Survei: Perempuan Lebih Banyak Mengakses Konten Cek Fakta, Sosmed Jadi Sumber Akses

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 27 Juli 2022 15:01
Survei: Perempuan Lebih Banyak Mengakses Konten Cek Fakta, Sosmed Jadi Sumber Akses
Media sosial (medsos) menjadi salah satu platform yang sering digunakan untuk mengakses konten Cek Fakta.

Dream - Meski masyarakat sudah mulai paham, informasi bohong atau hoaks sampai saat ini masih bertebaran melalui media sosial maupun aplikasi perpesanan. Uuntuk menghindari informasi sesat dari pihak yang tidak bertanggung jawab, sejumlah media membuat konten Cek Fakta yang khusus mengusut informasi bohong yang bertebaran di dunia maya.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar kegiatan riset tentang audiens konten Cek Fakta, yang juga didukung oleh Google News Initiative serta tim akademisi Universitas Multimedia Nusantara sebagai peneliti.

Penelitian ini melibatkan 1.596 responden yang mewakili audiens berita di Jawa dan luar Pulau Jawa. Dengan dua metode yang dilakukan, pertama adalah tahapan survei pada periode Maret - April 2022 yang dilakukan terhadap 1.596 responden tersebut.

Tahapan kedua adalah focus group discussion (FGD) yang melibatkan 26 partisipan dari responden survei yang dilakukan pada Mei hingga Juni 2022.

1 dari 7 halaman

Media Sosial Menjadi Jembatan untuk Mengakses Konten Cek Fakta

Hasil riset menunjukkan penikmat konten cek fakta lebih dominan pada perempuan dengan rata-rata pendidikan terakhir di SMA/SMK. Dengan rentang usianya 20-40 tahun.

Yeary Panji Setianto, salah satu anggota tim peneliti, mengungkapkan dalam tiga bulan terakhir setidaknya responden mengakses satu hingga dua konten cek fakta. Media sosial (medsos) menjadi salah satu platform yang sering digunakan untuk mengaksesnya.

Dosen Fakultas Jurnalistik UMN itu mengatakan Facebook menjadi medsos yang paling diakses oleh ibu rumah tangga, sedangkan Instagram banyak diakses oleh anak muda.

“ Media sosial jadi jembatan yang bisa membantu audiens mengakses konten cek fakta pada portal berita online,” katanya dalam Diseminasi Survei Penulisan Cek Fakta secara daring, Selasa, 26 Juli 2022.

2 dari 7 halaman

Salah satu koordinator peneliti, F.X Lilik Dwi Mardjianto, mengungkapkan, motivasi seseorang mengakses konten cek fakta adalah karena profesinya. Contohnya guru yang ingin mendapat bekal pengetahuan agar bisa jadi panutan bagi murid-muridnya.

Pria yang merupakan dosen Jurnalistik UMN itu mengatakan konten viral juga menjadi salah satu motivasi seseorang untuk mengecek konten, untuk memverifikasi informasi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, tim peneliti merekomendasikan tiga hal untuk meningkatkan kualitas konten cek fakta, diantaranya transparansi, konteks, dan kejelasan, agar konten cek fakta yang diproduksi lebih komprehensif.

Adapula rekomendasi yang lain yakni adanya gerakan kolaboratif dari berbagai kalangan. Mulai dari newsroom media, platform, dan universitas.

 

 

 

3 dari 7 halaman

7 Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari, Mulai dari Sarana Sosialisasi sampai Berburu Cuan

Dream – Media sosial menjadi hal yang sudah sangat lekat di tengah masyarakat. Hampir setiap orang, dari yang muda sampai yang tua memiliki media sosial masing-masing, bahkan lebih dari satu akun. Fenomena ini menjadi bukti kemajuan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Mau tidak mau, masyarakat pada akhirnya tetap akan mengikuti kemajuan tersebut.

Media sosial yang digunakan oleh masyarakat sangat beragam. Beberapa yang populer misalnya Facebook, Twitter, dan Instagram. Manfaat media sosial sangatlah beragam. Mulai dari bidang pendidikan, hiburan, ekonomi, sosial, budaya, dan masih banyak lagi. Sehingga tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan media sosial seolah telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat.

Kira-kira apa saja sih manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui manfaat.co.id.

4 dari 7 halaman

Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk Bersosialisasi

Sesuai dengan namanya, manfaat media sosial tentu tidak akan jauh-jauh digunakan sebagai sarana bersosialisasi. Bedanya, sosialisasi yang dilakukan dalam media sosial adalah secara digital dan bukan bertemu secara langsung. Di dalam media sosial, sahabat Dream bisa saling berbicara meskipun lokasinya berjauhan.

