikannya sendiri," ujar Rob. " Tetapi mereka tidak makan dengan cara menembus seperti itu karena mengunyah sajak mereka tidak bisa."

Rob yakin kedua ular tersebut ditabrak mobil saat ular coklat memangsa ular hitam.

" Saat satu ular makan ular yang lain, ada semacam luka pada tubuhnya, mungkin dari mobil atau karena tangan manusia. Tapi dilihat dari lubangnya, saya rasa itu mobil," katanya.

" Dalam kecelakaan jalan raya, kadang-kadang tubuh binatang yang tergilas pecah dan isi perutnya terburai. Jadi, isi perut ular coklat terburai yang kebetulan di dalamnya ada ular hitam."

Foto ular saling membelit itu diambil oleh Geoff Mitchell. Dia menyebut kejadian itu sebagai peristiwa yang 'benar-benar gila'.

" Aku sedang mengemudi di salah satu sisi jalan kanal dan aku melihat kedua ular ini saling membelit. Aku segera keluar mobil untuk melihat dan kemudian mengambil gambarnya dengan kamera," katanya kepada Radio Macquarie, menambahkan bahwa saat ditemukan, kedua ular itu mati.

Sementara itu, Dominique Salvestrin, salah satu warga yang tinggal dekat di lokasi di mana ular ditemukan, mengirimkan foto tersebut ke Australia Zoo. Ia berharap mereka bisa memberi penjelasan tentang apa yang terjadi.

" Namun, ada beberapa perdebatan mengenai apakah ular coklat memangsa ular hitam dan kemudian mobil melindas mereka, atau ular hitam yang mencoba masuk ke dalam mulut ular coklat dan keluar melalui lubang ular coklat yang sudah mati sebelumnya," kata Salvestrin.

(Ism, Sumber: abc.net.au)

3 dari 5 halaman

Gara-gara Kentut, Singapore Airlines Mendarat Darurat di Bali

Dream - Sebuah pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah 'kentut' dan biogas dari 2.186 kambing yang dikira asap memenuhi ruang kargo.

Pesawat kargo Singapore Airlines (SIA) Boeing 747-400 dengan rute penerbangan Adelaide-Kuala Lumpur, dialihkan ke Denpasar, Bali pada 26 Oktober setelah sistem alarm menyala lantaran 'mencium' adanya gas ruang kargo.

Setelah mendarat, petugas layanan darurat naik pesawat yang sedang membawa empat awak dan ribuan kambing tersebut. Namun, setelah diperiksa, dilaporkan bahwa tidak ada jejak api, panas, atau asap.

Usai diselidiki, Aviation Herald mengatakan bahwa sistem alarm meraung karena ruang kargo pesawat penuh dengan gas yang dihasilkan dari kentut dan kotoran kambing.

Penerbangan SQ-7108 diberangkatkan kembali setelah dua setengah jam berhenti di Indonesia dan berhasil mendarat di tujuan akhir dua jam kemudian dari jadwal.

" Pada 26 Oktober, sebuah pesawat kargo SIA Boeing 747 dengan nomor penerbangan SQ-7108, yang mengangkut ribuan kambing dari Adelaide ke Kuala Lumpur, dialihkan ke Bali setelah awak pesawat menerima peringatan dari sistem alarm kebakaran," kata juru bicara SIA.

Mengenai klaim bahwa kentut kambing sebagai penyebab pesawat melakukan pendaratan darurat, SIA mengatakan: " Hal itu tidak dapat dikonfirmasi. Pemeriksaan telah dilakukan dan pesawat tersebut sudah menjalani perawatan berkala."

(Ism, Sumber: Daily Mail)

4 dari 5 halaman

Badai Matahari Dahsyat Segera Landa Bumi, AS Sudah Bersiap

Dream - Pemerintah Amerika Serikat bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya bencana badai matahari dahsyat. Para ilmuan di negeri Paman Sam itu memprediksi badai matahari bakal terjadi di Bumi selama berbulan-bulan.

Bencana badai matahari ini bukanlah omong kosong. Pada 1859, Bumi dilanda badai matahari dahsyat. Jaringan telegrap yang menjadi alat komunikasi utama kala itu meledak. Sejumlah kantor telegrap bahkan terbakar. Listrik di Eropa dan Amerika Utara pun padam.

Seiring perkembangan teknologi dunia yang jauh lebih canggih pada masa kini, para ilmuwan yakin dampak badai matahari akan lebih parah daripada yang yang terjadi pada satu setengah abad silam.

Dikutip Dream dari laman Daily Mail, Jumat 6 November 2015, gelombang energi [ElectroMagnetic Pulse atau EMP) yang sangat masif dari badai matahari bisa memadamkan jaringan listrik, melumpuhkan telekomunikasi telepon seluler, transaksi elektronik kartu kredit, dan melumpuhkan jaringan internet.

