Iklan `Pecat Pembantu Indonesia` di Malaysia Panen Kecaman

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 4 Februari 2015 11:41
Iklan `Pecat Pembantu Indonesia` di Malaysia Panen Kecaman
Si pembuat iklan itu dinilai telah merendahkan martabat rakyat Indonesia.

Dream - Beredarnya iklan perusahaan pembuat alat pembersih di Malaysia, RoboVac, yang mencantumkan tulisan " Fire Your Indonesian Maid Now!" (Pecat Pembantu Indonesia Sekarang) diprotes keras oleh pemerintah Indonesia.

Dalam iklan tampak seorang lelaki sedang duduk di atas sofa sembari memperhatikan iRobot yang dijual. Produk itu juga dikatakan dapat membersihkan lantai hingga kolam renang.

Iklan itu dinilai telah merendahkan martabat rakyat Indonesia. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur telah melayangkan nota protes ke Kementerian Luar Negeri Malaysia, Selasa 3 Februari 2015.

Dalam nota tersebut, KBRI menyampaikan penyesalan mendalam Pemerintah Indonesia atas cara beriklan perusahaan swasta RobVac yang tidak peka. Dan merendahkan martabat rakyat Indonesia.

KBRI meminta otoritas Malaysia melarang iklan tersebut, termasuk iklan yang ada di website perusahaan RobVac, robovacmalaysia.com.

Pemerintah Malaysia juga diminta mengambil langkah tegas berupa penindakan iklan produk yang bersifat rasis dan mencederai perasaan Bangsa Indonesia. Serta memastikan insiden serupa tidak terulang dikemudian hari.

KBRI telah melaporkan pemasangan iklan tersebut kepada Kepolisian Wilayah Selangor. Sebelum melaporkan ke polisi, KBRI telah melakukan pengecekan kebenaran iklan itu.

Dari hasil penelusuran didapati iklan yang beredar di media sosial itu letaknya sudah dipindahkan di website RobVac, sehingga tidak lagi terlihat publik.

Iklan itu beredar di tengah-tengah persiapan Kunjungan Kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Malaysia pada 5-7 Februari 2015. (Ism) 

Beri Komentar