Sahabat Dream hanya membutuhkan kuota serta jaringan yang baik. Dengan begitu bisa melakukan komunikasi secara lancar di mana saja dan kapan saja.

Untuk Bertemu dengan Teman Lama

Manfaat media sosial berikutnya adalah untuk bertemu dengan teman lama. Bagi sahabat Dream yang sudah lulus sekolah dan berpisah dengan teman-teman sekolah dahulu, di zaman sekarang bukan menjadi hal yang sulit untuk mencari tahu keberadaan mereka. Karena dengan adanya media sosial, kamu bisa dengan mudah menemukan teman-teman lama.

Apalagi di media sosial juga menjadi sarana untuk membagikan foto dan biasanya pemilik akun juga memberikan foto profilnya. Sehingga sahabat Dream bisa mengetahui teman yang sedang kamu cari tersebut.

5 dari 7 halaman

Untuk Menemukan Teman Baru

Sosial media tidak hanya mempermudah untuk menemukan teman lama, tetapi juga bisa untuk menemukan teman baru. Ada ribuan bahkan jutaan orang yang memiliki akun media sosial. Nah, di situlah sahabat Dream bisa memilih mana yang ingin kamu jadikan sebagai teman dan dirasa cocok denganmu. Tentu menjadi hal yang menyenangkan bisa memiliki teman baru dan mengobrol dengan mereka.

Bahkan teman baru tersebut juga bisa dari lain negara. Jadi, hal ini akan semakin memperluas jaringan pertemananmu dan pengalamanmu. Tetapi, sahabat Dream tetap harus berhati-hati saat memilih teman baru ya.

6 dari 7 halaman

Menggantikan Fungsi Buku Diary

Apakah ada sahabat Dream yang masih rajin menulis di buku diary? Menulis di buku diary sudah berlangsung cukup lama dan mungkin masih ada yang melakukannya hingga saat ini. Tetapi di zaman sekarang sepertinya sudah tidak sebanyak dulu lagi. Hal ini karena keberadaan media sosial yang menggantikan fungsi dari buku diary.

Tak sedikit orang yang sekarang menuliskan curhatannya di media sosial. Sehingga hal ini bukan lagi menjadi rahasia karena di media sosial membuat curhatanmu dengan mudah dibaca oleh siapa saja. Sehingga orang lain akan mengetahui kondisi perasaanmu saat ini.

Untuk Menyalurkan Hobi

Di zaman sekarang ini bukan hal yang sulit bagi siapapun untuk bisa menyalurkan hobinya. Hal ini karena adanya media sosial yang bisa menjadi sarana untuk mengeksplorasi diri. Sahabat Dream yang menjadi pecinta musik, bisa bergabung dengan komunitas musik di media sosial. Walaupun jarak berjauhan, hal tersebut tidak menghalangi untuk saling berbagi pengalaman masing-masing.

Lalu untuk kamu yang hobi mendesain, bisa memposting hasil desainmu di akun media sosial yang disertai caption menarik. Desainmu bisa mendapatkan penilaian dari orang lain melalui like serta komentar yang diberikan.

7 dari 7 halaman

Sebagai Media Hiburan

Manfaat media sosial yang tak kalah penting adalah sebagai media hiburan. Mengingat bahwa sahabat Dream yang sudah lelah beraktivitas seharian, setelah itu inginnya bersantai sambil menikmati hal-hal yang membuat hati dan pikiran senang. Nah, media sosial bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di media sosial ada banyak sekali foto maupun video-video lucu yang mengocok perut. Ini akan membuat sahabat Dream lebih rileks dan sejenak melupakan kesibukan dan kelelahan yang sebelumnya kamu hadapi. Bahkan kamu bisa membuka media sosial sembari berbaring.

Media untuk Mencari Uang

Manfaat media sosial lainnya adalah untuk untuk mencari uang. Saat ini sudah banyak sekali yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menghasilkan uang. Di mana mereka berjualan secara online, membuat video di YouTube, dan sebagainya yang bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak.

Bahkan dengan menggunakan media sosial, seseorang tidak akan dipungut pajak sehingga bisa lebih bebas untuk menjalankan bisnisnya dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Tentunya perlu juga untuk dibekali skill marketing yang baik serta terus berinovasi agar bisnisnya bisa terus berjalan lancar.

Beri Komentar