Peneliti-peneliti AS memprediksi badai matahari dahsyat berpotensi menimbulkan kerugian ekonomi US$2,6 triliun atau sekitar Rp35.239 triliun.

Itu hanya estimasi kerugian di AS saja. Perkiraan ini dibuat pada 2008, berdasarkan studi dari National Academy of Sciences. Laporan itu juga menyebut badai matahari bisa memadamkan listrik sampai berbulan-bulan.

Bada matahari nyaris menghantam Bumi pada 2012 silam. Namun badai itu berlalu dari orbit Bumi dan tak mengenai planet yang dihuni umat manusia ini. Dan sekarang, para ilmuwan memprediksi badai matahari akan terjadi pada 2022. Peluang terjadinya sekitar 22 persen. Atas dasar prediksi para ilmuan itu, kini Gedung Putih tengah melakukan persiapan.

" Terus terang, ini bisa menjadi salah satu bencana alam yang paling parah bahwa negara, dan dapat dialami oleh sebagian besar dunia," kata konsultan cuaca luar angkasa, John Kappenman.

John P. Holdren, Asisten Presiden bidang Direktur Sains dan Teknologi, mengatakan badai matahari dapat menimbulkan 'tantangan yang signifikan'.

" Cuaca luar angkasa adalah fenomena alami yang berpotensi menyebabkan efek kerugian besar pada perekonomian bangsa dan kesejahteraan sosial," ujar Holdren. " Ini nyata dan berbahaya, ini ancaman nyata," tambah asisten Holdrean, Bill Murtagh.

Dan pemerintah AS mulai bersiap menghadapi kemungkinan bencana ini. Enam langkah telah disiapkan. Termasuk membuat patokan untuk mengukur secara akurat ancaman itu, seperti skala Richter yang dipakai untuk mengukur gempa bumi. AS juga fokus mengembangkan teknologi peramalan.

Salah satu bahaya besar dalam cuaca luar angkasa adalah kecepatan datangnya bencana itu. Alat pendeteksi hanya mampu memprediksi bencana iru antara 15 hingga 60 menit sebelum datang ke Bumi. Artinya, bencana dari luar angkasa, seperti badai matahari ini bisa datang dengan sangat cepat.

Dan salah satu rencana pemerintah AS ini akan memungkinkan satelit baru di luar angkasa dan teknologi baru di Bumi untuk memberikan peringatan dini atas bencana itu. Pemerintah AS telah mengganti satelit-satelit tua mereka dengan yang baru untuk bisa memprediksi bada matahari dengan cepat.

Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui kemungkinan efek terburuk bagi manusia, khususnya di AS. Sehingga pemerintah AS bisa mempersiapkan respons jika bencana itu benar-benar terjadi. Persiapan ini melibatkan seluruh elemen, mulai sekolah, akademi, badan pemerintah, media, industri asuransi, dan pihak swasta. (Ism) 

5 dari 5 halaman

Capres AS: Piramida Dibangun Nabi Yusuf, Bukan Makam Firaun

Dream - Pernyataan mengejutkan dikeluarkan oleh salah satu bakal calon presiden Amerika Serikat, Ben Carson. Dia menyebut piramida di Mesir dibangun oleh Nabi Yusuf untuk menyimpan biji-bijian atau bahan makanan. Bukan sebagai kuburan Firaun.

Pernyataan itu disampaikan peserta konvensi Partai Republik ini pada tahun 1998 di Andrew University. Video tersebut diunggah ke Buzzfeed pada Rabu kemarin.

" Teori pibadi saya bahwa Yusuf membangun piramida untuk menyimpan biji-bijian,” kata Carson, sebagaimana dikutip Dream dari laman Al Arabiya, Kamis 5 November 2015.

Teori ini jelas berbeda dengan apa yang diyakini oleh sebagian besar orang. Terutama para arkeolog yang meyakini piramida merupakan kuburan para raja Mesir alias Firaun.

“ Sekarang semua arkeolog berpikir bahwa piramida-piramida dibuat untuk kuburan Firaun. Tapi, Anda tahu, itu akan menjadi sesuatu yang sangat besar jika Anda berhenti dan berpikir tentang hal itu," ujar dia.

Menurut Carson, piramida sengaja dibangun dengan banyak kamar yang tertutup rapat. Disain itu dibuat seperti itu untuk berbagai alasan.

" Dan berbagai ilmuwan mengatakan, ‘Ya, Anda tahu ada makhluk asing yang datang dan mereka memiliki pengetahuan khusus dan itulah, Anda tahu, ini tidak memerlukan makhluk alien ketika Tuhan bersama Anda,” tambah Carson.

Nabi Yusuf AS merupakan putra Nabi Yakub. Nabi Yusuf diangkat menjadi bendahara kerajaan oleh raja Mesir dan diberi kewenangan mengurusi keuangan dan persediaan makanan. (Ism) 

Beri Komentar