Jokowi: Saatnya Mengakhiri Penjajahan di Palestina

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 21 April 2015 14:15
Jokowi: Saatnya Mengakhiri Penjajahan di Palestina
Jokowi bertemu PM Palestina, Rami Hamdalla. Jokowi mengatakan Indonesia akan turut memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdalla. Pertemuan itu digelar di ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, di sela-sela pembukaan Asian African Business Summit 2015.

Dikutip Dream dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa 21 April 2015, Jokowi mengaku membicarakan banyak hal dalam pertemuan tersebut. Salah satunya adalah mengakhiri penjajahan di Palestina. Menurut Jokowi, Palestina merupakan satu-satunya negara di dunia yang saat ini masih dijajah.

“ Saya sampaikan tadi saatnya harus diakhiri. Sebab itu, setelah ini akan ada pertemuan tindak lanjut untuk Palestina. Penjajahan di Palestina sekarang ini saatnya untuk diakhiri,” kata Jokowi.

Hingga saat ini, Palestina masih menghadapi aksi pendudukan yang dilakukan oleh Israel. Bahkan pada pertengahan tahun lalu, Israel melancarkan agresi ke jalur Gaza yang menewaskan banyak rakyat sipil, termasuk anak-anak dan kaum perempuan.  

Jokowi menegaskan, Indonesia bersama bangsa Palestina akan memperjuangkan kemerdekaan negeri di Timur Tengah itu. “ Indonesia akan terus berjuang untuk keanggotaan penuh Palestina di PBB,” tegas dia.

Jokowi menambahkan, setelah pertemuan ini akan ada langkah-langkah konkrit menuju peningkatan kerjasama kedua negara, termasuk rencana Pemerintah Indonesia membuka Konsul Kehormatan di Ramallah. Menurut Jokowi, Rami Hamdalla mendukung rencana Indonesia itu. “ Ini akan memudahkan,” ujar dia.

Sementara, Rami Hamdalla mengaku sangat tersanjung dengan komitmen Jokowi, yang sejak masa kampanye Pilpres telah menyatakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.  Baca Juga: `Israel Persulit Nelayan Gaza, Allah Kirim 100 Hiu` Aksi Bocah Palestina Lawan Polisi Israel Wanita Palestina Menikah dengan Tahanan Seumur Hidup Israel Pajak Ditahan Israel, PNS Palestina Cuma Terima Gaji Separuh Gedung Putih Minta Israel Stop Jajah Palestina Netanyahu Bersumpah Tak Akan Ada Negara Palestina Hidup Mewah PM Israel, Belanja Es Krim Sebulan Rp 33 Juta Ratusan Artis Dunia Boikot Budaya Israel IMF: Perang Gaza Hantar Palestina Menuju Resesi

Beri Komentar